Bila Aku Sakit

Lho… perawat bisa sakit juga toh…

Waduh… Dokter ternyata bisa sakit juga ya…

Ungkapan diatas pasti cukup sering kita dengar. Sebagian besar orang tentu sangat memahami, bahwa perawat, dokter atau orang yang menggeluti bidang kesehatan lainnya adalah manusia biasa. Namun tak jarang juga ada yang merasa geli, saat mendengar seorang dokter terserang diare. Mungkin di benak orang tersebut berkata “Apakah dokter ini jajan sembarangan… sampai-sampai mencret gitu…”

Aku juga pernah mendapati orang yang terheran-heran saat melihat hasil foto x-ray mulut seorang dokter gigi, yang katanya ternyata “giginya hancur nggak karu-karuan juga…”, mungkin mereka menganggap ini lucu juga.

Sesungguhnya, kami ini (ehm… anggap aja aku mewakili penggelut bidang kesehatan🙂 ) just like you. Sama saja seperti kebanyakan orang yang ada di republik ini. Meskipun pengetahuan di bidang kesehatan boleh dibilang lebih banyak dibanding yang lain, namun tak jarang kami berada dalam kondisi “kurang sehat”🙂

Menurutku, ada beberapa hal yang menyebabkan kondisi kurang sehat ini :

1. Disiplin diri yang kurang.

Misalnya, sudah tau makan harus teratur dan jangan makan-makanan yang dapat mengiritasi lambung, tetap saja makannya nggak teratur dan sembarangan, jadinya sakit maag (gastritis) tak terelakkan.

2. Denial (sifat menyangkal).

Tanteku yang pernah dirawat di RS. Cipto karena penyakit Ca cervix (kanker mulut rahim) bercerita padaku, bahwa saat beliau dirawat dulu ada seorang pasien penderita Ca cervix stadium IV (akhir), kiriman dari daerah. Orang tersebut ternyata adalah seorang bidan, yang bekerja di klinik Kebidanan yang memiliki dokter spesialis kandungan. Bila dilihat dari dasar pendidikannya, sangatlah tidak mungkin ia tidak memahami proses terjadinya penyakit, karena tanteku yang stadium I aja sudah sangat jelas sekali keluhannya, misalnya perdarahan dll dan hal ini yang membuat tanteku segera berobat, hingga akhirnya dirujuk ke RS Cipto untuk mendapatkan operasi pengangkatan rahim dll.

Sifat menyangkal memang tidak jarang menghampiri petugas kesehatan, “Ah… masa’ sih aku menderita penyakit ini…” adalah kalimat yang kerap muncul, hingga mungkin kemudian tidak berusaha melakukan apa-apa untuk memperbaiki kesehatannya. Menyangkal adalah tahap awal dari proses berduka. Ini berlaku pada siapapun yang mengalami kehilangan dan berduka. Aku pernah membuat postingan tentang kehilangan dan berduka (loss and grieving) disini.

3. Bawaan yang susah untuk dielakkan.

Misalnya saja penyakit keturunan seperti diabetes, hypertensi atau penyakit alergi. Beberapa penyakit tersebut memang tak dapat disembuhkan, namun dapat dikontrol, kembali lagi ke iten no. 1 tentang disiplin diri🙂

4. Coping mechanism (mekanisme pertahanan diri) yang kurang.

Waktu aku kuliah dulu aku mendapatkan pengetahuan tentang coping mechanism yang mempelajari tentang bagaimana pertahanan diri (bukan pencak silat loh😛 ) pasien dalam menghadapi penyakit. Bila coping-nya baik, maka akan membantu dalam proses penyembuhan, bila tidak… tidak mustahil akan membawa ke kondisi kesehatan yang memburuk. Hal ini juga bisa terjadi pada petugas kesehatan, entah teori apapun yang pernah didapatnya🙂

*****

Catatan : Tulisan ini hanya sekedar pemikiranku yang sangat terbatas. Mudah-mudahan ada ibroh yang dapat dipetik, mohon maaf atas segala kekurangan🙂

Ditulis karena saat ini temperatur tubuhku agak naik sedikit, badan meriang🙂 Jadi mellow mode : on🙂 Insya Allah aku nggak denial🙂

70 thoughts on “Bila Aku Sakit

  1. Wah tumben dapet pertamaxx
    Menurut aku sih kin, walaupun ia dokter atau perawat tetep kita tetap manusia biasa, yang gak bisa mengelak jika takdir sudah menghampiri. tapi mungkin persentasi sakit berbeda dengan kami yang bukan orang kesehatan.😀

  2. akiin, istirahat yang cukup.. minum air putih yang banyak. Jangan bandel, jangan sok iye mentang-mentang ngerti. hehhhe, akin lg sakit kok diomelin bundo. **akin benar, bundo termasuk yg malas berobat😦

    Akin cepat sembuh yaaa!

  3. Siapapun tidak ada yang kebal dengan nyang namanya sakit, termasuk nabi mbak. Yang makan juga sakit, yang laper apalagi. Itu pertanda bahwa Alloh masih sayang pada kita, dengan cara mengurangi nikmatnya, dikarenakan kurangnya syukur.😆

  4. dokter atau perawat sakit ada yang nyeletuk dokter kok sakit atau kat Pak Guru wandi dokter kok minum obat sebenarnya di profesi yang lain kadang juga kita temukan hal yang demikian seperti seorang guru tanya pada yang lainnya tentang kurang pahamnya materi yang harus disampaikan kepada siswa apakah Pak Wandi akan bilang guru kok tanya-tanya bukankah seharusnya tempat bertanya

    • Alhamdulillah, tetap bisa masuk kerja, Mel🙂
      Salahku juga… udah tau nggak enak badan dan perut, eh kemaren malam malah nekat makan durian (disiplin diri yang kurang nih)
      akhirnya ya… bolak-balik ke belakang deh:mrgreen:

    • Hehe… namanya juga manusia🙂
      Bahkan ada kasus seorang dokter anak yang anaknya meninggal karena penyakit demam berdarah…

  5. yah mungkin salah satu penyebabnya kita ga bisa menahan hawa nafsu… misalnya seorang dokter tahu bahwa daging sapi mengandung kolesterol tinggi, dan dia menderita kolesterol, tapi dalam kenyataannya dia beberapa kali makan daging sapi juga…

    contoh lain (yang ini ga nyambung ma dokter), seorang muslim tahu bahwa minuman keras itu haram, tapi tidak sedikit kan orang islam yang minum minuman keras.

  6. dokter atau perawat juga manusia ya , poin diatas berlaku bagi kita juga. saya mala heran ada dokter yang berobat alternatif ke tempat langganan saya, saya melongo ternyata dokter juga jika mengalami keluhan kesehatan larinya gak ke RS…

  7. Kakaakin cepet sembuh ya, jangan meriang lagi dong.
    istirahat yg cukup, minum air putih agak banyak dan minum obat……………….he he si bunda suka sok tau deh , kok malahan ngajarin yg udah pakar sih………………………. *jadi malu*😳
    salam.

  8. cepet sembuh Kin/
    kalo sakit ntar nggak bisa mengabdi untuk orang banyak lagi dong?
    oke, tetep semangat tetep sehat biar bisa jalan-jalan lagi dan makan-makan lagi (pak bondan*mode on)

  9. 😆😆😆😆😆

    RAIHLAH “JATI DIRI MANUSIA”.. untuk

    MENGEMBALIKAN JATI DIRI BANGSA INDONESIA

    Salam Cinta Damai dan Kasih Sayang ‘tuk Sahabat Sahabatku terchayaaaaaank

    I Love U fullllllllllllllllllllllllllllllll

  10. saya sering lihat anak kampung bisa bermain dengan riang sambil hujan hujanan dan anak kota yang apik sekali dalam kebersihan baru kehujanan sedikit sudah masuk angin.. kayanya pasnya ditengah kali ya mbak.. jangan terlalu jorok jangan terlalu apik..wwlwllwll

  11. pernah saya datang ke tempat praktek dokter, tetapi hari itu tutup. kata bagian pendaftaran dokternya sedang sakit. ya, dokter jg manusia biasa yg juga harus diberi anugerah berupa rasa sakit.

  12. sip lah klu bgtu…
    pemikiran simplenya adalah “mereka juga manusia biasa”
    mereka bisa mengobati dan bisa juga di obati…

  13. udah baikan belum akin? mudah2an udah fit lagi ya.. jgn lupa banyak minum vit C. aku tadi dah kirim email konfirmasi🙂 btw ttg dokter yg sakit aku juga kepikiran, apalagi klo dokter gigi ya? mereka ngga bisa ngutak-atik giginya sendiri donk…

    • Bahkan ada temanku yang seorang dokter yang saking sibuknya jadi nggak sempat makan. Katanya sih bila dia punya waktu, dia lebih memilih untuk tidur daripada makan…

  14. Sahabat tercinta,
    Saya ucapkan selamat karena sahabat telah memperoleh tali asih berupa sebuah buku dari Manajemen BlogCamp.
    Silahkan di cek di BlogCamp pada artikel berjudul Bisnis Online Ala Cah Ndeso.
    Terima kasih.
    Salam hangat dari Surabaya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s