Kue Ramadhan

DSC01424Ramadhan datang dan hampir di setiap sudut kota terdapat pasar Ramadhan yang menyediakan berbagai makanan untuk berbuka. Harga sembako yang mulai melambung juga mempengaruhi harga makanan yang dijual. Dari pada beli mahal-mahal, mendingan bikin sendiri.

Nah, aku mau share dua resep kue favoritku, sejenis kue talam, kue khas Ramadhan yang banyak dijual di kotaku. Ada beberapa alasan mengapa aku menyukai kue ini. Yang pertama adalah rasanya yang enak (menurutku loh…), yang kedua adalah cara memasaknya dikukus, maklum aku belum punya oven🙂 Yang ketiga adalah karena resepnya yang suka-suka, nggak pake timbangan, lagi-lagi karena aku nggak punya…😉 Warning: dua resep di bawah ini kupelajari dari tetangga-tetanggaku, karena sekitar daerahku banyak yang bersuku Bugis dan suku Bugis terkenal dengan kue-kue manisnya, jadi rasa kue-kue di bawah ini amat sangat manis😛

1. Mandapa. Mmmm… banana lover…

DSC01420 Bahan-bahan:

  • 1 sisir pisang kepok
  • ± 100 cc santan kental
  • ± 100 gr gula pasir
  • 1 butir telur ayam
  • sedikit garam

Cara membuat :

  1. Kupas pisang, buang bagian tengahnya. Lumatkan pisang, bisa dengan cara ditekan-tekan atau bila menginginkan tekstur yang lebih lembut, pisang bisa diblender.
  2. Tambahkan santan, gula, telur dan garam. Aduk hingga rata.
  3. Masukkan ke dalam loyang yang telah dioles minyak goreng. Kukus hingga matang.

Keterangan: bagi yang tidak menyukai rasa yang terlalu manis, pemberian gula bisa dikurangi karena rasa pisang itu sendiri sudah manis. Bagi yang menginginkan tekstur yang lebih keras, bisa ditambah ± 2 sdm tepung terigu (tapi rasanya nggak original pisang lagi dong…🙂 )

Oiya, kue pisang ini juga ada versi lain. Namanya: babongko. Bahan dan cara pembuatan sama dengan mandapa, hanya saja babongko ini dibungkus daun pisang, jadi aromanya lebih…hmmm…😉

DSC01421

2. Bingka Telor. Maknyusss…

DSC01423

Bahan-bahan :

  • 1 cup telur ayam
  • 1 cup santan kental
  • 1 cup gula pasir
  • sedikit garam
  • pandan pasta secukupnya

Cara membuat :

  1. Kocok gula dan telur hingga larut, tidak perlu hingga mengembang.
  2. Tambahkan santan, garam dan pandan pasta.
  3. Masukkan ke dalam loyang yang telah diolesi minyak goreng, kukus hingga matang.

Keterangan: Untuk mendapatkan tekstur yang lebih keras, bisa ditambahkan 1-2 sdm tepung terigu. Perbandingan bahan telur, santan dan gula adalah 1:1:1.

Kedua jenis kue diatas memang sarat gula dan lemak dari santan kelapa. Jadi, biasanya setelah bulan Ramadhan berakhir, berat badanku bukannya menurun, tapi akan bertambah🙂

So, happy trying…. 화이팅…

12 thoughts on “Kue Ramadhan

  1. wah maunya diet kok tambah … Tapi nggak usah ditanya atau suruh mencoba, pokoknya 98 % saya pasti suka kue itu.. yang binka itu pasti yang orang jawa bilang wingko itu ya..? kaya’ apem gitu..

    • Susah sih… Kalo di rumah, saya bertugas sebagai orang yang paling bertanggung jawab, maksudnya bertanggung jawab menghabiskan makanan yang masih ada…😆
      Kue bingka di Kalimantan beda banget dengan wingko atau apem dan bingka itu ada berbagai jenis selain bingka telor, antara lain bingka kentang yang mirip dengan kue lumpur, bingka gula merah warnanya coklat.

  2. Dimana-mana pasti ada saja jajanan Ramadhan ini nongol.
    Mulai dari Aceh s/d Ambon… juga tak kalah di sini di Kupang
    ada banyak juga Kang dan Neng Dagang kue bermunculan.. terpaksa dech merogoh kocek tuk beli kue buka puase, sekalian ngidupin perekonomiannya pada pelaku UKM
    Selamat Berpuasa.

    Salam Hangat

    • Bener banget,pak. Dimana-mana ada jajanan yang khas Ramadhan sekaligus khas daerah setempat. Perlu budget gedhe tuk mencicipi penganan ini setiap harinya, apalagi harga sembako naik melulu… jadi harga jajanan ikut2an naik juga…😦

  3. wah ramadahan tgl beberapa hr lg!gmn cr kakak untuk menyambut dtgnya hari bulan puasa ini yg penuh berkah dan indah?SELAMAT MENUNAIKAN IBADAH PUASA DGN SENANG HATINYA!!!!!!!!JGN LUPA JAJANAN RAMADHAN KALI INI PASTI LBH ENAK DR YG DULU,BAHKAN SGT,SGT ENAK……………

  4. kok ak liat di tv resep babongko nya beda ya?? mbk farah resepny dri tepung beras,santan,gula jawa dibungkus am daun pisang

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s