Susu Bubuk Diganti Abu Gosok???

Ada-ada saja cara yang dilakukan orang untuk menipu.  Penipuan yang berkaitan dengan kemasan produk yang bersegel telah marak terjadi. Seperti beberapa waktu lalu ada teman om saya yang mendapatkan selembar kertas dari dalam kemasan detergen. Kertas tersebut memberitahukan bahwa ia telah mendapatkan sebentuk hadiah dan sebuah nomor telepon. Saat nomor tersebut dihubungi, teman om saya disuruh ke ATM untuk mengeluarkan sejumlah uang dengan dalih sebagai biaya pajak undian dll. Belakangan baru disadari bahwa hal tersebut hanyalah tipuan belaka, karena sebelumnya telah merasa sangat yakin bahwa undian tersebut asli, kertas pemberitahuanpun didapat dari kemasan yang tertutup rapat. Akhirnya uang raib, hadiah juga tidak didapat.

Hal yang agak berbeda terjadi sekitar dua hari yang lalu, namun hal ini juga berkaitan dengan kemasan suatu produk. Pada hari Rabu (13/05) di Balikpapan ditemukan susu yang dipalsukan. Dari luar kemasan kotak susu tersebut tampak rapi, namun saat kemasan dibuka tampak lakban tertempel pada bagian dasat kotak untuk merekatkan kembali kemasan yang telah terbuka. Sementara itu isi susunyapun telah diganti dengan abu gosok dan beras ketan. Ternyata kejadian ini bukan yang pertama kali. Sebelumnya juga telah terjadi hal serupa, bahkan selain abu gosok kemasan juga diisi dengan biji besi dan engsel pintu.

Kasus pemalsuan susu ini telah diselidiki oleh Polsekta Balikpapan Utara. Disinyalir seorang pembeli yang telah menukarkan isi susu tersebut setelah berdalih “salah beli” kepada pemilik toko.

Semoga tindakan pemalsuan ini tidak akan terjadi lagi, karena akan sangat merugikan masyarakat, apalagi targetnya adalah produk susu yang biasa dibeli oleh orang tua untuk anak-anaknya.

Untuk para konsumen diharapkan agar berhati-hati dalam membeli barang, baik di swalayan maupun di toko-toko kecil. Selain memperhatikan tanggal daluwarsanya hendaknya setiap kemasan dicermati saat membeli, apakah ada cacat atau hal-hal aneh lainnya dan jangan mudah percaya atas pemberitahuan hadiah yang ada, bila perlu lakukan konfirmasi terlebih dahulu.

credit : Pos Metro Balikpapan Online

One thought on “Susu Bubuk Diganti Abu Gosok???

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s