Pengaruh Teknologi Informasi Terhadap Masa Depan Dunia Kesehatan

(Postingan ini ditulis dalam rangka memenuhi tugas kuliah Aplikasi Komputer)

PENDAHULUAN

LATAR BELAKANG

Perkembangan teknologi merambah ke berbagai bidang kehidupan. Temuan-temuan baru memberikan kemudahan dan mempengaruhi cara manusia dalam menjalani hidup. Salah satu bidang yang sangat dipengaruhi oleh teknologi adalah bidang kesehatan. Perubahannya terlihat nyata dari masa ke masa, baik itu pada upaya kesehatan berupa kegiatan promotif, preventif, kuratif, maupun rehabilitatif. Cara sederhana atau konvensional kemudian berubah ke arah yang lebih moderen karena pengaruh kemajuan teknologi.

Salah satu jenis teknologi yang kini semakin berkembang adalah Teknologi Informasi (TI). Banyak perangkat yang menjadi media perantara penyampaian informasi. Alat-alat elektronik menjadi primadona, seperti yang digunakan untuk memudahkan diagnosis dalam dunia medis. Para ilmuwan berupaya untuk memperoleh temuan-temuan terbaik, agar dapat dimanfaatkan secara maksimal.

Dunia kesehatan kian menjadi sorotan, karena kepedulian orang-orang terhadap peningkatan kualitas hidup. Teknologi informasi berkembang dalam dunia kesehatan yang kemudian bertransformasi tahap demi tahap, hingga memperoleh kondisi di mana teknologi dimanfaatkan dengan baik secara merata di berbagai belahan bumi. Namun peningkatan penggunaan teknologi ini juga menyisakan pengaruh negatif yang patut untuk diwaspadai.

TUJUAN

Pembuatan tulisan ini dimaksudkan agar kita dapat memahami bagaimana pengaruh positif dan negatif IT terhadap masa depan dunia kesehatan.

RUMUSAN MASALAH

  1. Apa yang dimaksud dengan teknologi informasi (TI)?
  2. Bagaimana perkembangan TI dalam dunia kesehatan?
  3. Bagaimana pengaruh positif teknologi informasi terhadap masa depan dunia kesehatan?
  4. Bagaimana pula pengaruh negatif teknologi informasi terhadap masa depan dunia kesehatan?

PEMBAHASAN

Teknologi adalah keseluruhan sarana untuk menyediakan barang-barang yang diperlukan bagi kelangsungan dan kenyamanan hidup manusia. Sedangkan teknologi informasi (TI) merupakan istilah umum untuk apa pun yang membantu manusia dalam membuat, mengubah, menyimpan, mengkomunikasikan dan/atau menyebarkan informasi. TI menyatukan komputasi, dan komunikasi berkecepatan tinggi untuk data, suara dan video.

Teknologi informasi adalah bidang pengelolaan teknologi dan mencakup berbagai bidang yang termasuk tetapi tidak terbatas pada hal-hal seperti proses, perangkat lunak komputer, sistem informasi, perangkat keras komputer, bahasa program dan data konstruksi. Dapat disimpulkan bahwa apa yang membuat data, informasi, atau pengetahuan yang dirasakan dalam format visual apapun, melalui mekanisme distribusi multimedia, dianggap sebagai bagian dari TI.

Kemajuan teknologi informasi yang tak terbendung juga turut berkontribusi besar terhadap dunia kesehatan. Contohnya pemanfaatan internet yang dapat dijangkau dari mana saja, selama ada koneksi. Kemudahan perolehan informasi ini dapat meningkatkan derajat kesehatan masyarakat. TI juga banyak diterapkan pada sistem pemberian pelayanan kesehatan, misalnya untuk keperluan diagnosis penyakit dengan menggunakan teknologi koputerisasi yang tidak dapat dilakukan oleh manusia.

Banyak pihak yang telah menyadari pentingnya TI dalam institusi mereka. Berbagai aplikasi digunakan dalam rangka mengolah data agar lebih terstruktur dan mudah dalam pencariannya kembali. Contohnya pada perekaman data-data pasien, dan pengawasan terhadap perkembangan penyakit (surveilans).

Ke depannya, dunia kesehatan akan lebih berkembang lagi. Hal ini dikarenankan permintaan manusia yang menuntut untuk hidup lebih nyaman dan sejahtera. Penciptaan teknologi baru khususnya TI dimaksudkan untuk memberikan kemudahan dalam hidup manusia, yang nantinya teknologi ini akan melaju pesat seiring berkembangnya teknologi secara global.

Secara umum, TI dapat dikatakan memiliki pengaruh positif terhadap dunia kesehatan. Bila perkembangan TI terus meningkat secara progresif, maka manfaatnya dapat dirasakan lebih baik lagi. Adapun pengaruh positif TI terhadap masa depan dunia kesehatan, antara lain :

1. Sistem pelayanan kesehatan yang lebih baik.

Di berbagai tatanan pemberi pelayanan kesehatan kini telah memanfaatkan kemajuan TI, misalnya di rumah sakit, puskesmas atau klinik. Perekaman data-data pasien secara digital, memudahkan perkerjaan di bagian rekam medik. Adanya jaringan yang tertata rapi, memudahkan akses terhadap data pasien dari bagian manapun.

Pada bagian diagnosis juga memberikan harapan cerah. Berbagai alat diagnostik ditemukan, sehingga lebih memudahkan untuk penentuan perawatan atau pengobatan. Dengan perkembangan teknologi informasi yang terus menerus, tidak menutup kemungkinan nantinya akan ditemukan cara mengobati penyakit yang sementara saat ini belum ditemukan obatnya, misalnya HIV AIDS.

2. Sumber informasi kesehatan yang lebih lengkap dan mudah.

Menilik ke belakang, pada mulanya informasi disampaikan melalui bahasa. Lalu terjadi peningkatan dengan menggunakan gambar sebagai media informasi. Kemudian ditambah suara, gambar gerak (video) pada media televisi. Kini ada internet sebagai media serba ada dan serba tahu. Informasi kesehatan dapat diperoleh dengan mudah, hanya dengan mengetik kata kunci yang diinginkan.

3. Pengawasan gaya hidup sehat dalam genggaman

Teknologi mobile menjadi salah satu isu penting abad ini. Sebuah kemudahan dan kepraktisan yang sangat berpengaruh terhadap gaya hidup manusia. Asisten pribadi ada dalam genggaman, berupa telepon seluler atau perangkat sejenis. Kini telah banyak aplikasi kesehatan yang bisa disematkan dalam perangkat tersebut. Misalnya cara perhitungan Body Mass Index (BMI) yang diperlukan bagi orang yang sedang melaksanakan diet.

4. Perkembangan keilmuan/riset

Perkembangan teknologi informasi juga merambahi keilmuan di bidang kesehatan. Banyak peneliti yang melakukan penelitian dan kemudian memuat hasil penelitiannya dalam bentuk jurnal di internet. Hal ini memudahkan bagi peneliti di belahan dunia yang lain untuk mengetahui, atau mempelajari riset kesehatan yang dilakukan orang lain, sehingga ilmu yang berkaitan dengan kesehatan dapat berkembang.

5. Penurunan biaya/efisiensi

Kemudahan-kemudahan yang tercipta karena adanya perkembangan teknologi informasi, dapat berpengaruh pada efisiensi biaya.

Bila berbicara mengenai pengaruh positif teknologi informasi, di sisi lain juga terdapat pengaruh negatif yang dapat ditimbulkan TI terhadap masa depan dunia kesehatan. Pengaruh-pengaruh negatif itu antara lain:

1. Resiko terjadinya penyakit baru.

Penggunaan alat-alat canggih menyimpan resiko yang mengancam kesehatan. Misalnya pada laboratorium diagnostik dengan tingkat radiasi yang tinggi. Bukan hanya alat yang canggih, bahkan komputer yang setiap hari digunakan juga memiliki efek radiasi.

2. Pemberitaan yang kurang tepat

Perkembangan TI membuat mudahnya transfer informasi, hingga tiba ke tangan masyarakat. Namun tidak menutup kemungkinan akan ada pemberitaan yang tidak tepat dan tidak bertanggung jawab, sehingga memberikan pengetahuan yang salah kepada masyarakat.

3. Kesalahan persepsi

Informasi banyak disampaikan melalui berbagai media. Setiap orang belum tentu memiliki pemahaman yang sama dengan yang dimaksudkan oleh pembuat informasi. Hal ini menyebabkan kesalahan persepsi, sehingga esensi penyampaian informasi tidak tercapai. Bisa jadi karena pemilihan tata bahasa atau cara penyampaian yang tidak tepat.

4. Biaya mahal

Sebagai konsekuensi dari penggunaan teknologi canggih, ada jumlah biaya yang harus dikeluarkan.

PENUTUP

Kesimpulan

Kemajuan teknologi informasi sangat menunjang dunia kesehatan. Pemanfaatan TI dapat meningkatkan kualitas hidup. Manusia dapat menikmati kemudahan-kemudahan yang diberikan. Pengaruh positif dari teknologi informasi antara lain membuat sistem pelayanan kesehatan yang lebih baik, sumber informasi kesehatan yang lengkap dan mudah, pengawasan gaya hidup sehat dalam genggaman, perkembangan keilmuan/riset, serta efisiensi biaya.

Di samping memiliki pengaruh positif terhadap dunia kesehatan, teknologi informasi juga memiliki pengaruh negatif. TI dapat mempengaruhi timbulnya penyakit baru, pemberitaan yang kurang tepat, kesalahan persepsi masyarakat, dan kemungkinan biaya yang mahal.

 

About these ads

2 thoughts on “Pengaruh Teknologi Informasi Terhadap Masa Depan Dunia Kesehatan

  1. KIta tetap bersyukur dengan adanya IT yang mewarnai dunia kesehatan, efek negatifnya tentunya sudah diperhitungkan dengan matang dalam menangani kesehatan kita!

  2. Aku pernah lihat di tv, ada aplikasi di smartphone yang bisa membantu dokter memeriksa kondisi pasiennya. Hebat bgt ya sekarang hp bisa bantu dokter…

    *Semoga nilai akhir mata kuliahnya dapat A+

Comments are closed.