Ketika Aroma Merasuk Hidung

Ada banyak hal yang dapat membuat kita mendadak terkenang akan sesuatu. Misalnya saat membaca buku, memori kita jadi flashback, atau saat memandang hujan, kita jadi teringat dulu sering main hujan-hujan waktu masih kecil. Contoh lain adalah misalnya saat kita melihat wajah seseorang yang mirip teman kita, kita langsung teringat akan teman kita yang mungkin saja masih punya utang yang belum dibayar:mrgreen:

Ada juga sebagian orang yang sengaja melakukan hal-hal tertentu agar dapat mengenang yang terjadi di masa lampau, misalnya mendengarkan musik/lagu-lagu jadul, nonton film era 80-an, atau pergi ke tempat-tempat yang penuh kenangan🙂 Kata tanteku, saat beliau memandang matahari yang terbenam, beliau akan terkenang masa kecil dulu waktu masih di kampung.

Selain hal-hal diatas, ada lagi sesuatu yang dapat membuat kita teringat akan sesuatu atau kejadian yang telah lewat, yaitu aroma atau disebut juga bau. Aroma-aroma tertentu terkadang dapat membuat kita teringat hal-hal yang manis atau bahkan pahit🙂

Ada beberapa aroma yang membuatku mendadak flashback, antara lain :

1. Minyak angin

Minyak angin mengingatkanku saat kecilku dulu sering bepergian bareng orang tuaku ke luar kota, naik bis atau kapal laut. Biasanya kalu aku mual atau muntah, ibuku selalu mengusapkan minyak angin ke dada dan punggungku. Kini bila mencium bau minyak angin, aku cenderung akan merasa mual🙂

2. Aroma mesin

Bagaimana sih aroma mesin itu? Pokoknya begitulah… yang ada bau oli dll. Aroma ini mengingatkanku pada bau mesin kapal laut yang pernah kutumpangi dulu. Kampung halaman ibuku ada di salah satu pulau yang ada di Kalsel, biasanya kalau liburan sekolah ibuku selalu membawaku si anak bungsu ini pulang kampung. Biasanya kami menumpang kapal nelayan yang agak kecil, atau kapal barang yang gedean dikit. Hmm… rasanya dulu senang banget saat diajak ibu pulang kampung. Seingatku dulu aku lebih nyaman naik kapal dibanding naik bis, walaupun ada sedikit perasaan mabuk laut juga:mrgreen:

3. Kandang ayam.

Aroma kandang ayam itu ya begitulah… hehe… Merupakan kombinasi dari aroma makanan ayam dan pupnya. Inimengingatkanku saat dulu aku praktek di rumah sakit jiwa, pada bagian isolasi. Hygiene pasien yang kurang karena kondisi kegilaannya yang parah, menimbulkan aroma yang mirip kandang ayam. Ini menurutku loh…:mrgreen:

4. Parfum

Aroma parfum kadang menendang kita ke masa lalu. Misalnya dulu kita pernah memakai jenis wewangian tertentu, saat tiba-tiba kita mencium aroma ini, bisa saja aroma ini mengingatkan kita pada masa-masa kita memakai aroma tersebut dulunya. Atau mungkin saat mencium suatu parfum, mengingatkan kita pada seseorang yang kita kenal, karena bau parfumnya mirip dengan aroma yang kita cium.

5. Makanan/minuman.

Aroma makanan juga mengingatkanku pada hal-hal lain. Misalnya saat makan soto banjar di warung, aku akan teringat dengan masakan ibuku, karena aromanya mirip. Ada juga salah seorang pamanku yang berdomisili di Bandung, beliau terkadang rindu juga dengan kampung halaman. Saat pulang kampung, beliau mencari air minum yang direbus diatas api kayu bakar. Almarhum nenekku dulu merebus air dengan cara seperti itu, karena belum ada kompor minyak tanah. Mungkin Sahabat pernah merasakan air minum yang seperti itu? Air putih yang berasa asap? Sepertinya pamanku ingin mengenang masa-masa kecil beliau dulu bersama almarhum nenekku🙂

*****

Hmm… Beraneka aroma memang dapat membawa kita ke berbagai kenangan yang kita miliki ya… Mungkin Sahabat juga memiliki pengalaman seperti diriku🙂

33 thoughts on “Ketika Aroma Merasuk Hidung

    • iya juga ya… pernah pergi ke masjid Ataqwa Balikpapan. kebetulan ada yg jual minyak wangi.. ada baunya yang biasa saya suka .. dulu masih sering beli di masjid raya Samarinda atau masjid yang di karang asam… cuman bau aja bisa mengingatkan masa lalu. ya..

  1. (maaf) izin mengamankan PERTAMA dulu. Boleh kan?!
    Kalau saya aroma sate kambing selalu mengingatkan akan infeksi saluran pencernaan yang saya derita.
    *kok malah curhat…

  2. (maaf) izin mengamankan KEDUA dulu. Boleh kan?!
    Kalau saya aroma sate kambing selalu mengingatkan akan infeksi saluran pencernaan yang saya derita.
    *kok malah curhat…

    • Bau bensin mengingatkan pada… pom bensin🙂
      Jadi ingat mesti ngisi bensin di motor.
      Ada juga yang doyan aroma bensin, katanya bisa jadi candu…

  3. kalo Oyen bau rheumashon, soalnya jaman dulu kalo nangis kuenceng buanget, mamak suka masukin tuh obat ke mulut Oyen, mpe setengah wadah besar, trus mulut Oyen bakal kepanasan, trus tidur…*beneran loh, kagak bo’ong, tanya sama mamak kalo gak percaya*

    mangkanya waktu anak sepupu neggak minyak kayu putih gak sengaja, Oyen bilang, “tenang ajah, kagak bakal kenapa-kenapa”, cos Oyen makan rheumason berkali-kali juga survive ajah…huehehehhee…alhamdulillah

    tapi Oyen maklum kok kalo inget dulu nakal banget, suka ngrepotin mamak…hiks…hikss

    • Wow… remason itu ‘kan panas banget Yen… Berkali-kali lagi!!
      Hmm.. nggak kebayang deh, gmana bandelnya dirimu di waktu dulu itu ya…:mrgreen: Tentunya sekarang udah jadi anak manniiez dong…😛
      Tapi kalo yang bukan makanan sebaiknya nggak usah masuk ke perut lah…🙂

  4. bau bensin…waktu msh kecil aku gak penah mau naik mobil yg bau bensinnya tercium, aku pasti langsung mabuk & muntah. sampe skrg kl tercium bau bensin, aku pasti muntah.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s