Asian Food Channel is Yummy :P

Bagi penggemar kuliner, biasanya program tv favoritnya adalah mengenai makanan. That’s me🙂 . Aku sangat menyukai tayangan mengenai kuliner, suka resep-resep baru, melihat cara orang memasak, mengetahui berbagai jenis bahan makanan, walaupun belum tentu aku akan mempraktekkannya kelak😆

Di salah satu saluran tv berlangganan, ada sebuah chanel yang menayangkan tentang kuliner yang berasal dari berbagai negara di penjuru dunia. Namanya adalah Asian Food Channel (AFC ).

Afc full

Saat melihat chef-chef di AFC itu beraksi, kadang terkagum-kagum sampai terpesona *lebay*🙂 Misalnya saat membalik atau mengaduk masakan yang ada di wajan, mereka tidak memerlukan spatula. Biasanya mereka akan menggerak-gerakkan wajan, yang menurutku lebih ringan menggerakkan spatula daripada harus mengangkat wajan :P

Beberapa chef favoritku :

Chef Michael Smith yang membawakan program Chef at Home. Acaranya keren banget. Gayanya memasak yang kalem dan nyantai, setting dapurnya juga lengkap dengan berbagai bahan makanan dan peralatan masak yang komplit. Kalimatnya yang paling kuingat adalah “…my recipe is cooking without recipe…”. Memang bahan yang digunakannya nggak pake timbangan, hanya dikira-kira saja. Mungkin dengan menggunakan satuan “a splash of…” atau “a little bit of…” atau “a cup of…” dll. Di acara Chef at Home, Mr. Smith ini berusaha menampilkan resep masakan yang praktis, variatif dan sehat untuk keluarga.

Chef Robert Rainford pada acara Lisence to Grill. Namanya juga Grill, jadinya resepnya adalah tentang panggang-panggangan. Bumbu yang dipakai biasanya hanya taburan-taburan gitu. Misalnya pada sepotong daging yang akan di-grill, dia akan menaburkan garam, lada, bubuk cabe dll. Atau bila harus di-marinade, biasanya dia akan memasukkan bahan yang akan dipanggang ke dalam kantung plastik klip besar, kemudian satu persatu bahan bumbu dimasukkan, seperti garam, lada, bubuk cabe, daun ketumbar, olive oil, air jeruk lemon dll, kemudian plastik ditutup lalu di remas-remas sambil mengucapkan “…moosh…moosh…moosh… in to the fridge…” dan kantung tersebut dimasukkan ke dalam kulkas untuk beberapa jam agar bumbu meresap. Aku dan temanku memberi ‘gelar’ chef ini ‘Pa’de Mus-mus”😆

Chef Wan yang membawakan From Garden To the Kitchen. Chef dari negara tetangga ini terkadang kocak dalam membawakan programnya, dengan bahasanya yang MalayEnglish, dia sering membuat lelucon sambil memasak.

Di AFC terdapat banyak lagi acara menarik yang dibawakan oleh chef-chef profesional. Misalnya untuk masakan Perancis ada program Fench Food at Home, masakan Filipina pada Tablescape, masakan China yang dibawakan oleh Chef Martin Yan dll. Bagi yang pengen tau tempat makan di negara tetangga, bisa dilihat di acara Makan King, banyak juga koq tampat makan yang halal.

Nonton acara masak-masakan dari luar negri ini ternyata juga bisa menambah kosakata (Bahasa Inggris), apalagi bagiku yang (agak) malas membuka kamus tuk menambah perbendaharaan kata di bidang kuliner. Bagi yang berlangganan Indovision, bisa menyaksikan AFC ini dan memantau jadual acaranya. Bahkan resep-resep yang ditayangkan juga bisa didapatkan loh. Log on aja ke websitenya di www.asianfoodchannel.com.🙂

7 thoughts on “Asian Food Channel is Yummy :P

  1. Assalamu’alikum,
    Saya jarang nonton acara tersebut, karena lebih suka HBO. Masakan luar biasanya lebih sedikit bumbunya ketimbang makanan khas Indonesia, tapi mungkin itu juga yang membaut makanan khas Indonesia jadi sangat enak rasanya. (Dewi Yana)

    • Waalaikumsalam…
      Wah, saya malah ga suka nonton HBO🙂
      Iya tuh, makanan luar (barat) cenderung simpel bgt, untuk masak daging aja kadang cuma ditaburin garam dan lada doang… gmana rasanya ya???

    • Iya… Indonesian food memang paling top. Cuma senang lihat2 chef yang keren2 itu…🙂
      Saat mulai nonton AFC, saya baru tau kalau bahasa Inggrisnya sereh itu adalah lemon grass..😆

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s