Kisah-kisah Shahih

DSC01289

Judul Buku : Ensiklopedia Kisah Shahih Sepanjang Zaman

Penulis        : DR. Umar Sulaiman Abdullah Al-Asyqar

Penerbit    : Pustaka Yassir Surabaya

Beberapa waktu yang lalu, pas aku lagi ke toko buku, nemu buku “Ensiklopedia Kisah Shahih Sepanjang Zaman”  ini. Alhamdulillah, karena kemarin memang niat mau mencari buku tentang sejarah dan kisah-kisah teladan. Ceritanya mau refresh nih, takutnya ntar malu sama anak temen yang masih SD, dia banyak tau kisah-kisah teladan dari ustazahnya. Lah diriku, sudah tahunya dikit aja, ditambah pake lupa lagi.

Sejarah merupakan pelajaran yang sangat berharga. Kisah-kisah yang terjadi di masa lalu bisa menjadi tuntunan bagi kita dalam menjalani hidup, tentu saja harus diambil yang baik-baiknya saja dan membuang yang jelek-jeleknya. Bagi umat Islam, Al-Qur’an telah menceritakan banyak peristiwa yang dapat diambil hikmahnya. Namun selain kisah-kisah yang terdapat dalam Al-Qur’an, terdapat juga kisah-kisah yang disampaikan oleh Nabi Muhammad SAW melalui hadist-hadist beliau.

Buku ini insya Allah merupakan kumpulan kisah-kisah yang berasal dari hadist Rasulullah SAW, yang tidak termuat dalam Al-Qur’an. Namun ada juga kisah yang telah disinggung Allah sedikit di dalam Al-Qur’an dan terdapat penjelasan panjang lebarnya pada hadist.

Banyak kisah yang sering kita dengar baik tentang nabi, orang mukmin maupun orang durhaka, yang terkadang sudah dibumbui masako supaya sedap didengar, bahkan kadang cenderung lebay sampai-sampai dalam hati bakalan bertanya-tanya, ” nih cerita, emang beneran ada apa engga’ sih???” Nah, dengan membaca buku ini insya Allah akan lebih jelas, karena setiap kisah diikuti dengan teks hadist, penjelasan hadist, takhrij hadist dan bahkan faedah-faedah hadist.

Salah satu kisah yang ada di buku ini adalah tentang tiga orang yang terjebak di dalam goa (pasti pernah dengar ‘kan?). Tiga orang ini masuk ke dalam goa untuk berteduh, namun tiba-tiba sebuah batu besar  menggelinding dan menutup mulut goa. Kemudian masing-masing menyebutkan amal shalih yang pernah diperbuatnya hanya karena Allah, ditambah lagi do’a kepada Allah agar diberikan jalan keluar atas masalah yang dihadapi.

Bagi yang ingin membeli buku ini online, bisa kllik disini.

3 thoughts on “Kisah-kisah Shahih

  1. Assalamu Alaikum wrwb.

    Salam kenal. Buku Kisah Shahih Sepanjang Masa bisa dibeli di toko buku mana yach, di Jakarta. Saya pernah punya buku ini (yang saya beli di Masjid At-Tin, Ramadhan lalu), namun saat ke Honggkong, Buku tersebut diminta teman saya. Karena ga bisa nolak, ya saya kasih aja.

    Makanya saya pengen banget beli lagi, tapi di mana? Yang biasa jualan buku di At-Tin udah ga ada lagi.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s