Kamu Doyan?? Aku Muntah!!

Aku tiba-tiba teringat, tahun lalu aku pernah menonton salah satu film Korea. Genre-nya komedi dan tentu saja rate-nya 15+. Judulnya adalah “Escaping From Charisma” dengan pemeran utama Yoon Eun Hye. Di salah satu scene film itu ada adegan memakan gurita/octopus. GURITA gitu loh! Masih mending kalo guritanya udah almarhum dan dimasak asam manis atau dipanggang, yang ini mah dimakan hidup-hidup!

Aku coba nyari cuplikan film itu, nggak nemu. Tapi nemunya video cuplikan film Korea yang lain yang lebih ganas lagi, dari film “Old Boy”. Akting aktor-nya keren banget, tapi aku ngelihatnya sambil tutup mulut, khawatir isi perutku keluar๐Ÿ™‚ Guritanya full body loh, tanpa dipotong-potong.

Video dari ERICtion 1988

Memang kebiasaan suatu negara kadang unik, walaupun menurut kacamata negara lain hal itu merupakan kebiasaan yang menggelikan alias jijay bajay. Terkadang ada juga orang yang meniru atau mengikuti kebiasaan negara lain. Misalnya saja dalam hal memakan si om gurita ini, cek video di bawah ini, tampak bule juga doyan makan gurita hidup.

Video dari Krasita.

Ternyata makan gurita hidup tidak gampang, karena kadang tentakelnya akan menempel diantara gigi atau lidah. Namun orang Korea tetap menyukai makan gurita hidup karena orang Korea percaya bahwa memakan gurita hidup-hidup akan meningkatkan kekuatan dan stamina. Oh iya, cara memakan gurita selain mengunyahnya utuh, dapat juga dipotong-potong terlebih dahulu agar tidak terlalu besar saat dimasukkan ke mulut. Pastinya, gurita yang telah dipotong-potong pun masih dapat bergerak persis seperti gurita yang utuh. Merinding deh ngelihatnya…๐Ÿ˜ฆ

Memakan seafood mentah memang menjadi kebiasaan orang Korea. Bukan hanya seafood, bahan makanan lain seperti daging sapi dan hati sapi juga ada yang disantap mentah. Cara makannya adalah daging/hati sapi dicocol ke saus tertentu (yang khas Korea banget) kemudian dibungkus dengan daun selada lalu dimasukkan ke mulut deh. Dan biasanya seberapapun besarnya bungkusan daun selada itu, semua masuk ke dalam mulut dalam sekali hap! Maklum… aku sering lihat cara makan orang Korea di drama, suapannya besar-besar… apa nggak repot ya ngunyahnyaโ“ Kalau di Indonesia pasti dibilang nggak sopan๐Ÿ™‚

Di salah satu drama Korea yang pernah kulihat, dikisahkan bahwa bila salah satu peran di drama itu mengalami kurang darah, maka ia akan pergi ke rumah makan dan meminta hidangan hati sapi segar. Padahal makan makanan mentah sebenarnya sangat beresiko bagi kesehatan. Di Korea ditemukan suatu penyakit penumpukan cairan di paru-paru yang ternyata disebabkan oleh adanya larva cacing yang menumpuk di paru-paru. Dari wawancara dengan sekian pasien diketahui bahwa mereka memiliki riwayat memakan hati sapi mentah.

Aku cenderung suka makanan, asalkan sudah matang semuanya. Makanan mentah, No Way. Apalagi gurita hidup dan hati sapi mentah (yang berpotensi mengandung cacing) ini, nggak banget deh.


59 thoughts on “Kamu Doyan?? Aku Muntah!!

  1. Sama,Mbak….Saya juga ga doyan, ngeri n jijik abis….
    Ya, untung aja budaya makan kita ga kayak gitu. Hebat, Indonesia setidak-tidaknya menangkal penyakit yang masuk ke tubuhnya. Banyak penyakit yang masuk ke tubuh karena memakan makanan mentah. Islam pun mengajarkan kita tidak memakan makanan yang besar mudhoratnya apalagi klo kita jijik….jadi haram tuh makanan.๐Ÿ˜€

    • hehehe… beberapa budaya mempengaruhi Korea sejak dulu kala. Waktu pengaruh buda sangat kuat, makan daging tidak dianjurkan.
      Setelah pengaruh konfusius melanda korea, daging diperbolehkan lagi.
      Waktu perekonomian Korea sulit, orang2 korea mulai makan daging anjing juga…

  2. menyaksikan secara langsung ketika mereka memakan daging mentah sangat mengerikan. ketika saya komentari, mereka hanya nyengir saja..
    **saya sih mending repot sedikit dengan mematangkan terlebih dahulu sblm saya makan..๐Ÿ™‚

    • bayangkan saja bila di dalam daging itu banyak larva cacingnya…
      Hiiiii….
      Dimatangkan dulu ‘kan nggak terlalu menyita waktu๐Ÿ™‚

    • Salam kenal juga, Bri…
      Trima kasih telah berkunjung ke blogku…
      Maaf tidak punya suguhan lain, sementara ini hanya punya gurita hidup dan hati mentah…
      Mudah2an Bri suka…๐Ÿ™‚

  3. wuaaaaahhhh tidak berperikeguritaan tuuh!!!! aq kagak doyaaaaaannn yg masih hidup…jiijik n kasiaaan…. tapi kalo dah mati n dimasak yg oke siiiihhhhh…. mmmmm… lupa dech ma akin….hehehe…

  4. karena makanan seafood tanpa dimasak terlebih dahulu [langsung dimakan dari penangkapan, tentunya dibersihkan dulu] menurut mereka vitamin [gizi, protein atau apalah itu namanya] nya banyak sekali.. hmm…. intinya untuk kesehatan..

  5. Salam Takzim
    Jalan jalan kenegeri kora
    Jangan lupa singgah kebiara
    Benci benar makan dikorea
    ada orang makan gurita

    He kalau di sini gurita malah dipake buat bayi yah
    Salam Takzim Batavusqu

  6. Mbayangin aja, kepalaku udah langsung keluar bintang tujuh ama burung kecil beterbangan, apalagi kalo nyoba makan..
    Hwalah…perutku udah mulai mules nich..hehe

    Ternyata, bnyk kebiasaan yg unik dan sedikit aneh dari setiap bangsa yaa…๐Ÿ˜€

  7. selamat pagi. selamat pagi

    koneksi internet saya yg lemot tidak memungkinkan untuk nonton video,
    tapi mengimajinasikannya sudah membuat perut saya jadi gak nafsu makan (padahal emang baru aja makan, haha).
    kayaknya gak jauh beda ama acara “fear factor” yang makan serangga hidup, atau torpedo banteng secara mentah.
    yaiks๐Ÿ˜•

    terima kasih dan mohon maaf๐Ÿ˜ฎ

  8. Terimaksih sudah membagi info. Memang budaya luar berbeda. Gurita serig saya makan – ditumis dulu tentunya – gak kebayang harus makan mentah.
    Omong-omong soal budaya, dalam episode fear factor pernah ada sajian yang menjijikkan bagi orang ‘bule” sana yakni … menyantap durian!! Pesertanya banyak yang muntah2 lho.

    • Hahaha… durian is my favorite fruit tuh…๐Ÿ™‚
      Wew… jangankan bule, teman saya dari kampung juga nggak bisa makan durian… ๐Ÿ™‚

  9. Berkunjuung.
    Hu um euy,
    0rang k0rea maem na aneh2. Kdg sk bgung liat mrEKa kykx niKMatin bget.. Hehe.. S0AL memasUKan mkanan, segeDe papun uKUranx, saia sUKa niru. Liadx lucu. Hehehe.

    Lam knAL.
    Tker link b0Leh?

    • Hehe…
      Kalo nyuapnya gede2 ‘kan susah ngunyahnya tuh…๐Ÿ™‚

      Okeh… kita tukeran link…๐Ÿ™‚
      Salam kenal juga… makasih udah mampir kesini…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s