Belajar Membuat Tteobokki (떡볶이)

Tteokbokki (떡볶이) adalah salah satu jenis jajanan Korea. Bagi yang pernah nonton drama Korea pasti pernah melihat tteokbokki yang biasanya banyak dijual di pinggir-pinggir jalan atau di rumah makan. Katanya sih rasanya pedas-pedas asem, karena masakan Korea cenderung pedas. Jajanan ini terbuat dari tepung beras, berbentuk batang, yang dipadukan dengan saus pedas. Biasanya dijual dalam porsi kecil berupa piring kecil atau cup.

Gambar dari sini.

Di kotaku nggak ada resto Korea, walaupun (misalnya) ada, biasanya harganya mahal-mahal dan gak terjamin halal. So, aku memutuskan belajar membuat sendiri jajanan ini. Ada beberapa teman blogger yang pernah membuat postingan tentang kuliner Korea, lengkap dengan resep-resepnya. Lumayan, jadi nggak bingung nyari sana sini.

Membuat Tteokbokki

Bahan dasarnya disebut tteok (떡), atau garaetteok (가래 떡), yang terbuat dari tepung beras berbentuk bulat panjang. Resep membuat tteok kuambil dari sini. Thanks to Fauzy Jeossi🙂 Sebenarnya tteok ini ada dijual di supermarket Korea yang menjual pernak pernik khas Korea, adanya di seputaran Jakarta. Namun berhubung diriku berada nun jauh di seberang, jadinya mesti bikin sendiri deh.

Inilah tteok buatanku, setelah memodif sedikit resep diatas.

Resep Tteokbokki. (copas dari Dian ssi)

Bahan:
Tteok/garaetteok
Odeng(eomuk)/fish cake
Bawang bombay (cincang)
Bawang putih(cincang)
Air secukupnya(tteok harus terendam saat dimasak)
Kochukaro(cabe bubuk warnanya merah banget, beda sama cabe bubuk indonesia) atau ganti kochujang(paste cabe, rasanya agak asem pakainya jangan terlalu banyak). Pakai salah satu atau dimix jg boleh tergantung selera,
Minyak wijen
Garam
Gula pasir
Daun bawang(iris agak panjang)

Cara membuat:
Siap kan panci atau wajan, Tumis bawang putih & bawang bombay dengan minyak wijen sampai layu dan harum, lalu siram dengan air secukupnya, tunggu sampai mendidih masukan tteok dan odeng tunggu sebentar baru masukan kochukaro/kochujang, garam, gula pasir minyak wijen secukupnya. Aduk-aduk sampai air mengental masukan daun bawang dan selesai….tteokbokki sudah matang, silahkan makan selagi panas.

________________________

Sepertinya jurus Mbak Sunflo bisa kuterapkan disini🙂 Karena nggak semua bahan lengkap ada di rumahku, jadi kusesuaikan saja resepnya. Tteok-ku sudah siap, odeng/fish cake-nya kuganti empek-empek karena yang ada di rumah cuma empek-empek. Palingan rasanya mirip *sok tau*🙂 Bawang bombay lupa beli, jadinya cuma pakai bawang putih.

Yang jadi masalah adalah sumber rasa pedasnya, kochujang  (pasta cabe) adalah salah satu bumbu khas Korea yang memberi rasa khusus. Tentu saja aku nggak punya kochujang. Kochukaro (bubuk cabe) juga nggak punya. Jadinya kuganti saja dengan bubuk cabe lokal yang kutemukan di minimarket.

So, mulailah diriku memasak tteokbokki ini dengan expectasi yang tinggi bakalan mencicipi suatu jajanan yang amat menggugah selera. Inilah hasilnya… *drum rolls*

Itulah tteokbokki buatanku. Apakah tampak menggugah selera? Mungkin ya, mungkin tidak. Dan bagaimana dengan rasanya?🙄 Aku yakin pastinya beda dengan rasa tteokbokki yang sesungguhnya, lumayan pedas dan tekstur tteok-nya juga lumayan kenyal🙂 Whatever lah, yang penting so far I like it❗

And my next project is… Making Kimchi! Alhamdulillah cara bikin kimchi udah numpuk di harddisk include video pembuatannya. Tinggal nyari yang paling gampang cara bikinnya:mrgreen:

29 thoughts on “Belajar Membuat Tteobokki (떡볶이)

  1. Wah aku salut tenan deh sama yang rajin masak, karena aku sudah lamaaaaaaaaaa banget gak masak, jadi pengeeen…
    Tuh gambarnya kok selintas seperti kolak yah heheheh, tapi tentunya kolak pedas:)…

    • gak rajin2 amat koq… maklum wanita pekerja🙂 (sok) sibuk melulu… Cuma pengen nyobain resep.
      Kalau sausnya pake gula merah, udah persis kolak banget dah…🙂

    • Hehe… Pastinya rasa buatan saya beda dengan yang original…🙂
      Silakan disantap hidangannya… mumpung masih hangat:mrgreen:

  2. Wah keatif abis Mbak membuat sendiri euy,,,jadi ceritanya ini memang Mbak Kakaakin suka banget sama hal yang berbau Korea yawh😉

    Saya minta dipaketin Tteokbokki nya boleh ndak 😀

    • Hehe… sori, Blue
      Nggak bisa dikirim, karena tteokbokki harus dimakan selagi hangat, kalo nggak…bisa2 tteokbokki-nya mengental dan memadat (ntar jadinya seperti puding deh, kalo beku)…:mrgreen:

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s