Bemain Sudoku (Bukan Tutorial)

Beberapa hari ini aku sedang senang-senangnya main sudoku. Mainnya sih di fesbuk. Hmm, sebenarnya akun fesbuk-ku sudah hampir kututup, tapi tidak jadi kututup setelah kutahu di fesbuk ada sudoku. Lagipula beberapa teman blogger juga malang melintang di fesbuk ini, termasuk mbakyu yang lagi bikin martabak manis keju coklat kacang di Saudi sono:mrgreen:

Sebenarnya aku bukan gamer. Sudoku adalah satu-satunya game yang kusentuh di fesbuk. Kalo di kompi, aku senangnya main ‘minesweeper’ bawaannya microsoft. Game strategi atau ketangkasan aku paling nggak bisa. Beberapa game lain, hanya kumainkan sesekali saja. Kalau game yang berbau kartu, aku juga nggak bisa, karena nggak ngerti dan sejak kecil memang nggak kenal dengan kartu yang berwarna-warni itu. Gara-gara sudoku ini juga, blog ini dan KakaAkin terbengkalai beberapa hari😦

Beberapa waktu yang lalu, Om NH membuat postingan tentang sudoku (psstt… surprise juga, ternyata beliau suka sudoku🙂 ). Sejarah singkat sudoku bisa dibaca di postingan beliau itu.🙂

Bagi yang belum pernah mengutak-atik sudoku, silakan dicoba deh, dan rasakan sensasinya🙂 Bagaimana sih cara bermain sudoku ini? Gampang banget! Sahabat hanya perlu mengisikan angka 1 – 9 pada setiap kolom. Beberapa angka telah diisikan terlebih dahulu. Yang sulitnya adalah angka pada sebuah kolom tidak boleh ada pengulangan dan harus disesuaikan dengan baris yang melewati kolom tersebut. Garis tebal yang membatasi kotak 3×3 itu juga berisi angka 1 – 9. Nah lo… bingung kan?? Hehe… ayo langsung dicoba aja. Mau latihan mulai yang easy dulu, atau beli buku yang banyak dijual di toko. Tapi kalo yang di buku biasanya nggak ada levelnya, berbeda dengan yang di kompi atau di fesbuk, ada level easy, medium, hard dan evil. Kalau tanteku sangat suka main sudoku di hape beliau🙂

Kini aku lebih memilih bermain di level hard dan evil. Mengapa? Karena kurasakan lebih menantang dan bikin kepala tiba-tiba menjadi gatal, kadang-kadang jungkir balik juga. Menurutku sudoku ini mengajarkan kita untuk melihat cara penyelesaian masalah dari berbagai sisi, hehe… ini sih menurutku🙂

Beberapa tips dariku (yang bukan master sudoku ini) dalam bermain sudoku:

  1. Jangan lupa lirik kiri, kanan, atas dan bawah untuk mengisikan angka yang tepat.
  2. Eliminasi. Mengurangi kemungkinan yang ada, misalnya pada gambar diatas, baris 5 terdapat 2 kotak yang belum terisi, yaitu untuk angka 3 dan 8. Jika sahabat ingin mengisikan angka 8 pada baris 5 kolom 9, tentu saja salah, karena perhatikan pada kolom 9, sudah terdapat angka 8 disana. Berarti angka 8 harus diisikan ke kolom 1.
  3. Beri tanda. Agar dapat membantu proses eliminasi, Sahabat dapat memberi tanda pada kotak yang kira-kira akan berisi angka tersebut. Misalnya pada gambar diatas, pada baris 3 kolom 3 dan 4, angka yang belum terisi adalah angka 3 dan 8. Jika sahabat langsung mengisikan begitu saja kedua angka tersebut, ada kemungkinan salah. Sebaiknya ditandai dulu saja kotak kosong tersebut dengan cara menuliskan angka dengan menggunakan pensil (icon “use pencil” bisa digunakan)
  4. Nggak usah pake hint deh. Jadi kurang seru kan…🙂
  5. Kalau sudah mentok atau, pusing maksimal, atau tiba-tiba seluruh bagian kulit kepala terasa gatal, silakan Sahabat langsung mengganti puzzle yang ada dengan yang baru, atau ganti game (mending main Zuma aja, lebih gampang) atau matikan kompi aja sekalian, atau kalo main sudoku di buku, tutup aja deh bukunya:mrgreen:

Warning : meskipun seolah-olah tipsku tampak meyakinkan, percayalah bahwa tips no.5 lumayan sering kulakukan:mrgreen: Namun, meski sudah berkali-kali menyelesaikan sudoku (hard & evil), tetap saja aku nggak bisa menyelesaikannya dengan cepat, selalu berkisar antara 20-30 menit :( Plis kalo ada yang bisa ngasih tips khusus dan trik bermain sudoku, atau mungkin sudoku itu ada rumusnya??? Plis kasih tau aku ya…🙂

Tambahan: Mungkin bahasaku dalam menjelaskan sudoku ini rada njelimet ya… Kalo mau yang lebih jelas, silakan lihat disini.

28 thoughts on “Bemain Sudoku (Bukan Tutorial)

  1. Haiyah …
    Sudoku juga ini …
    But yang jelas … Sudoku itu bikin otak selalu On terus …
    penasaran kalo sampe belum selesai mengisi …
    masak kita mesti kalah dengan 81 kotak itu …???

    hehehe

    Salam saya Kak

  2. selamat pagi

    kalo udah level paling sulit, emang bikin otak jadi bekerja keras. tapi juga menantang untuk diselesaikan.

    saya udah lama nih gak main sudoku…
    kadang kalo udah bisa beberapa kali menyelesaikan puzzle yg sulit, jadi males deh buat main lagi.

    ntar main lagi dah😛

    terima kasih dan mohon maaf😮

  3. bundaa main bekel aja kali ya he hehe😀😀
    paling2 hanya main si bubble , menembaki balon2 , menghibur dan gak pakai mikir hanya lihat warna saja ………………… *cemen dan gak penting* 🙂
    salam

  4. As wr wb. Salam kenal dari bapak [harus menyampaikan predikat seperti ini, karena bapak dilahirkan bulan juli 1950] dan sudah lima bulan ini keranjingan Sudoku dan terus ketagihan dengan “tantangan”. Tidak bermaksud “menantang”; tetapi memang ingin berbagi tips bermain Sudoku [tidak memakai JOKI berupa program sudah jadi atau mungkin bikinan sendiri a.l. fungsi atau kondisi @if [ ………. and/or …. dst. …..] ah gayanya bapak kayak ahli saja!]. Coba Kaka Akin kirim ke bapak satu contoh soal Sudoku, level: evil. Tidak ada salahnya kan bapak coba? Terimakasih.

  5. sudoku .. gw banget,, tp blum tau rumusnya ada pa tdk .. level evil pernah ku selesaikan dlm waktu kurang dari 9 menit🙂 hebat kan!!! hihihi

  6. Sudoku sih gampang kalo levelnya 1-4, coba kalo level 5, tiap hari minggu di rubrik klasika kompas pasti ada, di jamin deh….. kepala nyut2an……

  7. asiiik akhirnya ada blog yg ngasih tips sudoku yg jelas. Sbetulnya aku pengen nyari rumusnya sih, tp di sini lbh ke cara bwt pemula ya. Tp sip dh, makasih infonya. Wah, level hard dan evil paling cepet 20-30 menit? Aku pernah bikin rekor di sudoku hape, yg hard 5 mnit lwat 36 detik trs yg evil 15 menitan gitu deh. Hehe😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s