Jumlah Pengunjung Perlahan-lahan Meningkat

Sudah lebih setahun aku menjalani kehidupan di dunia blogging. Berawal karena nggak mau dibilang bodoh, aku memulai membuat blog. Namun kemudian aku benar-benar jatuh cinta dengan dunia ini. Ternyata sangat menyenangkan bila dapat membuat tulisan dapat dibaca oleh orang lain, apalagi bila tulisan kita dapat memenuhi kebutuhan pembaca.

Bemodalkan nekat dalam membuat blog, ternyata tidak buruk juga, karena perlahan-lahan kita dapat sambil belajar dari ngutak-atik dashboard atau nanya sana-sini tentang cara membuat postingan atau mempercantik blog. Aku ingat, dulu aku nggak ngerti cara memotong postingan supaya bisa muncul tulisan “more”, “read more” atau “continue reading…”. Eh…. ternyata ada toh di deretan icon-icon yang bisa di klik diatas notepad, memang wordpress baik hati dan tidak sombong🙂. Menurutku agak kurang cantik jika postingan nongol semua sejak awal membuka “home”, terlalu panjang (meskipun kini aku pernah juga lupa meng-insert more tag ini🙂 ).

Pada awal-awal blogging aku tidak terlalu bersemangat. Hmm… nggak ada komen, aku juga nggak tau apakah blogku dibaca orang atau tidak. Dasar dodol… aku dulu (lagi-lagi) nggak mudheng sama yang namanya “Blog Stats”, padahal widget ini kupajang juga sejak awal blogging. Akhirnya bisa kupahami bahwa kita bisa melihat jumlah kunjungan ke blog kita atau tulisan-tulisan yang ada di dalamnya melalui angka ini. Ini nih daftar perjalanan statistik di blog ini.

Dari rata-rata 1 (satu), hingga bisa mencapai puluhan bahkan ratusan klik perharinya. Memang masih sangat jauh dibandingkan blog sahabat yang trafficnya rame banget. Tapi, alhamdulillah… bagiku ini merupakan suatu pencapaian dalam blogging, yang artinya ada peningkatan dibanding dulu. Jumlah kunjungan semakin banyak, komen yang masuk juga lumayan🙂

Dari data statistik blogku diatas, dapat kusimpulkan beberapa hal yang membuat angka-angka itu bergerak naik. Ini sih bagiku yang masih nggak terlalu paham seluk beluk ngeblog🙂

1. Semakin intensnya kegiatan blogging

Posting… posting… dan posting!! Tulisan-tulisan yang selalu di-update, tentu akan meningkatkan kunjungan ke blog kita. Pengunjung blog selalu menginginkan sesuatu yang baru, apalagi yang segar-segar… Pasti bikin ngiler, hehe… :) Banyak hal di sekitar kita yang dapat dijadikan bahan untuk menulis, tinggal waktu dan kesempatan saja yang disediakan. Jangan lupa sekalian mempercantik tampilan blog,mempelajari seluk-beluk blog, supaya sahabat atau netter yang mampir di blog kita bisa merasa betah. Setidaknya aku perlahan-lahan telah melakukan penghiasan terhadap blog, misalnya dengan memasang widget alexa (kali’-kali’ aja pengunjung pengen tau ‘prestasi’ blog kita🙂 ).

2. Blogwalking yang lebih semangat!!

Dulu aku nggak paham tujuan kesana-kemari, ngintipin blog orang, trus haha-hihi ngasih komen. Ternyata kegiatan ini seperti mempromosikan diri, agar pemilik blog yang kita kunjungi melakukan kunjungan balik ke blog kita, dan dari link yang kita tinggalkan diharapkan ada blogger lain yang juga tertarik. Kemudian dibuatlah semacam perjanjian persahabatan dengan cara saling memasang link sahabat di blog masing-masing. Insya Allah kita telah mendapatkan sahabat-sahabat yang akan dengan setia mengunjungi kita dan selalu kita kunjungi hingga ajal internet menjemput… hehehe… *lebay* (ehm… terima kasih ya yang telah bersedia menjadi sahabatku😉 )

3. Menulis hal-hal yang mungkin dibutuhkan orang dan belum banyak ditulis.

Gimana caranya tuh ya?? Hehe… Kegemaranku akan hal-hal yang berhubungan dengan Korea membuatku mengisi blog ini dengan beberapa tulisan yang Korean-related gitu. Misalnya tentang masakan Korea. Ada salah satu postinganku yang bisa nongol di halaman pertama Google search. Cihuy!!!

Dengan tema atau tag tulisan yang kubuat, akhirnya membawa pengunjung ke blogku. Lumayan lah, untuk mempertahankan jumlah kunjungan🙂

4. Menulislah hal-hal yang baik.

Blogger atau netter yang beriman serta baik hati dan tidak sombong tentu saja merindukan tulisan yang baik dan bermanfaat. Misalnya saja saat blogwalking, sahabat menemukan konten negatif atau hujat menghujat pada suatu blog, tentu sahabat yang beriman enggan lagi berkunjung ke blog tersebut. So, menulis hal yang baik insya Allah akan dapat meningkatkan kunjungan ke blog kita, terlebih lagi bila yang kita tulis ternyata sangat bermanfaat bagi pengunjung, misalnya tentang ketaqwaan pada Allah Ta’ala, tips blogging, kesehatan dan lain-lain.

5. Menulislah dengan jujur.

Kini aku berusaha meminimalisir tulisan yang bukan berasal dariku. Menjadi diri sendiri itu menyenangkan, dengan cara mengungkapkan apa yang ada di benak kita. Meskipun sebuah tulisan yang sederhana, biasanya pengunjung lebih menyukainya.

*****

Pemikiran diatas adalah hasil kesimpulanku selama ini. Bisa jadi pengalaman atau pendapat sahabat  berbeda dariku. Mudah-mudahan kita semua bisa survive di dunia maya ini, dan tentu saja semoga persahabatan kita juga bisa langgeng dan tulus, bukan karena terpaksa mesti blogwalking:mrgreen:

_____________

Ditulis dalam rangka sok-sok-an pengen ikut lomba disana-sini, sekalian update blog🙂 Mudah-mudahan sahabat nggak bosan-bosannya membaca tulisanku🙂

Ini lagi ikutan lomba Seni Menaikkan Pengunjung di blognya Mas Dwi Budi.

62 thoughts on “Jumlah Pengunjung Perlahan-lahan Meningkat

  1. wakwakkwa memang kalau nulis korean ggitu banyak yg nyariii semngatt

    berkunjung n ditunggu kunjungan baliknya makasihhh😀

  2. tulisan yg bagus Kakaakin, bisa jadi referensi nih utk cerminan pd blog sendiri, melihat perkembangannya blog Kakaakin memang yahud deh pokoknya blog ini termasuk salah satu blog wajib kunjung.
    Selamat ya Kakaakin, semoga beruntung di acaranay Mas Dwi.
    salam.

  3. memang kalau dilihat blog ini mengalami perkembangan yang sangat signifikan…(halah….ngomong apaan sih gak ngerti)pokoknya TOP (bkn bigbang ya) deh…
    diriku sendiri msh tetap gaptek….sungguh terlalu~

  4. Kakaakin…

    Selamat ya.. kemajuan pesat buat Kakaakin..
    Apalagi Average per day di Feb. 2010 udah bikin rekor dari bulan-bulan sebelumnya. Luar Biasa.

    Blognya semakin hidup, tulisannya sederhana dan mudah dimengerti.
    Pengunjung termasuk saya senang sekali membacanya…

  5. Bagus sekali ulasannya Akin. Blogmu ini memang menarik loh isinya. Makanya banyak pengunjung yang setian dan kamu juga rajin apdet. Saya masih belang-belang untuk apdetan hehe..

  6. kuncinya memang sering update untuk terus menaikkan pengunjung, dan disokong oleh blogwalking untuk mempertahankan persahabatan antar blogger. yang namanya perbedaan pendapat atau pemikiran pastilah ada, namun di situ seninya, kita jadi lebih dewasa dalam berkomunikasi.

    btw, ada tips niy buat Akin, kalo pake print screen dan diedit pake Paint, di save as sebagai .png jangan .jpeg, biar ngga pecah gambarnya😉 aku juga dulunya pake .jpeg, tapi skrg dah berubah haluan ke .png

    met berlomba lagi ya.. (rajin yah dirimu ikutan lomba2, hihi.. aku tetep, pilih yg tebak2an, haha)

  7. Ada lomba nulis lagi yak?
    Hmmm …
    Moga makin tambah terus pengunjungnya, karena makin banyak pengunjung artinya akan makin banyak pahala.
    Ya toh?!
    Salam …🙂

  8. Wah, selamat ya, blognya udah mulai rame. menaikkan trafic memang hal yang susah, rekor saya saja saat ini hanya sampai 200 visitor dalam satu hari

    salam kenal dari blogger sidoarjo

    • Saya juga hanya sekitar itu Mas… cenderung kurang dari 200 sih🙂
      Gakpapalah… yang penting tetap bersemangat🙂
      Makasih kunjungannya ya🙂

  9. Setuju Kakaakin …
    untuk yang beginian ini …
    kita harus tekun …
    dan saya yakin dengan ketekunan kakaakin menulis …
    juga melakukan anjangsana ke blog-blog teman-teman …
    trafic blog ini akan semakin meningkat

    Maju Terus Kakaakin …

    Salam saya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s