Wajah Samarinda Dari Belakang Angkot

Pilkada Samarinda masih beberapa bulan lagi (sekitar Bulan September 2010), keriuhan para kandidat yang lagi tp-tp (tebar pesona) sudah sangat terasa. Launching pasangan-pasangan sudah dilaksanakan dengan acara yang amat sangat meriah. Meriah tentu saja karena disertai acara hiburan yang mendatangkan seleb-seleb terkenal dari ibukota. Tentu saja kali ini aku nggak menampilkan foto-foto seleb lagi:mrgreen: Karena memang aku tidak menyukai acara-acara yang heboh seperti itu. Bahkan ada salah satu pasangan yang mengadakan pertunjukan wayang semalam suntuk, yang pastinya dalangnya bukan Parto:mrgreen:

Setauku ada 3 pasangan calon walikota dan wakil walikota yang paling menonjol mengikuti pilkada Samarinda kali ini. Perang balihopun dilakukan, sepertinya siapa yang balihonya lebih gede, pasti lebih jago (emangnya ayam😀 ). Tak ketinggalan, sarana promosi yang dianggap sangat strategis, yaitu angkot yang tingkat mobilisasinya tinggi. Ini dia wajah-wajah ketiga pasangan yang terus terbawa keliling kota…:mrgreen: Perhatikanlah wajah-wajah di bawah ini…

Hal yang mengejutkanku karena calon wakil walikota dari pasangan ini, Nusyirwan Ismail adalah peserta Pilkada Kaltim yang lalu, sebagai calon GUBERNUR! Kok sekarang ujug-ujug jadi calon WAKIL WALIKOTA? *geleng-geleng Mungkin ini menunjukkan betapa ‘humble’-nya sosok beliau😀

Tag line-nya adalah “Bekerja dengan hati melayani rakyat”. Hmm… boleh juga, apalagi bila ditambah “bekerja dengan hati-hati melayani rakyat” supaya masalah seperti di bawah ini nggak akan terjadi…

Pak Jaang yang masih menjabat sebagai wakil walikota, kini resmi sebagai tersangka pada kasus pengadaan lahan PLN yang sekarang sedang heboh-hebohnya di Samarinda karena banyaknya nama pejabat yang tersandung kasus ini dan menjadi tersangka. Tetapi walaupun sebagai tersangka, KPU menetapkan bahwa Pak Jaang masih dapat mengikuti Pilkada, karena status tersangka tidak masalah, terkecuali telah ada ketetapan hukumnya… Btw beberapa tersangka udah dijebloskan ke dalam sel tahanan termasuk kepala kantor tanteku, LP-nya ada di depan gang rumah tanteku, jadi pas mau mbezuk nggak jauh deh… (tapi syereem, kata tanteku😦 )

Hmmm… Nama Andi Harun telah lama kudengar, namun pasangannya baru kudengar namanya. Yang menarik adalah kegiatan deklarasi pasangan ini pada Bulan Maret lalu dimulai dengan melaksanakan sholat hajat di Masjid Shirathal Mustaqiem, masjid tertua di Samarinda. Bagus juga sih, mudah-mudahan sekalian meluruskan niat, agar slogan mereka “Samarinda bersatu untuk perubahan” benar-benar bisa terwujud, perubahan ke arah yang baik tentunya.🙂

Slogannya adalah “Bersama menata Samarinda”, karena saat ini memang Samarinda dianggap masih semrawut. Pasangan ini yang sempat menyelenggarakan pertunjukan wayang (wuih… gedhe juga modalnya🙂 ). Pak Ipong kemarin sempat menyumbangkan suaranya pada acara yang kuposting disini. Dari para undangan yang hadir di acara pesta itu, banyak sekali yang mengeluk-elukkan beliau, padahal saat itu jelas bukan kampanye. Apakah karena pengusaha real estate satu ini memiliki senyum yang manis? (halah… apa hubungannya🙂 )

Perhatikanlah wajah-wajah tersebut sekali lagi, wajah yang akan mencerminkan Kota Samarinda kedepannya… Yang manakah yang layak menjadi pemimpin Kota Samarinda dalam 5 tahun mendatang? Wajah tampan, senyum manis menawan? Sepertinya semuanya mampu tersenyum manis🙂 Atau sosok yang religius? Sepertinya bila tiba musim pilkada, rata-rata pada sering hadir di pengajian dan melibatkan ibu-ibu shalawatan pada acara yang mereka adakan. Atau dari slogan dan janji-janjinya? Sama saja… sama-sama mengeluarkan janji yang begitu manis🙂 Aku pernah menanyakan hal ini juga ke beberapa orang di sekitarku, mereka mengungkapkan bahwa jika memandang track record, mungkin ada hal-hal yang kurang menyenangkan dari para kandidat itu. Wallahua’lam…

Hmm… ingin rasanya mendapati pilkada yang fair tanpa adanya kasus penggelembungan atau kecurangan lainnya pada pelaksanaannya nanti. Semoga duit tidak akan ‘berbicara’ kali ini dan semoga warga juga tidak akan tergiur bila tiba-tiba mereka menerima sisipan amplop beberapa saat menjelang penyontrengan. Dan semoga antar kandidat juga tidak akan ada sikut-sikutan, karena disikut itu menyakitkan… Lihat aja pada pertandingan bola, yang habis disikut biasanya terjatuh dan kesakitan:mrgreen: (jadi ngelantur, hehe…)

-oOo-

Tulisanku ini memang tidak dapat menjadi acuan dalam mencari informasi tentang pilkada Samarinda 2010, walaupun mungkin saja tulisanku bisa muncul pada halaman pertama google search saat ada yang mencari “pilkada Samarinda 2010” pada search engine-nya. Sangatlah sulit bagiku menulis hal-hal yang berat (catat: politik), karena rasa ketertarikan yang kurang sehingga menjadikan aku kurang terpapar informasi🙂

49 thoughts on “Wajah Samarinda Dari Belakang Angkot

  1. gimana ya memilih pemimpin yg baik,sementara media sekarang bisa dibeli semua? akhirnya pemimpin dipilih karena popularitas bukan dari kapabilitasnya…

  2. di tempat bundapun, hampir semua angkot sekarang dihiasi wajah para calon pemimpin, yg sekaligus dihiasi dgn iming2 dan janji2 mereka bila terpilih.
    pesimis juga rasanya, krn melihat yg sudah2 kok ya ada saja dr mereka yg akhirnya terbukti menyalah gunakan jabatan dgn suap,korupsi, skandal dan sibuk memperkaya diri sendiri 😦
    salam

  3. Itu ditaruh di belakang angkot gitu,,, tiap angkot dapet berapa yak…
    pasti kan ada bayarannya tuch.. mana mau gratis kekekeke😛
    soalnya dulu angkotnya QK juga dipake wat kek gitu e… tapi nggak sampe penuh sekaca belakang gitu mbak akin:mrgreen:

    btw,,, tar mbak akin pilih siapa?😆

    HIDUP!!! ^_^

  4. Tadinya liat judul biasa saja, ternyata belakang angkot penuh dengan wajah calon pemimpin daerah ya…kalo di ciamis belum sampai begitu, baru tempel stiker saja. bisa jadi cara ampuh buat menggaet calon pencoblos tuh😀

  5. Lumayan juga ya motretin belakangnya angkot.. atleast debuan deh.. walaupun begitu ya…

    Walaupun berat, tapi kakaakin bisa mengajak kita seolah2 ada didaerah setempat bersama dengan pemandangan dan kesemarakan pilkada di sana.

    Terima kasih telah berbagi.. senang rasanya seolah berada dilokasi.🙂

  6. Nggak tau lagi yang mana yang harus dipilih, janji muluk2 sebelum kampanye menerbangkan rakyat ke langit ke tujuh, udahnya….Mereka tahu nggak klo setiap yang dipimpin akan dimintai pertanggung jawabannya pada apa yang dipimpinnya kelak….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s