Cara Membuat Pempek Palembang

Akhir-akhir ini aku sangat suka makan pempek. Hampir setiap warung pempek yang kulewati saat berangkat atau pulang kerja, kusinggahi. Kebetulan hari ini jadwal kerjaku adalah jaga malam, maka aku punya waktu sepanjang hari di rumah. Sejak beberapa hari yang lalu aku sudah berencana untuk membuat pempek Palembang, masih dalam tahap belajar. Sebenarnya ini bukanlah kali pertama aku membuat pempek. Belasan tahun yang lalu, saat aku masih SMA, aku pernah membuat pempek. Namun karena aku tidak tahu cara membuat pempek Palembang dengan benar, hanya mendengar dari sana sini, jadinya pembek buatanku lebih tampak seperti cilok (tanpa dicolok). :D

Emak sudah membeli ikan tenggiri. Sebagian akan beliau olah menjadi abon ikan, sisanya (sekitar 500 gr) beliau sisihkan untukku. Lalu aku berburu resep pempek di internet. Ternyata ada banyak resep pempek dengan berbagai versi. Kuambil  (copas) beberapa resep lalu kucoba membanding-bandingkan. Lalu aku memutuskan untuk membuat pempek berdasarkan resep dari Ricke’s Ordinary Kitchen dan kusesuaikan dengan bahan yang kumiliki di rumah.

Pempek Palembang

Bahan-bahan :

Bahan A :

  • 25 gr Tepung terigu
  • 100 cc air
  • 4 siung bawang putih
  • 1 sdm garam
  • 1 sdm gula pasir
  • 1 sdm minyak goreng

Bahan B :

  • 500 gr daging ikan tenggiri yang sudah dihaluskan. Sebaiknya bekukan terlebih dahulu dalam freezer, sebelum digunakan. Selain ikan tenggiri, ikan lain yang bisa digunakan antara lain ikan gabus dan belida/pipih.
  • 100 cc air
  • 1 butir telur ayam, kocok lepas.

Bahan C :

  • 400 gr tepung tapioka/kanji.

Air untuk merebus pempek
Minyak untuk menggoreng
Telur untuk isian pempek kapal selam, bila perlu gunakan kuningnya saja

Pelengkap pempek : cuko (kuah pempek) dan timun

Cara membuat pempek Palembang :

1. Campur bahan A menjadi satu, kecuali minyak. Masak hingga mengental. Angkat. Tambahkan minyak goreng. Masukkan dalam lemari es (bukan freezer) selama ± 30 menit.

2. Bahan B: keluarkan ikan dari freezer. Biarkan hingga ikan melunak, namun masih dalam keadaan dingin. Campurkan ikan dengan air dan telur kocok. Aduk-aduk dengan tangan hingga rata.

3. Keluarkan bahan A dari kulkas, masukkan ke bahan B. Aduk dengan tangan hingga rata.

4. Tambahkan bahan C (tepung tapioka) secara bertahap, sebagian demi sebagian. Aduk dengan menggunakan jemari, cukup asal rata saja. Jangan menguleni terlalu lama, karena pempek akan menjadi keras.

5. Adonan siap dibentuk sesuai selera (kapal selam, lenjer, adaan, dll). Jika dirasa adonan terlalu lengket, maka lumuri tangan dengan tepung tapioka agar lebih mudah saat membentuk adonan. Untuk kapal selam: bulatkan adonan, lalu tekan tengahnya dan bentuk seperti mangkuk kecil, tetapi jangan terlalu tipis. Masukkan telur (dengan bantuan cangkir kecil), jangan terlalu penuh. Lalu rekatkan tepinya hingga benar-benar menyatu dan tidak bocor.

6. Masukkan perlahan pempek yang sudah dibentuk ke dalam air mendidih. Jangan lupa tambahkan minyak goreng secukupnya ke dalam air, agar pempek tidak saling lengket. Tunggu hingga pempek mengambang beberapa saat yang artinya pempek sudah matang. Angkat dan tiriskan. Setelah dingin, pempek siap digoreng.

Pempek yang siap untuk digoreng. Betapa senangnya aku, karena pempek yang kubuat kali ini tidak mirip cilok lagi :D

Cuko :

Sesuai dengan resep yang kucontek, penulis tidak menggunakan takaran. Aku juga hanya menggunakan bahan yang ada di rumah dan cara membuatnya pun kumodifikasi. :mrgreen:

  • Gula merah secukupnya
  • Air
  • Asam jawa secukupnya
  • Cuka (jika ingin rasa yang lebih asam)
  • Bawang putih, dihaluskan
  • Cabe rawit, dihaluskan
  • Garam
  • Ebi, dihaluskan
  • Tongcai. (Ebi dan tongcai tidak ada di rumahku, jadi tidak kupakai)

Cara membuat: Rebus gula merah dan asam dalam air, hingga gula larut. Tambahkan bahan-bahan lain, didihkan. Saring terlebih dahulu sebelum disajikan. Tambahkan timun yang diiris kotak-kotak. Sajikan pempek dengan cuko.

Rasanya… So yummy! Meskipun pada awal aku menggoreng agak sedikit gosong (seperti gambar di atas) tapi rasanya tetap enak. :D

Aku ngotot ingin bisa membuat sendiri pempek dikarenakan harga pempek di Kota Samarinda cukup mahal (menurutku). Untuk sebuah pempek adaan/lenjer/kapal selam berukuran kecil, yang termurah yang pernah kutemui adalah seharga Rp 4.000. Pempek kulit Rp 3.000. Pempek kapal selam yang berukuran besar ada yang seharga Rp 13.000. Bahkan aku pernah makan di sebuah warung pempek dan aku agak kaget ketika harus membayar Rp 20.000 hanya untuk sebuah pempek kapal selam dan pempek kulit. Itu belum termasuk minumannya. :(

Alhamdulillah, kini aku sudah tahu cara membuat pempek Palembang. Jadinya bila ingin puas makan pempek, aku bisa membuatnya sendiri dan jauh lebih hemat. Bagaimana dengan sahabat? Apakah suka makan pempek? Atau bahkan jago membuat pempek?

52 thoughts on “Cara Membuat Pempek Palembang

  1. saya belum pernah makan pempek kapal selam. mo coba, jadi lapar.
    pempek makanan favorit waktu sd, sekarang tidak pernah makan lagi. waduhh bookmark resepnya ah, patut dicoba nih

  2. wah ternyata bikin mpek-mpek ga serumit yang kubayangkan mbak! makasih banyak yah sharingnya, akan aku coba weekend besok, kebetulan aku jg suka banget makan pempek palembang hehe

  3. aku belum pernah makan pempek, tapi di tempat ku banyak lhoh yang jualan pempek, cuman aku takut beli cz info di tv ada penjual pempek yang nakal, nah kalau ada resep macem ini bisa dibuat sendiri ya mbak?

  4. sy suka bgt pempek, tp blm pernah coba bikin sendiri.. kayaknya emang hrs belajar bikin nih. apalagi pempek biasanya mahal harganya.. mau makan banyak jatonya mahal, mau makan sdkt jadinya gak puas :D

  5. Pingback: Lesung dan Alu « Try 2B cool 'n smart…

  6. Pingback: Idul Adha 1433 H « Try 2B cool 'n smart…

  7. Pingback: Ayu tidak Ingin Asal Terima Main Film | lazionews.info

  8. Wah… sis penggemar pempek nich… kapan2 cicip Pempek Lince nich sis.. bukan hanya asli Palembang dari Palembang, tapi rasanya juga mantabb pempeknyo dahsyat cukonyo… salam kenal sis..

  9. Cara membuat pempek Palembang :

    1. Campur bahan A menjadi satu, kecuali minyak. Masak hingga mengental.

    “Masak hingga mengental” maksudnya gimana? Adonannya dimasak ato dibiarkan aja…?

  10. coba bandingkan perbedaan rasa antara pempek buatan orang palembang sama pempek buatan bukan orang palembang , kq beda ya :D

  11. Aku nyoba buat pempek kok warnanya coklat pdhal belum digoreng,kan pempek itu putih…apa krna aku pake tepung tapioka+sagu ya

  12. Pingback: Cara Membuat Mpek Mpek - Serba Serbi Berita

Leave a Reply

