Warna Warni Agustus

DSC01377

Umbul-umbul sudah banyak menghiasi Kota Samarinda sejak memasuki bulan Agustus, bulan tuk merayakan Hari Kemerdekaan RI. Selain merupakan instruksi dari pak erte ( bisa saja pak erte juga dapat edaran dari walikota… :P), kemeriahan bulan Agustus akan berkurang rasanya bila tidak dihiasi umbul-umbul atau bendera disana-sini. Bahkan ada di beberapa ruas jalan, pohon-pohon yang berada di tepi jalan dililiti kain merah putih.

Alhamdulillah Indonesia sudah merdeka dan sudah sangat sering dibahas dimana-mana, apa sebenarnya makna “kemerdekaan” itu dan jawabannya sangat beragam. Tapi disini aku tidak akan membahas apa makna kemerdekaan. Aku hanya berusaha menampilkan apa yang benar-benar ada di sekitarku saat ini, di kotaku, di era kemerdekaan ini.

Hujan yang mulai mengguyur Kota Samarinda, seperti biasa menimbulkan efek banjir pada beberapa ruas jalan ibu kota propinsi Kaltim ini. Tak ketinggalan di dekat tempat tinggalku, banjir menjadi hal yang sangat lumrah.Foto tanggal 12 Agustus 2009.

DSC01383 DSC01379

Bagi yang sangat gemar menyalah-nyalahkan, pasti akan sangat dapat menjelaskan riwayat atau proses terjadinya banjir. Pemikiran mereka pasti akan mengerucut dan menunjuk pada satu atau dua oknum yang dianggap paling berdosa dalam menimbulkan peningkatan banjir di Samarinda. Namun apalah gunanya, karena tetap saja tak ada solusi yang diberikan, dan banjir tetap terjadi bila hujan turun.

Di sore harinya, di lokasi yang tidak terlalu berjauhan, yaitu di Stadion Madya Sempaja, dilangsungkan pembukaan pameran pembangunan yang rutin diadakan setiap memperingati hari kemerdekaan. Istilah pameran pembangunan rupanya beberapa tahun terakhir perlahan-lahan hilang dan digantikan dengan istilah yang dianggap lebih keren yaitu “Kaltim Expo” 2009.

DSC01396 DSC01397

Acara pembukaannya diawali dengan suguhan tarian dayak (apa namanya ya??? *lupa mode:on* pelajaran esde nih).  Sebenarnya yang dipamerkan sama saja setiap tahunnya, yaitu perwakilan dari kantor-kantor pemerintah maupun swasta, serta perwakilan dari kota dan kabupaten se-Kaltim. Tak lupa beberapa stand menyertakan produk-produk UKM. Ruangan expo merupakan sebuah tenda raksasa dengan hembusan AC di setiap sudutnya. Sementara di luar tenda expo, pengunjung dapat membeli berbagai barang-barang yang dijual oleh pedagang, mulai dari buku, pakaian, mainan anak-anak, hingga makanan khas Betawi “Kerak Telor” juga banyak ditemukan, tapi mahhall… Rp 15.000 setiap buahnya.

Salah satu stand yang aku kunjungi adalah stand “Borneo Delight”. Borneo Delight adalah produk berbahan dasar udang yang diolah menjadi berbagai macam penganan, antara lain lumpia udang, shrimp money bag, shrimp ball dll.

DSC01390 DSC01392

Yang membanggakanku adalah produk ini dibuat di perusahaan PT. Syam Surya Mandiri yang tidak jauh dari kotaku, dengan berbagai sertifikat yang pernah mereka dapatkan. Menurut yang kudengar, udang segar yang dihasilkan oleh perusahaan ini telah menjadi komoditi ekspor sejak bertahun-tahun yang lalu. Informasi tentang perusahaan ini bisa diakses lewat website-nya di www.syamsurya.co.id.

4 thoughts on “Warna Warni Agustus

  1. Merdeka…!!! banjir…!!!…
    Asyik….bisa nonton pameran sambil naik perahu ya ceritanya
    Kaltim sering banget ada expo ya… bagus sekali .. hebat untuk Kaltim, merdeka untuk RI…
    Merdeka….!!

  2. Syukur2 ga sampe ke lokasi pameran banjirnya…🙂
    Emang sering banget exponya, stadion Sempaja dekat dg tempat tinggal saya dan langganan jadi lokasi pameran. Walopun yang dipamerin ‘itu-itu’ aja, tetap aja saya senang mlihatnya. Dan tak ketinggalan: mengumpulkan brosur apa aja yang dipamerkan…🙂 like it.

  3. Mungkin sudah saatnya dipikirkan oleh yang berkompeten dan berwenang bagaimana caranya kita bisa merdeka dari banjir ya.

    Mudah-mudahan tahun depan, sebagian wilayah yang tahun-tahun sebelumnya terjajah , sudah merdeka ya🙂

    • Susah juga sih… di Samarinda hujan 1-2 jam aja udah bs bikin banjir, walopun sungai lagi kering kerontang. Ketahuan deh paritnya yang tersumbat😦
      Btw…siapa sih yang berkompeten?? Koq sampe sekarang belum nongol2 juga…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s