Sebutir Emas

Apakah Sahabat termasuk penggemar perhiasan yang berupa emas? Atau orang terdekat Sahabat ada yang menyukai perhiasan emas? Bisa jadi perhiasan emas itu berasal dari penambang emas liar yang marak di negri ini. (gambar dari sini)

Sore tadi aku menyaksikan tayangan salah satu stasiun tv swasta, tentang cara penambangan emas yang dilakukan oleh warga. Sebelumnya aku pernah mendengar bahwa kegiatan penambangan emas secara liar ini sangat merusak ekologi dan mencemari lingkungan.

Dari yang kulihat benar saja. Daerah tepi sungai digali dan dipasangi sejenis alat gelondongan terbuat dari besi. Dan wow😯 Proses pemisahan butiran emas dari pasir itu menggunakan mercury alias air raksa. Sudah bisa dipastikan sungai akan tercemari air raksa ini. Yang lebih hebat lagi, penambang dengan santainya ‘bergaul’ dengan air raksa itu🙄

Untuk mendapatkan sebutir emas murni (Au) berkadar sekitar 99%, masih dilakukan pemurnian dengan proses pemanasan berulang-ulang dan menggunakan bahan kimia lain yang tak kalah berbahayanya. Semuanya dilakukan dengan cara yang sederhana, tanpa usaha perlindungan diri yang maksimal😦

Gambar pinjam dari sini.

Aku coba gugling dan mencari tau bagaimana sebenarnya kondisi di daerah penambangan emas. Miris banget saat mengetahui faktanya. Disini dikatakan bahwa Indonesia adalah salah satu negara yang menggunakan mercury hingga 50 kali lipat dari batas yang dianjurkan WHO. Selain membahayakan diri dan lingkungan dari segi bahan kimia yang digunakan, jiwa para penambang juga terancam akibat tanah longsor yang bisa terjadi kapan saja (baca disini). Dan ternyata dari semua bahaya yang mengancam itu, hasil yang dipeoleh pun tidak terlalu besar (baca disini)😦

“Tak selamanya yang berkilau itu indah….”

 

17 thoughts on “Sebutir Emas

  1. Kalau dilihat dari segi ekonomi, memang sangat menggiurkan sekali. Tapi kalau dari segi ekologi, sama saja dengan mempercepat datangnya kiamat.

    Kenyataannya, 1 gram emas (saja) sudah menghabiskan air 104 liter , menghasilkan limbah 0,78 ton, dan menyedot energi bumi 7% hingga 8%. Itung2an sederhananya, 1 gram emas menyedot energi bumi 7% hingga 8%.

    bayangkan kalau yang diolah 20 gram emas, energi bumi yang disedot = 140% – 160%. Padahal selama ini udah berapa ton emas yang diolah?

    Ya, saya sependapat..Tak selamanya yang berkilau itu indah..

  2. mungkin krn harga emas yang menggiurkan , bagi mereka tak perlu susah2 memikirkan dampak bagi kesehatannya, yang penting bisa dapat penghasilan hari ini utk makan , demi keluarga , itulah alasan klasik yg biasa terdengar.
    juga minimnya peluang utk berusaha juga, yg bikin penambang liar ini tetap nekad melaksanakan kegiatannya .
    salam

  3. Iya, yang kasihan justru mereka para penambang itu.😦 Coba, tangan2 mereka terkontaminasi ama mercury, iya kalo cuci tangannya bener, kalo nggak gimana? padahal mereka makan pake tangan… (pake jari)😦

  4. Bagi buruh yang bekerja, mungkin mereka terpaksa bekerja seperti itu, demi keluarga dan penghidupannya. Tapi yang parah tuh yang punya saham untuk melakukan kegiatan itu. Bagi dia yang penting dompet tebel, mo tercemar, mo rusak gak ambil pusing.

  5. hehehe, kalau ada sih aq suka kin, kalau ga ada ya udah… *pasrah*
    “Tak selamanya yang berkilau itu indah….” bahkan seringnya menipu…😦

  6. Sebenarnya mereka pun pasti tak ingin menghadapi resiko jangka pendek dan panjang akibat profesi yang mereka geluti tsb. Tapi, faktor ekonomilah yang memaksa mereka untuk tetap bertahan menjalani ini🙂

  7. jgnkan penambang emas tradisional, yg modern pun tak kalah dahsyat dlm mencemari dan merusak lingkungan.
    permintaan emas yg tinggi menyebabkan eksploitasi besar2an😦

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s