Saatnya Tayangan Edukasi

Kini stasiun televisi telah banyak tumbuh di Indonesia. Kita disuguhi berbagai pilihan tayangan. Ada yang menayangkan melulu hiburan dengan selingan gossip ria di jam-jam tertentu, namun ternyata ada juga stasiun yang mededikasikan sekian jumlah jam tayangnya untuk acara anak-anak.

Acara anak yang masih sangat minim ini masih didominasi oleh tayangan yang berupa film/sinetron yang kandungan unsur pendidikan di dalamnya masih dipertanyakan. Beberapa orang tua sempat mengeluh karena “kalah” dengan anaknya yang sangat suka nonton televisi namun hanya pada saluran tertentu saja dan khusus pada acara kartun saja.

Kalau sudah begini, salah siapa? Kira-kira bila setiap hari anak dijejali dengan tayangan seperti kartun Tom and Jerry atau Spongebob, atau mungkin yang bukan kartun seperti Ranger apapun, bakalan terbentuk anak yang seperti apa ya?? Beberapa tayangan sinetron anak yang berbau lokal-pun terkadang masih mengandung unsur yang kurang mendidik, seperti adanya unsur kekerasan atau hal-hal yang tidak masuk akal. Sedangkan saat itu orang tua sedang tidak ada di samping anak untuk menjelaskan apa yang ditontonnya.

Saat ini diantara minimnya acara anak yang positif di layar televisi kita, beberapa acara bisa dijadikan santapan rutin. Misalnya saja Laptop Si Unyil, sebuah tayangan yang sarat informasi dan pengetahuan serta dikemas dalam bentuk yang menarik, sehingga bukan hanya anak-anak yang akan menyukainya, namun juga orang dewasa (seperti aku😀 ). Pilihan lain adalah Si Bolang yang menampilkan anak-anak dari berbagai daerah di seluruh nusantara. Selain menghibur, juga memberikan informasi tentang budaya daerah lain.

Alangkah baiknya jika orang tua telah bijaksana sejak di awal, dalam memilih tayangan bagi keluarga. Aku ingat ucapan kawanku, “Saya menyesal, Mbak… kenapa nggak sejak dulu saya membiasakannya nonton kisah-kisah nabi, atau yang lebih positif. Sekarang yang disukainya Ranger melulu”. Semoga nggak akan diucapkan oleh orang tua yang lain deh, karena anaknya cenderung menjadi agresif dan sangat sedikit kasih sayang terhadap temannya.

Semoga tayangan televisi di tanah air lebih berbobot dan memperhatikan unsur pendidikan di dalamnya, sehingga anak Indonesia di masa mendatang bisa menjadi anak yang cerdas😀

___________________________________

Ikutan acara Postingan Kolaborasi yang digagas oleh Bang Iwan dalam rangka Hari Anak Nasional.

Selamat Hari Anak Nasional😀

64 thoughts on “Saatnya Tayangan Edukasi

  1. berbeda ya anak-anak zaman dulu denagn sekarang…..
    kalau dulu anak-anak senang cerita dongeng,
    tapi sekarang anak-anak lebih senang hiburan yang berbau modern, tanpa adanya unsur mendidik,
    walau ada tapi hanya sedikit…..

    mungkin tinggal kita dapat filterisasi, terutama dilingkungan keluarga….

    penyesalan biasanya datang diakhir…

    salam…

  2. anak adalah akses berharga milik bangsa, sayang banget jika harus hancur karna serbuan tayangan2 dan informasi yg kurang mendidik secara positif..
    smoga ke depannya akan akan menjadi lebih baik..

    salam hangat dan damai selalu..🙂

  3. memang sudah sangat mendesak perlu adanya tontonan yang mendidik…semoga ada pengusaha yang berhasrat/peduli untuk mendirikan stasiun TV pendidikan demi kebaikan moral dan edukasi generasi penerus bangsa.

  4. Bagi mereka yang beruntung …
    yang bisa berlangganan TV kabel mungkin tidak menjadi masalah …’
    karena banyak sekali acara menarik untuk Anak-anak … Kartun, Scinece Nature, Traveling, Geografi, Feature dan sebagainya

    Namun bagi mereka yang tidak langganan …
    mosok setiap hari disuguhi …
    Tayangan Video Porno (yang dulunya mirip sekarang malah ngaku)
    Ciuman di depan kamera … ???

    Ah …
    Semoga saja pengelola TV bisa menyisihkan sedikit dana dan energi mereka untuk membuat Tayangan yang berkualitas untuk anak-anak …
    (jangan Talk Show pesanan berbau Politis dan Gosip melulu)

    Salam saya

  5. jujur
    jika saya didepan tv
    maka yg saya tonton adalah saluran tv luar khusus film
    atau cartoon network atau Metro TV
    siaran tv indonesia lebih banyak ga mendidiknya😦

  6. duh, bunda jarang nonton tv, jadi gak ngerti kok ya sampai ada adegan yg gak pantas seperti itu.
    lalu, apa gunana KPI?
    stasiun tv hanya mengejar rating, yg acaranya minus pendidikan😦
    salam

  7. memang benar mbak, sekarang saja kartun2 mulai melakukan kekerasan jarang yang ada unsur2 nilai pendidikannya… sampai2 anak kecil udah ngerti yg namanya smackdown😦

    bahkan sangking sedikitnya acara untuk anak2, yang kebanyakan adalah stasiun yg banyak menyajikan kebanyakan musik, sampai2 anak kcil dibawah 5 thn udah ngerti yg namanya cinta akibat seringnya dengarkan lagu2 di televisi…

    yuk mari kita matikan channel tv dan kita buka buku dongeng yang masih banyak sarat pendidikannya…🙂

  8. Ternyata di negara kita, masalah kebebasan sering tanpa disertai tanggung jawab. Seharusnya pengelola TV dan pemerintah bekerja sama untuk memberikan tayangan yang mendidik, dan tayangan hiburan untuk dewasa baru mulai setelah jam 9 malam, sehingga anak kecil tak disuguhi cerita kriminal, infotainment dsb nya.
    Tanpa kerjasama semua pihak, akan sulit pelaksanaannya

  9. anak-anak paling suka di saluran itu, yang ada acara si Bolang, Laptop si Unyil, Jalan sesama (sekarang udah nggak ada ya?), atau acara asal usul, dunia air dll.Tetapi mayoritas siang mereka sebenernya banyak dihabiskan dengan baca buku atau main bersama temannya, dan saudaranya. Main sepeda atau main badminton. Maklum tempat kami mukim masih termasuk desa. Anak-anak banyak yang main di luar rumah, lari-larian, main gobak sodor atau petak umpet di dekat rumah. Kalau udah seru-seruan gitu, TV sering dicuekin.

  10. amiin..
    kayanya harus bikin stasiun televisi sendiri hehe
    sebenarnya bukan solusi sih cuma menyayangkan aja dengan tayangan televisi yang banyak tapi sedikit sekali dengan muatan pendidikan yang bagus ^^
    ikut kontes yah🙂
    selamat..

  11. Se7 banget … kyknya stasiun tivi tertentu terkadang hanya mikirin ‘ratting tayang … bukan memikirkan akan ‘jadi apa anak2 bangsa dimasa depan …🙂

  12. selmat pagi.
    saya waktu kecil dulu juga suka nonton power ranger sih. haha.
    tapi kalo sekarang sih cuma tetep doyan baca komik aja.
    btw, Trans7 emang yang paling sip siaran anak-anaknya.
    saya paling suka Dunia Air. ngebahas ikan-ikan.
    terima kasih dan mohon maaf😮

  13. mampir lagi, televisi mikirin rating juga bukan hal yang salah, mereka hidup dari sponsor, sponsor tertarik dari rating siaran, jadi mau tak mau mereka harus meningkatkan rating mereka… dan ternyata siaran yang disukai penonton televisi di Indonesia adalah hal yang tidak mendidik… kecuali ada pembaca disini yang mau bayarin…

    masalah televisi memang tidak hanya butuh peranan pemerintah, tetapi juga kita semua. Pemerintah bisa memberikan batasan jam tayang dan genre siaran di jam2 tertentu, kita bisa memberikan pengawasan, bimbingan, dan selalu temani anak2 ketika menonton televisi. Padahal seringkali saya melihat siaran dengan label ‘BO’ (Bimbingan Orangtua) tetapi anak2 melihatnya dengan bebas, atau mungkin bersama baby sitternya.

  14. sepertinya untuk di zaman sekarang tayangan edukasi sudah luntur tergantikan sinetrol-sinetrol yang kurang mendidik … (jadi sedih .. beda dengan tayangan TV di zaman dulu).

  15. Itulah faktanya dan memang menyedihkan. Tapi kita tidak boleh menyerah dengan keadaan ini. Semoga ada suatu masa dimana akan kembali berjaya tayangan anak2 yang lebih menonjolkan unsur edukasi.

  16. Selamat Hari Anak Nasional 2010…

    setidaknya tayangan Bolang Cs menjadi pengobat kerinduan akan tayangan yang mendidik bagi anak. bukan begitu ka?🙂

  17. Selamat hari anak nasional, dan semoga anak2 di negara indonesia tetap menjadi generasi muda yang berbakat dan membanggakan bagi bumi pertiwi ini. thx, saya tunggu kunjungan di blog saya

  18. aku suka sekali nonton tayangan yang bersifat edukasi seperti bolang.. kalau untuk anak sekarang tidak seperti dulu, sekarang sudah mulai mereda lagu bintang kecil, yang muncul groupband dkk yang menceritakan kedewasaan dan selalu sedih tidak ceria

  19. Jarang banget yang tayangan TV yang mendidik, ada televisi pendidikan aja isinya berbau syirik semua, mungkin perlu inovasi untuk pendidikan di Indonesia,,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s