Jalan-jalan ke Daerah Pesisir

Pekan lalu aku, ibuku, kakaku dan keluarganya berkunjung ke rumah famili yang ada di Samboja, Kab. Kutai Kartanegara. Dari Samarinda ke Samboja dapat melewati jalan yang menuju Balikpapan, atau alternatif lain yaitu melewati Sanga-sanga. Kami menempuh jalan melalui Sanga-sanga karena terhitung lebih cepat dibanding pilihan pertama.

Perjalanan ke Samboja melalui Sanga-sanga menyuguhkan pemandangan yang beraneka. Lagi-lagi pemandangan aktifitas pertambangan batu bara tampak menghiasi sebagian perjalanan. Bekas galian tambang yang begitu luas seolah-olah memberi tahu kami bahwa alam telah rusak parah akibat pertambangan.😦

Saat mulai memasuki daerah pesisir, kami disuguhi pemandangan yang indah dan khas. Pantai dan tambak bergantian terlihat. Ada pemandangan tambahan yang akhir-akhir ini sedang ramai diperbincangkan, yaitu maraknya bangunan-bangunan tempat sarang burung walet. Kemarin saat aku jalan-jalan ke Kalsel, bangunan-bangunan serupa juga sangat banyak kulihat disana. Apakah memang usaha budidaya sarang burung walet ini sebegitu menjanjikan ya??🙄

Saat tiba di rumah familiku, kami bergantian ke toilet. Untung saja sekarang sudah ada toilet di rumah familiku ini. Aku ingat waktu kecil, saat berkunjung kesini, tiap kali akan BAB (Buang Air Besar) aku harus pergi ke semak-semak yang tanahnya berpasir. Tolong jangan dipikirkan adegan selanjutnya… hahaha…😆😳

Pasir putih yang menghampar di daerah itu, sudah menjadi bagian dari kehidupan warga sehari-hari. Perahu-perahu tampak ditambatkan di samping rumah, jika kebetulan rumah mereka berada diatas air. Pohon kelapa masih banyak tumbuh menjulang dan pohon nipah juga ada yang menghiasi tepi daratan.

Aku menghampiri ibu-ibu yang sedang menyiangi ikan untuk dibuat ikan asin. Sebagian besar warga di daerah itu adalah nelayan. Jika tangkapan lumayan banyak, sebagian akan dibuat ikan asin.

Si Ibu sedang menyiangi ikan… (entah apa namanya) 

Meskipun sedang menyiangi ikan, teteup gahul pake hape

Setelah ikan direndam semalaman dalam larutan garam, kemudian ikan ditiriskan dan dijemur di bawah sinar matahari

Alhamdulillah, saat kami pulang kami dibekali ikan asin dan tentu saja kelapa muda yang baru dipetik. Tak lupa kami mampir ke obyek wisata pantai Tanah Merah. Karena kami datang bukan pada hari libur, pantai itu sepi. Kebetulan air juga sedang surut, jadi kami bisa berjalan-jalan diatas pasirnya🙂 Ehm, aku suka berenang di pantai ini, rasanya seperti spongebob yang sedang mengejar ubur-ubur, karena memang banyak ubur-uburnya😀

Mencari kerang kecil…

____________________________________

Hmm… Akhir bulan telah berlalu, alhamdulillah laporan kali ini tidak terlalu berat karena sudah dicicil😀

Tetep semangat di bulan yang baru!!

33 thoughts on “Jalan-jalan ke Daerah Pesisir

    • Oyen juga pernah ke Samboja mbak Akin…🙂

      xixixixi… kenangan BAB kite juga sama *halah :p

      tapi belon pernah ke pantai entu, kapan2 diajakin yoaaa🙂

      *gak apa2 belon sempet BW, Oyen kalo BW juga pas sempet aja kok, yg penting ada skala prioritas🙂

  1. Kiiiiiin…selain mereka sangat gaul karena make hape…

    Apakah mereka juga mengolah ikan nya sembari masker an ?
    Atau bedaknya ketebelan kah?
    Atau fotonya gak jelas?
    Atau mataku yang error yak?

  2. say….
    maaf komentnya gak nyambung..
    tapi mau nanya..
    kamu tahu judul film korea gak
    yang critanya tentang dokter yang sakit aids..
    cowonya cakep…(*emang ada ya korea cowoknya jelek
    ngak deng..ceritanya bagus….🙂🙂
    bales yak..
    aku lagi mau beli nich tapi lupa judul

  3. Akhir bulan akhirnya berlalu, dan bulan baru datang.
    Hahai …
    Makan enak lagi, habis terima gaji.:mrgreen:
    Pengennya punya rumah di tepi pantai. Pernah liat film yang rumahnya di tempat begituan. ya ampunnn … Nyamannya.

  4. apa kabar Kak?
    semoga selalu sehat ya,amin

    dah lama bunda gak ngunjungin Kakaakin.
    ikan asinnya enak ya Kak?
    sayang, bunda dah ngurangn makan ikan asin krn darting , padahal suka hiks….
    salam

  5. jalan-jalan ke pantai sambil mencari kerang dan ikan kecil. Benar-benar menyenangkan. Boleh dong saya dibagiin kelapa muda itu😀

  6. kalau dilihat dari foto sih sepertinya pantai di kalimantan masih kalah bagus jika dibandingkan dengan yang ada di pulau-pulau lain di indonesia seperti jawa, sumatera, bali, nusa tenggara, ataupun papua..

    mbak, untuk 2 foto paling atas itu si ibu sama mbak-mbak yang duduk kok mukanya putih tebel gitu pake bedak atau apa ya?

  7. Saya dan keluarga kalau mau refresing ke balikpapan, pasti lewat sanga-sanga , trus jembatan dondang…..pantai pamedas….muara jawa ,..samboja, sampai deh balikpapan…terakhir ke bpp akhir desember 2010 tadi, lewat juga ke muara jawa…sayang seribu sayang perjlan wisata terganggu dengan padatnya truk angkuran batu bara…dan jalanan bertambah rusak..akhirnya perjalanan saya kurang berkesan….begitu rusaknya alam akibat penambangan batu bara….sedih lho melihatnya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s