Bhirawa : Seninya Blogging

“Aku hanya ingin menulis di blog, nggak peduli hal yang lainnya…”

Mungkin kalimat tersebut sempat diucapkan oleh blogger pendatang baru atau blogger yang enggan melakukan pengembangan dan perbaikan pada blog serta kemampuan bloggingnya, atau juga blogger berpengalaman yang tiba-tiba padam semangat bloggingnya. Terus terang, kalimat tersebut juga sempat menempel di otakku. Namun, setelah menjelajahi dunia perblogan, ternyata banyak hal menarik yang dapat dilakukan dalam rangka nge-blog.

Adalah Bhirawa, sebuah blog yang bertajuk “Prakoso Margo Gandengan Mbarek Konco” (perkasa karena gandengan bareng teman). Dari tag yang diusungnya, Bhirawa tentu ingin menggandeng para sahabat yang tengah menggeluti dunia berblogan. Menjelajahi Bhirawa, akan membuat sahabat membuang jauh kalimat pembuka pada awal tulisan ini.

Menuju Bhirawa tidaklah sulit. Selain mengetikkan alamat http://mbahcholik.info, sahabat juga dapat mengetikkan langsung Bhirawa pada kolom Google search. Maka akan muncul tampilan halaman pertama seperti ini.

Memasuki Bhirawa, sahabat akan disuguhi tampilan yang sederhana, tanpa banner njelimet atau iklan-iklan, sehingga tidak memberatkan saat loading. Hal ini merupakan pelajaran pertama yang diberikan oleh Bhirawa, yaitu permudahlah pengunjung blog untuk memasuki blog kita. Dari widget sederhana yang ada di sisi kanan tampilan blog, sahabat dapat menemukan lebih dari cukup mengenai apa yang sahabat butuhkan dari suatu blog, antara lain recent post, recent comment, tags, category dan tentu saja widget alexa.

Seseorang pernah berkata padaku, widget alexa traffic rank dan yang sejenisnya itu ibaratnya raport bagi suatu blog. Angka yang terpampang pada widget tersebut mencerminkan prestasi yang telah diraih blogger. Di Bhirawa, sahabat akan menemukan berbagai panduan dalam rangka meningkatkan prestasi blogging. Tags yang ada di sidebar dapat menjadi panduan dalam mencari informasi yang sahabat butuhkan dalam blogging.

Sejak kemunculannya Januari lalu, telah terdapat sekitar 53 artikel yang ditampilkan di Bhirawa. Artikel-artikelnya sangat nyaman untuk dibaca, terutama bagi fast rader, tentu tidak akan melewatkan setiap kalimat, karena memang ditulis dalam bahasa yang singkat dan padat serta sesuai kebutuhan. Terutama yang paling membuat ‘ngiler’ adalah cara meningkatkan raport blogging, yaitu alexa traffic rank.

Oiya, saat aku gugling dan mengetikkan “alexa traffic rank” pada kolom search, Bhirawa juga muncul pada halaman pertama hasil penelusuran.

Selain yang berkaitan dengan raport blogging, Bhirawa juga memuat tulisan yang akan menyejukkan hati para blogger yang sedang kekeringan ide, kemudian akan membakar semangat blogger tuk menulis. Banyak hal-hal yang belum/belum sempat kita explorasi juga dipaparkan di blog ini, misalnya trik agar membuat betah pengunjung blog. Memang, Bhirawa ini sangat mendalami tentang seninya nge-blog alias Art of  Blogging.

Nah, masih bingung untuk meningkatkan kualitas blog sahabat? Kunjungi saja Bhirawa. Insya Allah sahabat akan mendapatkan banyak sekali ilmu yang berharga. Namun jangan lupa, setiap kali berkunjung ke suatu blog, hendaknya meninggalkan jejak berupa suatu komen. Untuk meninggalkan komen di blog Bhirawa ini, sangatlah mudah karena tanpa melalui moderasi, sehingga komen sahabat langsung muncul. Terlebih lagi pemilik blog ini akan langsung reply komen sahabat dengan konteks yang sesuai. Dan salah satu kelebihan blog ini adalah komen yang berbuah tali asih! Tentu saja bila sahabat sedang beruntung.

*****

Tulisan ini dibuat dalam rangka mengikuti Jambore on The Blog yang diadakan oleh Pakdhe Cholik di blognya, Bhirawa.

47 thoughts on “Bhirawa : Seninya Blogging

    • Bakalan ada fenomena baru :
      Alamendah merajai posisi pertama…
      Biru selalu merajai posisi kedua…🙂
      Insya Allah dapat tali asih… asalkan rajin ikut acaranya🙂

  1. Terima kasih atas partisipasinya.
    Saya catat sebagai peserta dengan catatan : Judul agar dirubah kedalam bahasa Indonesia kecuali kata BLOGGING yang memang sudah umum kita gunakan.

    Salam hangat dari Surabaya.

  2. wah Kin pakde mang hebat yah, sama juga dengan bundo, kayaknya akin juga mulai hebat nulisnya. nggak kayak blog ku yang isinya cuma keluhan2 nggak jelas.😀

  3. Salam Takzim
    Saya salut dengan kaka akin yang selalu bersedia meramaikan blog sahabat siapa pun dia. Semoga kaka akin semakin pandai mereview sebuah blog atau sebuah buku. terbukti review tentang bhirawa cukup baik dan lengkap. Saya doakan semoga sebuah tali Asih terkirim
    Salam Takzim Batavusqu

  4. wadhuh… makin ketinggalan jaman saja nih aku… gak mudheng teknologi ngeblog… cuma bisa corat-coret saja… salam sukses…

    sedj

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s