If I am loosing you…

Apakah kamu pernah merasa berduka karena kehilangan sesuatu? Aku pernah merasa sedih karena sesuatu yang aku ga tau apa. Setelah kucermati perasaanku saat itu, ternyata aku merasa sedih karena teringat sahabat yang meninggal bertahun-tahun yang lalu. Apakah menurutmu hal terberat dalam hidup adalah kehilangan sesuatu sehingga membuat kamu berduka? Kalau  iya, berarti kita (aku dan kamu-kamu) perlu panduan untuk melalui beberapa tahapan dalam berduka dan  kehilangan ini. Setiap tahapan akan dilalui dalam waktu yang bervariasi bagi setiap orang, ada yang lama dan ada yang sebentar. Tahapan tersebut hanyalah berupa bentuk emosi yang bahkan kadang kita tidak menyadari apa namanya.

(warning: walopun tulisan di bawah ini kaya’ catatan kuliah, insya Allah bakal useful. Suer)

Ternyata tahapan kehilangan itu ada 5 sodara-sodara, yaitu :

1. Denial (penyangkalan).

Biasanya hal pertama yang kita rasakan saat kehilangan adalah MENYANGKAL, bener ‘kan bu… Kata-kata yang sering terdengar misalnya : “ah, ga mungkin deh aku terkena penyakit…” atau ” ga mungkin dia pergi secepat itu…”. Denial adalah normal. Kadang seseorang yang didiagnosis suatu penyakit bakal pergi ke rumah sakit atau dokter yang lain untuk mendapatkan opini yangberbeda, kalo ngga puas, nyari lagi ke tempat lain.

2. Anger (marah)

Tahap kedua ini kadang jadi hobi, yaitu marah atau nyalah-nyalahin orang lain, misalnya: “koq aku sih yang terkena penyakit ini…” atau “ini gara-gara rumah sakit yang perawatannya buruk..” atau ” Koq aku dipecat sih?” Tahap ini rada berbahaya sodara-sodara, karena ada sebagian orang susah banget ‘mengikhlaskan’ hingga waktu yang lama, jadinya dia selalu didalam kemarahan *cape’ deh*. So kita kudu bisa ‘memaafkan’ dan ‘merelakan’ supaya kita bisa melalui masa berduka dengan mulus.

3. Bargaining (tawar-menawar di pasar)

Tahap ketiga ini biasanya digambarkan dengan kata ‘seandainya’, misalnya “seandainya dulu aku menjaga kesehatan..” atau “seandainya dulu aku bekerja dengan rajin..”. Walaupun kita pengennya ‘turning back time’ tapi yang lalu telah berlalu, so hadapi masa depan aja.

4. Depression (depresi)

Most dangerous  stage !  Setiap orang akan mengalami depresi dalam menghadapi kehilangan tapi jangan sampai kita jatuh terlalu jauh ke dalam  depresi ini,  karena bisa berujung pada  bundir  alias bunuh diri alias suicide.  Perlu dipikirkan  bahwa  ‘selalu ada hikmah dibalik  setiap kejadian’.  Hal ini akan membantu dalam  melalui tahap depresi. Bila yang berduka adalah temanmu, pastikan bahwa kamu selalu ada untuk menjadi ‘shoulder to cry on’-nya alias sediakan bahumu untuk tempatnya menangis… supaya dia bisa ke tahap terakhir dari kehilangan.

5. Acceptance (penerimaan)

The last stage, yaitu bila kita sudah bisa menerima bahwa kehilangan merupakan bagian dari kehidupan, karena yang datang bisa pergi, yang hidup bisa mati dan yang ada bisa jadi menghilang. Tidak melupakan yang telah pergi, namun menganggap mereka adalah bagian dari kehidupan kita. Keputusan untuk melanjutkan kehidupan, menemukan kebahagiaan dan membahagiakan orang lain adalah kesembuhan dari rasa berduka dan kehilangan.

Ceile… kata-kata yang kutulis diatas emang kaya’ isi buku-buku psikologi atau yang sejenisnya, tapi mengena banget pada diriku, karena aku juga pernah merasakan berduka yang sampe sekarang belom sampe tahap acceptance. So, sodara-sodara yang lagi berduka karena kehilangan sesuatu yang telah sangat melekat pada diri kita, mari bersama-sama menyembuhkan kedukaan… yuk mareee…

credit: http://www.way2hope.org

2 thoughts on “If I am loosing you…

  1. […] Sifat menyangkal memang tidak jarang menghampiri petugas kesehatan, “Ah… masa’ sih aku menderita penyakit ini…” adalah kalimat yang kerap muncul, hingga mungkin kemudian tidak berusaha melakukan apa-apa untuk memperbaiki kesehatannya. Menyangkal adalah tahap awal dari proses berduka. Ini berlaku pada siapapun yang mengalami kehilangan dan berduka. Aku pernah membuat postingan tentang kehilangan dan berduka (loss and grieving) disini. […]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s