Uang Palsu?

Apakah Sahabat pernah menemukan uang palsu? Sesekali pernah kita mendapat berita dari televisi atau media lainnya mengenai penangkapan pengedar uang palsu. Lemas rasanya bila sehelai uang palsu itu -entah bagaimana caranya- mendarat di tangan kita. Apalagi bila nominalnya tinggi, seperti Rp 50.000 atau Rp 100.000, rugi banget rasanya.

Sekitar sepekan lalu rekanku di Puskesmas mendapat uang pembayaran dari pasien yang dari penampakannya saja sudah seperti uang palsu. Selembar uang lima puluh ribuan yang warnanya luntur. Kami tidak tahu pasien mana yang memberikan uang luntur itu kepada kami. Rekanku was-was juga bila harus mengganti uang itu.

Uang Palsu?

Uang Palsu?

Bolak-balik kami memperhatikan uang berwarna biru itu. Bila menggunakan azas 3D, dilihat, diraba dan diterawang, maka yang terlihat adalah lembaran uang yang tintanya luntur. Namun saat kuraba sangat terasa lembaran itu kasar. Cetakan angkanya timbul. Lalu saat diterawang, terlihat tanda airnya. Hatiku berkata bahwa uang itu asli.

Gambar pura tidak jelas

Gambar pura tidak jelas

Ini 50 ribu?

Ini 50 ribu?

Sebelum rekanku memutuskan untuk mengganti uang itu dengan uang dari koceknya sendiri, aku berinisiatif untuk menanyakan keaslian uang itu saat aku kebetulan ke bank. Ternyata uang itu memang asli!  Menurut teller bank, memang ada uang rupiah yang hasil cetakannya seperti itu.

Syukurlah, rekanku tak perlu mengganti uang itu. Sementara itu aku mempertimbangkan untuk mengganti dan menyimpan uang itu, semacam untuk dikoleksi. Kupikir, uang luntur itu akan seperti prangko yang salah cetak, yang nantinya akan bernilai sangat tinggi karena keunikannya. Namun aku mengurungkan niat, karena rasanya sayang juga mengeluarkan uang Rp 50.000. Lagipula, belum tentu juga kelak uang itu benar-benar bernilai tinggi. Wallahua’lam. :D

Kejadian ini membuatku dan rekan-rekan meningkatkan kewaspadaan saat menerima uang pembayaran dari pasien. Kami juga berencana untuk membeli lampu UV agar bisa lebih teliti terhadap lembaran rupiah (nominal besar) yang kami terima.

Pernahkah Sahabat menemukan uang seperti gambar di atas? Jika iya, insya Allah uang itu adalah asli, bukan uang palsu.

 

About these ads

20 thoughts on “Uang Palsu?

  1. bener juga, Kin.. puskesmas perlu beli alat untuk periksa uang palsu,
    karena klo kejadian terima uang palsu, kasian petugas yang harus menggantinya.

  2. demi usaha ngirit biaya produksi, bisa jadi pakai tinta kwalitas lemah..:D
    meski asli, bila melakukan transaksi menggunakan uang tersebut ke masyarakat umum kemungkinan kepercayaan mereka juga bisa luntur terhadap keaslian uang tersebut..

  3. Katanya, kalo uang koin yg cacat dalam pembuatannya memang bisa bernilai tinggi beberpaa puluh tahun setelah beredar.. Ada kolektornya, gitu.. (<<nonton dii film Dear John). Gak tau deh kalau uang kertas.

  4. Saya belum pernah menemukannya kak …

    Yang menjadi pertanyaan saya … kok bisa luntur ya Kak …
    apa uang tersebut kena cairan tertentu ?
    atau bagaimana …

    yang jelas … alhamdulillah teman Kakaakin tidak perlu menukar dengan kocek sendiri ya
    50.000 itu lumayan banyak kak …

    Salam saya Kak

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s