Dedicated for My Mother

Hatiku lagi mellow banget, terenyuh, terdiam, terpana dan ter- ter- yang lainnya. Pasalnya aku lagi denger lagu yang paling membekas di hatiku, judulnya ‘Ibu’ oleh Iwan Fals. Lagu ini memang mengandung makna yang dalam, langsung ingat sama ibu di rumah. Langsung mikir, apa sih yang telah kulakukan selama ini bagi ibuku, pernahkah aku membahagiakan beliau atau malahan aku hanya bisa membuat beliau menitikkan air mata?

Terlebih lagi, sejak SMA hingga kuliah dan sekarang aku sudah bekerja, aku tinggal di rumah keluarga. Aku jadi merasa belum melakukan apa-apa untuk kedua orang tuaku, terutama ibuku. So sad…


Bagi yang belum punya lagunya, klik disini.


Lirik lagu ‘Ibu’ by Iwan Fals

Ribuan kilo jalan yang kau tempuh

Lewati rintang untuk aku anakmu

Ibuku sayang masih terus berjalan

Walau tapak kaki, penuh darah… penuh nanah

Seperti udara… kasih yang engkau berikan

Tak mampu ku membalas…ibu…ibu

Ingin kudekat dan menangis di pangkuanmu

Sampai aku tertidur, bagai masa kecil dulu

Lalu doa-doa baluri sekujur tubuhku

Dengan apa membalas…ibu…ibu….

Seperti udara… kasih yang engkau berikan

Tak mampu ku membalas…ibu…ibu


Kalau dihayati liriknya, bisa bikin nangis bombay. Itu sih bagi yang bisa menghayati betapa perjuangan seorang ibu sedemikian rupa demi anak-anaknya. Apalagi bila kuingat usaha ibuku waktu bapak sudah pensiun dan  terkena stroke, ibu bekerja untuk membiayai kuliahku dan banyak membantu perekonomian saudara-saudaraku. Memang ibuku adalah wanita yang hebat. Bila menilik sepenggal lirik di atas :

“…dengan apa membalas…”

Masing-masing kita pasti punya cara untuk membalas apa yang telah dilakukan ibu untuk kita. Bagiku, jadi anak yang soleh/solehah merupakan jawabannya, karena soleh/solehah itu sendiri mencakup makna yang luas. Bagaimana dengan jawaban Anda???


2 thoughts on “Dedicated for My Mother

Leave a Reply

