Pandemik Terparah Sepanjang Sejarah

Heboh masalah influenza A (flu babi) hingga kini masih banyak dibahas di berbagai media, karena flu ini dianggap telah banyak memakan korban di negara asal penyebarannya, Meksiko dan telah tersebar ke beberapa negara lain di seluruh dunia. Menurut detiknews, WHO mengeluarkan statement bahwa tidak ada tanda penyebaran flu babi menurun. Hal ini menimbulkan kekhawatiran bahwa pandemik flu burung akan menjadi kenyataan.

Apa yang dimaksud dengan pandemik? Pandemik adalah penyebaran penyakit ke seluruh dunia yang melibatkan wilayah yang luas dan populasi yang besar. Hingga kini di dunia telah tercatat beberapa penyakit yang menelan korban dalam jumlah yang sangat besar. Berikut adalah daftarnya:

1. Smallpox/cacar


Cacar adalah penyakit menular yang khusus pada manusia, yang disebabkan oleh dua jenis virus yaitu Variola mayor dan Variola minor. Pada abad 18 cacar membunuh sekitar 60 juta orang Eropa. Pada abad 20 virus ini menyebabkan kematian sekitar 300-500 juta orang di seluruh dunia. Beberapa penderita yang dapat bertahan akan mengalami kebutaan. Setelah suksesnya kampanye vaksinasi cacar sepanjang abad 19 dan 20, akhirnya pada tahun 1979 WHO menjamin terhapusnya virus Variola dari muka bumi ini.

Smallpox ini harus dibedakan dengan chickenpox (cacar air) yang disebabkan oleh virus Varicella.

2. Spanish Flu (1918-1919)

Membunuh 50-100 juta orang di seluruh dunia dalam kurun waktu kurang dari 2 tahun.

Flu ini versi parah dari flu biasa dengan gejala radang tenggorokan, demam dan sakit kepala. Namun pada beberapa pasien, gejala ini dapat memburuk. Menggigil dan kelelahan yang parah, ditambah dengan penumpukan cairan di paru-paru. Infeksi sekunder yang dapat timbul adalah Pneumonia bakterial yang diperburuk  oleh belum adanya antibiotik pada masa itu, sehingga penyakit ini jadi tak teratasi.

3. Black Death (1340-1771)

Telah membunuh sekitar 75 juta orang di seluruh dunia. Disebut juga Black Plague (wabah hitam).  Penyebarannya dimulai dari Asia Tengah ke arah Eropa sekitar tahu 1340-an. Penyakit ini desebabkan oleh infeksi dari bakteri Yersinia pestis yang disebarkan oleh sejenis kutu. Penyebaran terjadi secara cepat dan diperkirakan membunuh sekitar sepertiga hingga dua pertiga orang Eropa.

Gejalanya dimulai dari sakit kepala hebat. Penderita akan merasa sangat lelah hingga tak mampu berjalan. Setelah sekitar 3 hari, terjadi pembengkakan pada kelenjar limfe daerah ketiak, lipatan paha dan pangkal leher hingga sebesar telur angsa. Jantung memompa darah lebih banyak ke daerah yang bengkak, pembuluh darah kemudian pecah menyebabkan perdarahan luas yang menimbulkan warna kehitaman pada kulit. Jika paru-paru pasien terinfeksi, maka penyakit ini dapat  tersebar ke orang lain melalui udara. Dalam tahap ini penyakit tersebar ke seluruh desa dengan cepat dan penderita kemudian meninggal dalam waktu 1 minggu.

4. Malaria (1600-sekarang)

Membunuh sekitar 2 juta orang setiap tahunnya. Penyakit  ini merupakan salah satu penyakit infeksi yang paling umum dan masalah kesehatan yang sangat besar. Parasit Plasmodium yang ditularkan oleh nyamuk Anopheles betina ini membelah di dalam sel darah merah menyebabkan gejala-gejala antara lain demam, menggigil, mual, gejala flu, anemia, dan pada kasus yang parah akan menimbulkan koma hingga kematian. Malaria ini tersebar luas di daerah tropis dan sub tropis. Yang memperburuk penyakit ini adalah karena biasanya penderita berada di daerah yang sulit untuk menjangkau tempat pelayanan kesehatan,  laporan kasusnya juga tidak terdokumentasi lengkap.

5. AIDS (1981-sekarang)

Telah membunuh 25 juta orang di seluruh dunia. Acquired Immune Deficiency Syndrome (AIDS) adalah penyakit yang disebabkan oleh human immunodeficiency virus (HIV). Hingga kini angka penderita HIV positif telah semakin tinggi, sekitar 40,3 juta orang hidup dengan HIV. Wilayah yang terbanyak memiliki penderita ini adalah sekitar Sahara Afrika, kemudian Asia utara dan Tenggara menduduki posisi kedua. Fakta mengenai asal usul penyebaran AIDS ini masih belum diketahui, meskipun ada yang mengatakan bahwa HIV berasal dari kera di Afrika.

6. Cholera (1817-sekarang)

Pandemik ini telah terjadi 8 kali dan membunuh ribuan orang. Cholera adalah penyakit infeksi pencernaan yang disebabkan oleh enterotoxin yang dikeluarkan oleh bakteri Vibrio cholerae. Penularan ke manusia adalah melalui makanan atau minuman yang terkontaminasi bakteri tersebut. Gejala utama cholera adalah diare yang terus menerus hingga menimbulkan syok hipovolemik (syok akibat kekurangan cairan), penurunan kesadaran dan kematian dapat terjadi dalan 12-18 jam kemudian. Gejala penyerta antara lain: mual, muntah, nadi cepat, kulit kering dan sakit perut.

Pandemik cholera pertama kali ditemukan di India (1816-1826), kemudian menyebar ke China dan Indonesia dimana saat itu 100.000 orang meninggal di pulau Jawa akibat penyakit ini. Pandemik selanjutnya berasal dari beberapa negara antara lain di Eropa Utara, Afrika dan Amerika Utara. Indonesia tercatat sebagai asal dari pandemik ketujuh. Penyebaran terbaru kasus cholera tercatat terjadi di Afrika Utara yaitu sekitar 381 kasus pada bulan Januari 2009 dengan 19 orang meninggal.

Penanganan cholera antara lain dengan rehidrasi oral yaitu pemberian cairan secara oral untuk menggantikan cairan dan elektrolit yang terbuang. Oralit atau larutan gula garam dapat diberikan. Pemberian antibiotik yang sesuai juga diperlukan untuk menghilangkan infeksi.

Semoga kasus influenza A virus H1N1 tidak akan berubah menjadi pandemik seperti penyakit-penyakit yang ada diatas.

kredit: www.impactlab.com

10 thoughts on “Pandemik Terparah Sepanjang Sejarah

    • Mudah2an… mengerikan banget. Insya Allah dengan majunya ilmu pengetahuan dan dunia kedokteran, laju perkembangan penyakit tersebut lebih terhambat…

  1. coba bahas tentang kaknker jaringan lunak tuh..
    pasti lebih bagus lagi….
    tu penyakit yang ada di indonesia pertama kali
    yang baru mengalami anak berusia 14/ 15 tahun.
    nama lainya “rhabdomyosarcoma “

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s