Kepiting Rebus Memang Maknyusss

Kemarin sore aku beli kepiting mentah untuk  makan malam. Beli sekilo udah dapat banyak. Coba deh dibandingin dengan bila beli yang udah matang, jauuuh lebih murah🙂

Ada berbagai cara dalam mengolah kepiting. Mungkin di masing-masing rumah punya resep andalan dalam memasak kepiting ini. Bisa jadi digoreng, dimasak asam manis, dibumbu tauco dll. Namun di rumah tanteku, kebiasaan memasak kepiting dengan cara yang sangat sederhana, nggak pake ribet dan nggak pake lama, yaitu kepiting rebus.

Bahan-bahan yang diperlukan:

(tentu saja) Kepiting

Bawang merah, terserah berapa butir, dirajang

Bawang putih, terserah (juga) berapa siung, dirajang

Serai, kira-kira 4 batang, dimemarkan

Sedikit jahe, dirajang

Garam secukupnya (nggak pake vitsin atau penyedap lainnya, karena udah pasti sedap rasanya🙂 )

Cara membuat :

Kepiting yang ada dibersihkan terlebih dahulu, kemudian dibelah dua. Siapkan air rebusan di panci, masukkan bawang merah, bawang putih, jahe dan serai. Setelah mendidih, masukkan kepiting. Rebus hingga matang. Jangan lupa, bubuhi garam🙂 Sebagai pelengkap, bisa dimakan dengan sambal ulek atau sambal botol.

Tarraa… Seperti ini nih penampakan kepiting rebusnya🙂 So simple tapi lebih mantabh… maknyuss🙂

Beberapa keuntungan yang dapat diperoleh dari memasak kepiting dengan cara direbus ini, antara lain:

  1. Cita rasa asli kepiting lebih terasa. Jika telah dibumbui macam-macam, biasanya rasa kepiting bakalan ketutupan, bahkan kepiting yang kurang segarpun kadang nggak terdeteksi panca indra karena saking kuatnya rasa bumbu yang dipakai.
  2. Rasa lebih ringan. Maksudnya adalah ada sebagian orang yang tidak menyukai terlalu banyak bumbu pada masakan, karena bikin eneg.
  3. Lebih ekonomis. Ini seh jelas banget… hehe… Bumbu minimalis gitu loh…🙂
  4. Menghemat waktu. Kalo udah lapar, palingan nggak nyampe 30 menit, kepiting rebus dapat segera tersaji🙂

Kalo ada  yang nanya, memangnya aku nggak suka kalo kepiting dimacam-macamin? Hehe… aku ini suka makan apa aja asalkan halal dan ada. Kalo nggak ada, apa yang mau dimakan:mrgreen:

Bagi yang masih ragu tentang status ke-halal-an kepiting ini, ini salah satu sumber yang kutemukan saat gugling.

@Yani : Ternyata udah bisa ‘add image’, nggak ngerti juga mengapa:mrgreen:

59 thoughts on “Kepiting Rebus Memang Maknyusss

  1. hmm…kepiting, masakan andalan bude ku kepiting pindang sarani namanya, top markotop dech. sayang sejak jerawatan aku jadi anti kepiting, tapi masih sering juga nekad menyantap makhluk yg satu ini.

  2. mbak akin, kalau masku kepitingnya disayang banget. sampai difoto segala setiap jenis. sekarang, hampir tiap bulan berburu kepiting untuk jadi objek penelitiannya:) lama gak mendengar celotehan mbak akin di rumah sebelah. kangen..

  3. mbak akin mulai lagi nih dengan postingan makanan nya..
    tapi gpp lah..banyak pengetahuan tentang makanan nih..

    sil ga terlalu suka kepiting mbak..
    udah lama banget ga makan kepiting lagi…

  4. mantep deh Kin, jadi inget dulu di bengkulu sering dibawain kepiting sm teman2 puskes, kasian mungkin ngeliatku bumil sendirian jauh dari suami, masaknya juga direbus aja

  5. Kalo mau lebih manteb sambelnya bikin aja. 5 cabe keriting. 2 siung bawang putih. Tambahin gula putih secukupnya. Diulek sampai halus. Kemudian ditumis dgn sedikit minyak goreng. Stlh kental diangkat. Tambarin sambel botol dan saus tomat sesuai selera. Aduk aduk sampai tercampur rata. Bisa juga tambahin nanas parut. Jadi deh. Cobain aja. Mantabbb.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s