Sepintas Tentang Menstruasi

Tulisan ini untuk memenuhi request dari temenku, cowok, yang penasaran banget sama menstruasi😛 Kok penasaran banget ya??? Ada apa nih???😀

Memang sih, bagi orang awam agak susah dipahami proses apa yang terjadi pada tubuh wanita yang datangnya setiap bulan itu. Jadinya kuputuskan daripada diriku menjelaskan sampe belepotan, mendingan kutulis aja disini penjelasan tentang menstruasi dan (kucoba) sesederhana mungkin. Hitung-hitung sekalian review juga sih, karena sekian lama bekerja di klinik, jarang buka-buka buku lagi otak jadi karatan deh…😦

So, kegiatan bongkar-membongkar lemaripun dimulai. Mencoba mencari bahan untuk ditulis, dan memang debunya seabreg-abreg (untung ga punya penyakit asma).  And here it comes…. jeng..jeng… (drum rolls…) *lebay mode: on*. Caution: muhun maap kalau (ini cuma kalau) ada kata-kata yang dianggap pulgar, memang disengaja, namanya juga membahas tentang menstruasi dan wanita…

Menstruasi merupakan suatu proses keluarnya darah dari lubang vagina yang akan terjadi setiap bulan. Menstruasi terjadi akibat keluarnya sel telur yang tidak dibuahi sperma serta bercampur dengan terkelupasnya selaput dinding rahim dan darah. Darah itulah yang disebut darah menstruasi. Namun bila sel telur telah mengalami pembuahan oleh sel sperma, maka sel telur tersebut akan menempel di dinding rahim dan terjadilah kehamilan.

Jika ada anak perempuan yang tidak mengalami masa menstruasi sejak masa pubertas hingga dewasa, diduga penyebabnya adalah adanya gangguan atau kerusakan genetik. Kelainan ini hanya bisa didiagnosis oleh ahlinya. Apakah laki-laki bisa mengalami menstruasi? Tentu tidak, karena laki-laki tidak memiliki rahim serta hormon-hormon yang mendukung terjadinya menstruasi.

Sejak memasuki masa pubertas, anak perempuan mulai mengalami menstruasi yang juga berarti organ seksualnya sudah mulai matang dan dapat berfungsi sebagaimana mestinya. Menstruasi yang pertama kali ini disebut menarche. Siklus menstruasi setiap perempuan tidak selalu sama. Sejak hari pertama mulainya menstruasi ke menstruasi bulan berikutnya dapat terjadi setiap 26-30 hari, bahkan ada kemungkinan sampai 40 hari. Siklus ini tidak dapat dikendalikan oleh siapapun dan pada saat kapanpun. Seseorang hanya bisa memperkirakan kapan menstruasinya akan datang. Masa menstruasi seseorang pada umumnya terjadi 4-7 hari. Biasanya akan ada keputihan pada sekitar 3-4 hari sebelum dan 3-7 hari sesudah menstruasi.

Banyak perempuan yang pada waktu menjelang atau selama menstruasi, mengalami kekakuan atau kejang di bagian bawah perut. Kejadian ini disebut premenstrual syndrome atau dysmenore. Rasanya sangat tidak menyenangkan, seperti mudah marah, gampang tersinggung, mual, kembung, nyeri punggung, sakit kepala, timbul jerawat, tegang, lesu dan kadang-kadang depresi. Biasanya gejala ini datang sehari sebelum masa menstruasi dan berlangsung selama 2 hari bahkan hingga berakhirnya masa menstruasi. Stress ini disebabkan oleh ketegangan fisik dan mental yang dialaminya. Perempuan yang tidak mengalami dysmenore adalah normal.

Sampai sekarang, gejala tersebut belum dapat ditemukan penyebabnya. Namun kemungkinan penyebab yang masuk akal adalah aliran darah yang kurang mencukupi sehingga menimbulkan kekakuan pada otot rahim, atau kurangnya vitamin, atau meningkatnya kadar hormon dan rendahnya kadar gula. Gejala yang timbul menjelang dan selama menstruasi ini kemungkinan dapat sembuh atau hilang sama sekali jika seseorang telah melahirkan.

Pengobatan dysmenore tidak perlu dilakukan, cukup dengan olah raga ringan dan makan makanan yang bergizi. Jika memang diperlukan, obat pereda rasa sakit dapat diminum. Jika rasa sakitnya menghebat, sebaiknya berkonsultasi ke dokter.

Untuk detail proses hormonal terjadinya menstruasi, bisa dibaca disini.

Credit: Pendidikan Seks Untuk Remaja, Ajen Dianawati, Kawan Pustaka, 2003

8 thoughts on “Sepintas Tentang Menstruasi

  1. akin, sering2 bongkar bukunya donk…terus ditulis di sini, jadi biar semua orang nambah ilmu😀

    oya, tips buat perempuan yang sering kejang perut, hindari makanan yang manis2 (misal coklat) menjelang atau selama menstruasi, tapi perbanyak buah-buahan. aku pernah baca artikel ttg hal tsb.

    btw, di korea aku sering mencegah & mengobati kejang perut saat menstruasi pake radish pickle lho… soalnya di sini ngga da kunyit asam yang biasanya efektif juga mencegah kram perut😉

  2. Hehe…insya Allah mdh2an ada bahan lagi…🙂
    Thanks tuk tambahan tipsnya, saat menstruasi memang perlu banyak vitamin n mineral karena banyak darah yang keluar.
    Alhamdulillah nih sy ga ada kluhan stiap waktunya. Biasanya ‘kan di INA banyak tuh merek2 minuman botolan yg praktis tinggal minum, tp tau dari mana onnie klo radish pickle itu bs mencegah kram perut? Apa itu resep tradisionalnya Korea ya??

  3. tentang radish pickle, pengalaman pribadi aja kin…
    waktu itu aku kram perut, uh sakit banget. trs krn ngga ada kunyit asam & aku ngga mo makan obat pereda sakit, aku makan radish pickle aja banyak2. eh…alhamd sembuh!
    pickle kan mengandung asam laktat, karena fermentasi laktobasilus. wow! makanya orang korea sehat2, soalnya makannya kimchi&pickle setiap habis makan, udah gitu minuman ginseng dimana2 gampang ditemukan😀

  4. wah.. tambah pelajaran….
    oya.. katanya orang hamil ato KB jenis tertentu itu tidak menstruasi.. terus kemana ya… apakah tidak jadi berbahaya… karena pandangan umum klo darah haid itu darah kotor.. mohon penjelasannya ya bu..

  5. @yani onnie: memang makanan korea menyehatkan ya… Tapi, tema drama korea yang dulu2 tuh keseringan leading actress-nya mati karena penyakit berbahaya…😀 Sampe2 sempet mikir, apa orang korea penyakitan ya?? eh…ternyata, sayanya yg terlalu naive…😆
    @ Fauzy Jussi: orang hamil memang ngga’ haid, krn di dinding rahim sudah tertanam hasil pembuahan. Untuk KB, biasanya yg suntik 3 bulan, ibu ga pernah haid sama sekali. Ga masalah kalo ga haid, karena aktifitas hormonnya udh diatur.
    Dalam kondisi normal, pada setiap masa subur wanita, dinding rahim akan menebal sebagai persiapan kali’2 aja ada hasil pembuahan yang nempel. Kalo ga ada hasil pembuahan yang nempel, jadinya dinding rahim bagian dalam itu meluruh, disertai dengan darah (karena memang banyak pembuluh darah di daerah situ), Itulah yang disebut haid, bukan darah kotor sbenarnya. Semua proses ini diatur oleh hormon. KB hormon itu ‘kan bertujuan untuk sedemikian rupa mengatur aktifitas hormon dalam tubuh, termasuk hormon yg berperan dlam pengaturan haid. Artinya ‘kan, kalo ga haid brarti rahim ga subur (dinding tdk menebal), so… ga ada tempat untuk hasil pembuahan nempel dong…so, ga hamil deh…(insya Allah)
    Oiya, klo dinding rahim tidak menebal, tidak ada peluruhan, pendarahan, jadi ga haid deh. Kira2 begitulah…
    Tapi, teteup KB hormon ada resikonya, daftarnya puanjang banget… ngeri juga kalo baca brosurnya.
    Hehe…ko’ saya jadi pujangga…

  6. Bu, dalam sebulan saya bisa mengalami menstruasi sebanyak 2x. Sepertinya ga normal banget. Apa sih penyebabnya? Cara mengatasinya gimana?

  7. First, saya bukan expert di bidang ini ya…
    Yang saya tau, ada beberapa penyebab haid tidak teratur, siklus pendek atau panjang, antara lain stress dan masalah hormonal. Stres, baik stres fisik maupun mental terkadang mengganggu sistem yang ada di tubuh. Teman saya ada yang pernah tidak haid selama 3 bulan karena banyak tugas kuliah. Penyebab stresnya harus dihilangkan dulu.
    Untuk masalah hormonal, silakan konsul ke dokter. Biasanya akan diberikan terapi sesuai dengan hormon apa yang kurang atau tidak seimbang.
    Oiya, kadang bila terlalu gemuk atau terlalu kurus juga bisa berpengaruh loh…
    Mudah-mudahan bisa membantu…🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s