Haaatchy!!!!

gambar dari sini.

Subhanallah, Allah telah memberikan begitu banyak nikmat kepada kita. Salah satu dari nikmat itu adalah bersin. Apakah sebenarnya bersin itu? Bersin (sneezing) adalah suatu refleks yang menyebabkan adanya semburan udara yang kuat dan tiba-tiba, melalui  hidung dan mulut. Bersin merupakan respon spontan terhadap berbagai rangsangan atau kondisi fisik.

Bersin adalah cara tubuh untuk menyingkirkan sesuatu yang mengganggu pernapasan bagian atas. Proses ini merupakan kondisi yang normal banget dan biasanya nggak dianggap serius. Oiya, binatang juga ada yang bersin loh, seperti anjing dan kucing. Binatang ini kalau bersin, hanya melalui hidung, berbeda dengan manusia yang melalui hidung dan mulut. (jadi ingat kucingku kalau lagi bersin, hidungnya sampai basah🙂 )

Bersin sebenarnya merupakan proses fisik yang kompleks yang melibatkan otak, hidung, mulut dan dada. Hal ini merupakan cara tubuh untuk menyingkirkan benda asing, seperti partikel-partikel debu yang ada di jalan atau di rumah. Bersin juga merupakan gejala dari alergi, flu, pilek dan beberapa penyakit serius.

Proses bersin dimulai saat hidung terpapar rangsangan fisik tertentu, seperti debu dan asap, kemudian rangsangan ini menginformasikan kepada suatu bagian di otak yang disebut pusat bersin (sneeze center) bahwa ada sesuatu yang harus dikeluarkan dari rongga hidung. Otak mengirimkan pesan ke beberapa kelompok otot yang berbeda. Otot-otot ini harus berkontraksi sesuai urutannya agar bersin terjadi. Otot-otot dan urutan kontraksinya adalah sebagai berikut:

  • Otot abdomen
  • Otot dada
  • Diafragma
  • Otot pita suara
  • Otot belakang tenggorokan
  • Otot kelopak mata (mata spontan tertutup saat bersin)
Bersin mungkin harus lebih diperhatikan jika disertai dengan gejala lain. Gatal-gatal, sesak napas, mengi, sesak napas dan mata gatal yang terjadi bersama bersin mungkin menunjukkan kondisi medis yang memerlukan pemeriksaan. Pasien diberikan dorongan untuk memeriksakan diri ke dokter. Apalagi kalau bersinnya sering plus hidung meler nggak ketulungan…😆
Karena postingan ini tentang bersin, sekalian aja deh kumasukkan tentang adab bersin bagi muslim.
Adab Bersin. Ketika bersin hendaknya kita:
  • Merendahkan suara
  • Menutup mulut dan wajah
  • Tidak memalingkan leher
  • Mengeraskan bacaan hamdalah walaupun dalam keadaan sholat.
Islam adalah agama yang sangat indah, dan salah satu keindahan agama ini adalah memperhatikan keadilan dan memberikan hak kepada sang pemiliknya. Salah satu hak yang harus ditunaikan oleh seorang muslim dan muslimah kepada muslim dan muslimah yang lain adalah ber-tasymit (mendoakan orang yang bersin) ketika ada seorang dari saudara atau saudari kita yang muslim bersin dan ia mengucapkan ‘alhamdullillah’.
Ketika ada seorang muslim bersin di dekat kita, lalu dia mengucapkan “alhamdullillah,” maka kita wajib mendoakannya dengan membaca “yarhamukallah” (semoga Allah merahmatimu). Hukum tasymit ini adalah wajib bagi setiap orang yang mendengar seorang muslim yang bersin kemudian mengucapkan “alhamdullillah.” Setelah orang lain mendoakannya, orang yang bersin tadi dianjurkan untuk mengucapkan salah satu doa sebagai berikut:
– Yahdikumullah wa yushlih baalakum (mudah-mudahan Allah memberikan hidayah kepada kalian dan memperbaiki keadaan kalian).
– Yaghfirulahu lanaa wa lakum (mudah-mudahan Alah mengampuni kita dan kalian semua).
– Yaghfirullaah lakum (semoga Allah mengampuni kalian semua).
– Yarhamunnallah wa iyyaakum wa yaghfirullaahu wa lakum (semoga Allah memberi rahmat kepada kami dan kamu sekalian, serta mengampuni kami dan mengampuni kalian).
– Aafaanallah wa iyyaakum minan naari yarhamukumullaah (semoga Allah menyelamatkan kami dan kamu sekalian dari api neraka, serta memberi rahmat kepada kamu sekalian).
– Yarhamunnallah wa iyyaakum (semoga Allah memberi rahmat kepada kami dan kepada kalian semua)
Sedih juga sih, bila kita bersin di tengah orang banyak dan mengucapkan hamdalah, namun tak ada seorangpun yang menjawab kita. Maklum sih, mungkin lupa atau belum tau. Trus kalo sudah begini, harus ngapain ya?? Diberi tau atau dibiarkan begitu saja? Jadi bingung.
Memang terkadang ada orang yang mengetahui adab saat bersin, namun tidak mengamalkannya. Semoga kita tidak termasuk orang yang demikian. Mudah-mudahan Allah mengampuni kita semua…
credit : yourtotalhealth.ivillage.com
muslimah.or.id

11 thoughts on “Haaatchy!!!!

  1. Mungkin saya kurang banyak tahu aja ya…
    Sering kali klo pagi aku ‘ menantang’ matahari langsung, dengan harapan bisa bersin, karena memang habis itu terasa nikmat.
    Namun sering kali bersin itu juga menjadi tanda akan sakit flu ato demam. Yang ini gimana Akin ssi..

    • Iya sih, biasanya diawali dari bersin dulu yang menandakan ada benda asing (virus) masuk ke hidung. Kalo memang daya tahan tubuh sedang lemah, jadinya lanjut deh terinfeksinya…🙂

  2. Bersin juga mungkin salah satu nikmat yang diberikan Allah Swt… agar terjadi proses pembersihan hidung melalui pengeluaran sesuatu dari hirung… kali yah…..eh….eh…eh
    Apa khabar Akin… Lebaran kemaren kemane aje???
    Salam Hangat

  3. Pa Agus.. Apa kbr jg? Saya sih alhamdulillah baik2 aja dan spertinya tambah melar krn kluarga dari ujung ke ujung dikunjungi smua… Ditambah lagi, msh banyk kue kering d rmh…

    • Alhamdulillah…hasil copas juga, tuk melengkapi bahasan.
      Terimakasih atas kunjungannya ke blog saya yang sangat sederhana ini, dan terimakasih jg telah sudi bertukar tautan dg saya.
      Salam Kenal…🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s