Sparkling Samarinda 2010

Sparkling Samarinda 2010!! Sparkling Samarinda 2010…. eng… Sparkling Samarinda 2010??

Baru ingat, bahwa sementara blogku ber-ultah yang pertama tanggal 21 Januari kemarin, Kota Samarinda tercinta juga sedang ultah yang ke-342. Sedangkan pemerintah Kota Samarinda juga berulang tahun yang ke-50. Mungkin ini yang menjadi dasar slogan yang diluncurkan untuk utah ke-50 ini, SPARKLING SAMARINDA, yaitu ultah emas. Emas yang berkilauan alias sparkling, tapi kok bukan bling bling ya😆

Membaca artikel disini merasa miris banget. Samarinda 2010 ini masih jauh banget dari kesan berkilauan. Yang berkilauan hanyalah deretan toko emas yang berada di sepanjang Jl. Panglima Batur atau di seputaran pasar pagi… hehe:mrgreen:

Gambar diatas kuambil kemarin saat aku melintasi Jl. Perniagaan, kucoba take gambar dari atas jembatan. Obyeknya adalah bantaran sungai karang mumus, di sekitar belakang lokasi pasar segiri, yang masih penuh sesak oleh rumah-rumah penduduk. Syukurnya saat ini tidak sedang musim kemarau, jadi warna air sungai masih lumayan coklat. Masih mending jika dibandingkan saat musim kemarau, sungai menjadi surut, warna air sungai berubah menjadi kehitaman yang tentu saja be-a-u! Udah gitu, entah bagaimanapun kondisi air sungai, kulihat tetap saja ada warga yang memanfaatkannya😦

Kalau melihat ke sekeliling kota Samarinda, memang masih banyak permasalahan yang menjadi pe-er pemkot Samarinda, selain permasalahan sungai karang mumus. Masalah sampah, banjir yang tak pernah absen setiap tahunnya, de el el. Masalah banjir ini diperparah oleh semakin banyaknya pertambangan batu bara di sekitar kota. Di sepanjang jalan yang kulalui menuju tempat kerjaku, ke arah utara kota, kumelihat beberapa titik pertambangan baru. Aktivitas tambang ini memang dapat terlihat dari jalan raya, apalagi di malam hari, lampu-lampu sorot tampak menerangi sisi-sisi bukit yang diekplorasi.

Ada juga salah satu jalan lingkar (ringroad) di Kota Samarinda sampai hancur karena selalu dilalui alat berat atau trailer yang berkaitan dengan aktivitas tambang yang ada di sekitar jalan itu (wow… aktivitas tambang batu bara di dekat pemukiman penduduk nih😦😦 ). Aku pernah melewati jalan itu beberapa bulan yang lalu dengan sepeda motorku, kondisinya mungkin lebih parah dari kata hancur ya…

Kuakui aku sangat mencintaimu Kota Samarinda. Besarnya cintaku mungkin seperti cinta ibu pada anaknya…. *lebay kuadrattt*:mrgreen: Walau bagaimanapun perilaku anak, sang ibu tetap memaafkannya dan selalu mau menerimanya. Karena aku lahir dan besar di kota ini, aku merasa menjadi bagian dari kota dan mengalun sesuai dengan irama perkembangan kota. Namun tentu saja cintaku bukan cinta biasa (pinjam istilah dari siapa ya🙂 ) dan juga bukan cinta buta… *lebay lagi* Insya Allah do’a terus kupanjatkan, semoga Samarinda beserta susunan yang ada di dalamnya dapat berkembang ke arah yang baik.

Loh… Kok cuma do’a aja sih??? Kontribusi apa nih yang dapat kuberikan lagi? Hehe… Insya Allah akan memperbaiki dari diri sendiri dulu. Seperti slogannya siapa ya❓  “mulai dari sekarang, mulai dari yang kecil,  mulai dari diri sendiri” (benar nggak sih ini🙂 )

Kuucapkan “Selamat Ulang Tahun Kota Samarinda yang ke-342 dan Pemkot Samarinda yang ke-50” semoga Samarinda bisa jaya di segala bidang. Ehm… do’a tambahan nih, karena aku termasuk pegawai pemkot Samarinda: semoga insentif-ku bisa naik lagi… hehe… *ngarepdotcom*

Oiya, yang namanya lagi ultah, pasti banyak ngadain acara dong. Mudah-mudahan aku nggak ketinggalan menyaksikan kemeriahan acara ultah Kota Samarinda. Salah satunya adalah lomba maunjun (mancing) di tepian sungai Mahakam pada tanggal 31 Januari nanti, yang diharapkan dapat mencetak rekor MURI.

Hmmm… I Love Samarinda <3<3<3

59 thoughts on “Sparkling Samarinda 2010

  1. happy birthday juga buat kota dan pemkot Samarinda🙂 moga makin maju.

    bantaran sungai memang menjadi permasalahan yg tak kunjung usai, lalu sampah yg bikin banjir, dll. hmm, ada pertambangan di dekat jalan raya dan komunitas warga? semoga disertai dengan rekomendasi AMDAL.

    wah, ada acara lomba mancing untuk pecahkan rekor MURI, ditunggu laporannya ya Akin:mrgreen:

  2. Selamat pagi sahabatku. Semoga anda sehat-walafiat dan menikmati hari istimewa ini.
    Saya datang untuk silaturahmi sambil membawa pesan.
    Apakah sahabat dapat menemukan nama yang bagus, gagah dan keren untuk blog saya.
    Jika dapat silahkan diajukan melalui kolom komentar di :
    http://abdulcholik.com/2010/01/24/blogcamp-ganti-nama/
    Ada sedikit tali asih menarik jika nama yang sahabat sarankan terpilih.
    Terima kasih, selamat beraktivitas.
    Salam hangat dari Surabaya.

  3. iya dong Kin, harus cinta kota tempat kita berpijak.. dimanapun itu, walau mungkin kota itu bukan kampung halaman kita, tetap saja harus kita jaga.

    Selamat Ulang Tahun Samarinda..!

  4. First: Selamat Ultah buat Blognya Kakaakin
    Second: Selamat Ultah juga buat Kota Samarinda
    Third: Menjawab pertanyaan sohibku Kakaakin di Myblog….Sejak tgl 31 Dec 2010 s/d 22 Jan 2010, Saya berpartisipasi pada berbagai kegiatan (travel}: field trip, workshop & regional forum di Jakarta, Bogor, Dompu (NTB) dan Denpasar (Bali)..

    Sukses selalu buat Kakaakin
    Salam Hangat

  5. yeaaahhh…. akin cinta ma hometownnya…. semoga bisa jadi warga yang baik ya kin… demikian juga warga yang lainnya, bisa menjaga keasrian kotanya….^^

  6. RAIHLAH “JATI DIRI MANUSIA”.. untuk

    MENGEMBALIKAN JATI DIRI BANGSA INDONESIA

    Salam Cinta Damai dan Kasih Sayang ‘tuk Sahabatku terchayaaaaaank

    I Love U fullllllllllllllllllllllllllllllll

  7. ayo kita majuin kota dan daerah kita masing.
    bersaing nurut bidangnya masing2.
    karena persaingan yg sportif itu tanpa disadari mendongkrak aktifitas dan progresifitas loh *sotoY*.

    Triunt juga sayang sama Solo, buktinya bikin soloaja.com hehe.

  8. Wew .. walaupun telat😀
    Med Milad buat Kota Samarinda dan blognya Mbk Akin ya😉
    Kapan ya .. saya bisa sampe ke Samarinda😀

    Alamat blog Mbk Akin juga sdh saya tempel tuh di “Konco2”😉

  9. Samarinda Kalimantan Timur…It’s beautiful! I wish Akin will have a sparkling year for 2010 with Sparkling Samarinda.

    Oh, and I thank you for the information on ‘pork’- and I found interesting to know more and more about Indonesia’s Islamic culture. As I get to know them more, people are so friendly and have such strong fellowships.🙂
    These facts made me to have a will on learning Indonesian language. In return, I will help you learn Korean as well. Fair deal, eh? ^-^
    😀 May ALLAH give you His Guidance.

  10. met Ultah untuk blog try2bcoolnsmart.wordpress.com, tambah semangat nulis dan juga untuk Samarinda….smoga namanya tidak hanya samar2 saja… namun tambah indah…
    Sukses selalu Akin ssi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s