Ingin Langsing

Standar kecantikan bagi wanita di Indonesia masih memasukkan point “langsing” dalam daftarnya. Hal ini terbukti dengan banyaknya kampanye di tv tentang penampilan langsing dengan cara ini dan itu, minum suplemen ini dan itu dll.

Keinginan tuk menjadi langsing juga menimpaku dan temanku di puskesmas, bertahun-tahun yang lalu. Bukannya kami pengen tampil cantik ala bintang iklan di tv, tapi kami ingin menekan pengeluaran. Daerah yang cenderung akan mudah melar adalah perut, sekitar pinggul dan dada. Sudah dapat dibayangkan berapa banyak duit yang bakal dikeluarkan karena harus mengganti koleksi pakaian kami dengan yang lebih longgar, hehe🙂

Beberapa tahun yang lalu kami gemar ‘berpetualang’ mencoba berbagai macam pil diet atau sejenis minuman. Biasanya, kabar mengenai ‘kedahsyatan’ suatu pelangsing akan mudah tersebar kemana-mana, hingga mencapai telinga kami. Langsung nyoba deh. Apalagi jenis obat pelangsing dulu gampang banget diperoleh di toko-toko obat.

Ada salah satu merek pelangsing yang berbentuk kapsul, aku lupa apa namanya, yang kami konsumsi mampu menurunkan bobot hingga 5 kg dalam waktu kurang dari sebulan. Kami sangat senang dengan pencapaian itu dan tak ada efek samping yang kami rasakan, kecuali keinginan tuk banyak minum air. Namun tak lama kemudian muncul berita di tv, bahwa BP POM menarik beberapa obat dari peredaran karena berbagai alasan, antara lain efek sampingnya, dan obat yang kami konsumsi itu termasuk di dalamnya. Aku dan temanku berpandangan dan kemudian kami tertawa bareng, tentu saja menertawakan kebodohan kami yang pengen instant ini, hehe…:mrgreen:

Ternyata petualangan kami masih berlanjut. Beberapa kurun waktu kemudian, blister obat bernama “fenfluramide”-pun mendarat di tangan kami. Obat ini dari China, dengan sedikit tulisan dalam bahasa Inggris. Obat ini kami dapatkan dari teman yang dapat informasi dari suatu toko obat. Yang kali ini parah banget efek sampingnya. Pernah ada kejadian saat aku dan temanku sedang jaga, waktu itu ada pasien kecelakaan dengan luka robek yang banyak dan harus kami jahit di UGD. Saat sedang sibuk menjahit luka, tiba-tiba keinginanku untuk muntah muncul.

“Sebentar ya… Aku ke belakang dulu” kataku pada temanku. Di kamar mandi aku muntah dengan gampangnya, tanpa ada rasa mual sedikitpun. Setelah selesai, aku kembali ke UGD. Tak lama kemudian temanku itu yang tergesa-gesa pamit ke belakang. Setelah kembali dia berkata,

“Aku tadi muntah di belakang”

“Heh?? Sama, aku tadi juga muntah. Kamu merasa mual nggak?”

“Nggak. Nggak ada rasa mual sama sekali! Hehe…” Katanya sambil tertawa.

Akhirnya selama mengerjakan pasien itu kami beberapa kali bergantian ke belakang untuk muntah😯 Padahal obat itu kami minum baru beberapa kali, ternyata efeknya udah seseram itu. Dan tentu saja, tak lama kemudian kami mendengar berita bahawa obat itupun ditarik dari peredaran…hahaha….😆😆

Udah deh, rasanya aku udah jera nyoba beraneka obat-obatan pelangsing lagi. Pernah juga sih aku nyoba sejenis teh, dan tentu saja efek mules dan BABC (buang air besar cair) yang kudapat. Salah seorang temanku juga ada yang menderita hipertensi saat mengkonsumsi sejenis obat pelangsing. Hehehe… Ada satu hal yang kuabaikan pada beberapa kemasan pelangsing tersebut, yaitu tulisan yang berbunyi: “selama mengkonsumsi obat/minuman ini harus disertai dengan olah raga teratur dan hindari makan makanan yang berlemak…”:mrgreen:

Sungguh pengalamanku ini adalah kebodohan yang sangat tak patut tuk dicontoh, karena memang penurunan berat badan nggak mungkin dicapai dalam waktu instant, apalagi kalo malas olah raga, ditambah lagi gemar ngemil yang bergaram dan lemak tinggi… hehe🙂

Mungkin ada diantara sahabat yang pernah memiliki pengalaman sepertiku?? Ehm… tentu saja yang udah kurus, belum pernah ngalamin hal kek gini ya…🙂

Gambar dari sini.

57 thoughts on “Ingin Langsing

  1. Akiiinnn, bandel igh..

    Bundo lihat foto Akin sama sekali ngga gemuk kok, yang penting sehat dan segar.. sering2 uji coba obat kaya’ begitu bikin ginjal Akin meringis tauuu…!!!

  2. Ya elah mbak akin, udah yang penting sehat aja. Kalau mau the real langsing gak usah makan aja sekalian.😀 Ntar langsing dijamin..
    Bener kata bundo, yang penting rajin olah raga aja mbak

  3. hihihi langsung ketawa baca postingan ini. Soalnya saya juga ketagihan program langsing…beberapa kali mencoba obat langsing herbal, dapat efek mules luar biasa, langsung berhenti. Terakhir saya cocok (herbal juga), karena tidak bikin mules dan sakit kepala. Efek baiknya adalah perut terasa ada “isinya” sehingga kita tidak merasa lapar melulu, lalu BAB juga lancar dan tidak diare. Plus memang musti ditambah aktivitas fisik untuk mendukungnya alias olah raga…

  4. Mbak, Meli punya cerita. Dulu seorang wanita ingin sekali mendapatkan tubuh yang ideal dalam pandangannya dengan cepat, sama seperti yang Mbak lakukan. Akhirnya dipilihlah obat pelangsing. Sangkin ingin cepatnya, tuh obat, tanpa konsultasi dgn dokter (hanya mendengar perkataan orang lain), akhirnya yang semestinya hanya memakan 1 tablet obat, eh malah beberapa tablet. Hasilnya, nyawanya hilang. Itu kah yang diinginkan?
    Kurus, gemuk…semuanya tergantung kita. Kalau ingin gemuk, usahakan bertambahnya bobot badan tidak berlebihan. Kalau tidak bisa gemuk. Syukurilah bahwa Allah pasti tepat memberikan semuanya pada kita dan sebaliknya.

    Teman saya dulu ingin sekali kurus, jadi dia diet dgn cara mengurangi takaran makan, tapi kandungan gizi tidak kurang, olah raga, dan sabar menunggu perubahan dari apa yang telah dilakukan. Hasilnya, alhamdulillah dia bisa menurunkan beberapa bobot. Perjuangan yang keras….

  5. Huaaaaa… jangan tertarik dengan iming2 langsing instan dong…😦
    Di mana-mana sesuatu itu butuh usaha. Ga bisa instan. Monggo olah raga.😀

  6. ayo berjuang lagi
    dengan olah raga dan makanan seimbang,
    go..go.., hehehe…:mrgreen:

    solusinya, temenan dan jalan ma org gemuk
    jadi keliatan langsing..😆

  7. hmmm kalau aq dietnya alami kin… ngurangi porsi makan, makan buah n sayur, ngurango ngemil n olahraga sit up terutama… aman…aman …hehehe

  8. belakangan ini berat saya juga naik
    untungnya biar gemuk perut ga ikut2an gemuk
    cuma lengan yg jadi lebih berotot
    hehehhe
    tapi kata suami gpp
    jadi tambah seksi
    ehehee..

    ga usah pake obat pelangsing Kak.. malah jadi penyakit
    gemuk dikit gpp lah yg penting tetep sehat
    😀

  9. sejak 3 thn terakhir ini , berat bunda makin terus meningkat😦
    tapi memang males banget olah raga, walaupun gak suka ngemil ………
    tapi, sudahlah, yg penting sehat ya Kakaakin.
    salam

  10. Jujur dulu pernah mbak…
    gara2 teman yg suka bilang kamu agak gemukan ya..
    lahhh termakan kata2 lalu dicoba berbagai cara..

    ujung2 nya malah sakit.. ya udahlah mendingan terima apa adanya..
    eheheheh

      • Wah, Mbak Delia nih merhatiin aja😀 Thanks ya, udah dikasih tau.
        Diriku malah baru tau stelah baca komen diatas.
        Wow… Indonesian Matters ranking 12???
        Gak salah apa ya?? *berbinar2*
        Hehe…

  11. hehehehe,,, iya mbak… QK belum pernah mengalami yang seperti ini. secara QK tuch butuhnya obat pengembang bukan obat pelangsing😛
    QK dah hampir kek tengkorak…. gimana yak cara bikin gemuk na:mrgreen:

    HIDUP!!! ^_^

  12. mbak akin, awal di jepang berat badan fety juga melonjak tajam, karena tiba disini saat musim dingin. bawaannya pengen makan dan tidur. akhirnya memilih berdiet dengan menu makam malam adalah buah, menghindari dulu makan berminyak dan bersepeda. Alhamdulillah bisa normal kembali, meski sekarang agak sedikit naik lagi berat badannya🙂

  13. bagiku langsing hanya tinggal kenangan, mau ngikutin mengkonsumsi pil takut kaya yg dicerita di atas malah muntah2, yah syukuri aja apa adanya semua org kan mau jadi orang besar .,.., sudah besar eh malah mau kecil lagi😆😆

  14. hehehe…. kadang gregetan ya liat perut ndut, tapi mau minum obat yang aneh2 jg serem, ngatur makan jg susah, olahraga kadang ga ada waktu (padahal males :P). Yowis disyukuri aj lah😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s