Es Lilin

Apakah Sahabat suka makan es lilin?

Bentuknya memang seperti lilin, sehingga dinamai es lilin. Penganan yang terbuat dari bahan cair aneka rasa dan warna dan dikemas dalam plastik panjang ini menjadi bagian dari kenangan masa kecil kita. Waktu aku kecil, aku sangat suka makan es lilin. Sehingga ada cerita yang kerap diulang-ulang oleh keluargaku tentangku. Dulu, bila aku sedang makan es lilin, maka tak cukup hanya satu. Biasanya bila tangan kananku memegang es, maka di tangan kiriku juga ada. Keduanya kumakan secara bergantian. Dengan badanku yang (agak) gemuk, hal itu menjadi pemandangan yang sangat lucu bagi keluargaku. :oops:

Dulu di dekat sekolahku, ada penjual es lilin. Tetanggaku juga ada yang memproduksi es lilin setiap harinya, untuk dititipkan di warung-warung. Namun seiring berjalannya waktu, popularitas es lilin tergeser oleh es krim. Meskipun sudah kalah populer dibanding es krim, namun ternyata es lilin masih ada dan masih digemari berbagai kalangan.

Sayangnya, untuk makanan yang berkaitan dengan es-esan ini, sering kali ditambahkan bahan pemanis buatan oleh pembuatnya. Terlebih lagi sekarang banyak juga es lilin buatan pabrik yang beredar di pasaran. Saat dimakan, maka terasa sekali es itu menggunakan pemanis buatan. Banyak anak yang kemudian menderita batuk atau radang tenggorokan setelah makan es lilin tersebut.

Saat di kampung dulu, keluargaku juga memproduksi es lilin yang kemudian dijual berkeliling kampung oleh pamanku. Sekarang, tanteku yang tinggal di rumahku berinisiatif menjual es lilin lagi. Pilihan kami adalah es lilin kacang hijau. Kebetulan sekali, aku sangat menyukai es lilin kacang hijau. :D

Bahan es lilin kacang hijau yang dibuat tanteku, mirip saja dengan bahan bubur kacang hijau. Hanya saja cairan untuk es lebih encer dibandingkan burjo. Tentu saja kami tidak menggunakan pemanis buatan. Rasa manis khas gula merah dan santan yang gurih, membuat es ini sangat enak menurutku. Es ini kemudian diletakkan di freezer kulkas yang memang diletakkan di warung emak. Kulkas ini khusus untuk menjual minuman dingin dan es batu, serta es lilin.

Ada yang mau es lilin kacang hijau? Harganya Rp 1.000 :D

Meskipun aku sangat menyukai es lilin kacang hijau, tentu saja kini aku berbeda dibanding waktu aku masih kecil. Tanganku tidak akan menggenggam 2 es lilin sekaligus. Namun aku menghabiskannya secara berurutan. Setelah habis satu, aku lanjut membuka kulkas emak dan mengambil es lilin lagi. :D

Ayo… Siapa yang suka es lilin? :)

About these ads

40 thoughts on “Es Lilin

  1. aku juga suka es lilin mbak, tapi males klo mbikin sendiri. terakhir tau kapan itu deh makan es lilin yg rasa rujak :D lebih suka klo ada pedes2nya, beradu dengan rasa dingin itu hmm sesuatu banget hehehe

  2. waaah, udah lamaaa banget gak makan es lilin ,Kak
    sudah jarang yg jualan es lilin ini sekarang ya…. :(

    memang kalau bikin sendiri , pasti terjamin kesbersihannya dan juga kesehatannya , krn gak pake pemanis buatan ya Kak
    salam

  3. Banyak penjual es lilin yang memang menggunakan pemanis ya, mba.
    Ditempatku juga dulu banyak yang pakai pemanis buatan, pemanis itu kalau gak salah namanya 3T. :)

    Dulu aku suka banget, apalagi yang rujak. Es Lilin tapi ada rujaknya, makan es gak berasa dingin tapi pedeeeeeees. :D

    Sekarang udah jarang orang yang jualan es lilin, mba. Kalau Es Pisang Ijo lagi banyak di sini. :)

  4. “… Tanganku tidak akan menggenggam 2 es lilin sekaligus …”
    Kirain tidak menggenggam 2 tapi 4 sekaligus :)

    Dulu waktu SD di rumahku juga buat es lilin rasa kacang hijau, mirip seperti itu :)

  5. Ouw.. itu adalah jajanan kesukaanku di masa kecil, Akin..
    Hampir setiap hari jajan ini di sekolahan.
    Bikin sendiri..? Hmm.. belum pernah, hehe..

    Oya, mau bilang, bukunya sudah sampai.
    Terima kasih ya Akin.. :)

  6. es lilin aku suka yg coklat & kacang ijo..dl waktu aku kecil ibuku juga sering bikin.. kl sekarang kdg2 sih bikin sendiri jg..kl beli diluar kdg makan 1 aja sdh bikin tenggorokan gatel & batuk.. :D

  7. berbagi motivasi kata teman
    Bangga pada dirimu sendiri, Meski ada tidak Menyukai. Kadang-kadang mereka membenci karena mereka tidak bisa seperti Anda.
    mungkin berguna dan Salam: D, saya tunggu kunjungan balik ya: D

  8. Pingback: Es Rujak Serut « Try 2B cool 'n smart…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s