Kantor Samsat Samarinda

Aku tak mengerti, mengapa ada saja orang yang mengurus perpanjangan STNK atau urusan lainnya di Kantor Samsat lebih memilih melalui calo. Padahal caranya sangat mudah dan sama sekali tidak ada tambahan biaya tak resmi alias ‘pungli’. Kenyamanan ini kurasakan saat tadi aku mengurus perpanjangan 5 tahun STNK sepeda motorku, Si Beib, di Kantor Samsat Jl. M. Yamin Samarinda.

Untuk perpanjangan 5 tahun STNK, pertama-tama harus ke bagian cek fisik terlebih dahulu. Jangan lupa persiapkan persyaratan yang diperlukan, yaitu STNK asli dan fotocopy, fotocopy BPKB, fotocopy KTP dan tentu saja kendaran yang kita miliki. Tak seberapa lama menunggu antrian di bagian cek fisik, Om Polisi lalu menyerahkan lembaran untuk menyalin nomor mesin dan nomor rangka kendaraan. Di bagian ini sudah ada petugas yang siap membantu dengan sebuah pensil dan obeng di tangannya. Setelah proses cek fisik selesai, Om Polisi menyerahkan kembali berkas kita untuk kemudian kita bawa ke bagian loket-loket.

Setelah mendapatkan nomor antrian, kita langsung menuju loket tertentu untuk penyerahan berkas dan membayar biaya pendaftaran. Lalu selanjutnya hanya perlu menunggu nama/nomor antrian kita dipanggil untuk diserahi formulir yang harus kita isi. Setelah formulir selesai diisi, lalu dikembalikan lagi ke petugas. Tunggulah beberapa saat, hingga loket bagian kasir memanggil nomor kita untuk membayar pajak kendaraan. Setelah itu kita masih harus menunggu penyerahan STNK dan plat nomor  kendaraan.

Ada kemajuan di Kantor Samsat Samarinda. Bila 5 tahun lalu saat aku mengurus perpanjangan 5 tahun STNK dan pergantian plat nomor kendaraan, aku harus menunggu beberapa bulan untuk mendapatkan plat yang baru. Kini tidak perlu menunggu lama, karena ternyata plat kendaraan yang baru bisa kita terima pada hari yang sama. Wuih… kereenn :)

Total waktu yang terpakai sejak aku mengantri di bagian cek fisik, hingga STNK dan plat yang baru kuterima, adalah sekitar 2,5 jam (11.30-14.00 Wita). Mungkin inilah yang membuat sebagian orang enggan turun langsung mengurus sendiri untuk mengurus pajak kendaraan atau perpanjangan 5 tahun. Padahal jika kita mau meluangkan waktu, kita sendiri bisa berurusan ke Kantor Samsat, tanpa melalui calo, tanpa memberi sejumlah besar uang sebagai pelicin, karena semuanya mudah. Sedangkan jumlah yang kubayarkan sesuai dengan yang tertera pada STNK.

Ini adalah kali ke-2 aku mengurus perpanjangan 5 tahun STNK Si Beib. Artinya kali ke-2 jua aku mengganti plat nomor Si Beib. Artinya (lagi) Si Beib kini genap berusia 10 tahun! Alhamdulillah Si Beib masih bisa membawaku ke tempat-tempat yang kuinginkan. :D

Dengan adanya informasi ini, semoga banyak yang tidak khawatir lagi menuju Kantor Samsat. Terutama bagi warga Kota Samarinda, Kantor Samsat Samarinda kini semakin meningkatkan mutu pelayanannya.

40 thoughts on “Kantor Samsat Samarinda

  1. 2,5 jam menurutku memang agak lama..
    Bulan Februari lalu, aku juga ganti plat. Ngurus ini itunya gak sampai dua jam. Mungkin karena beda lokasi.. Aku ngurusnya di Tenggarong (karena memang warga Ku-Kar).

    O, iya…
    Ada yang menarik di kantor Samsat Tenggarong. Di sana, ada seorang pemain alat musik tradisional Kutai (Tingkilan). Pemain tingkilan itu sengaja dihadirkan untuk menghibur pengunjung. Sayang bgt gak sempat mengabadikannya lewat video atau foto, karena waktu itu aku lagi sibuk syuting… :P

    • Mungkin yang di Samarida lebih padat dibanding Tenggarong, jadi lebih banyak yang mengurus ini itu di Kantor samsat Samarinda :)
      Kalo yang tingkilan rasanya aku juga pernah lihat di belakang museum Mulawarman.

  2. Mengurus apa2 paling enak emang ditangani sendiri…
    Sayang disayang, di kantor2 pelayanan justri calonya dari orang dalam sendiri
    Saat istri ngurus paspor juga banyak yang terkena rayuan calo, mereka musti bayar 750 ribu sampai sejuta
    Padahal kalau diurus sendiri paling2 250 ribu saja

  3. Pingback: Beban Berat « Try 2B cool 'n smart…

  4. Pingback: THE NINE FROM THE YELLOW ORCHIDS « The Ordinary Trainer writes …

  5. Mbak, waktu ngurus perpanjangan stnk dan pergantian plat nomor motor, apakah harus menyertakan bpkb asli. Soalnya penjelasan diatas hanya copy bpkb saja. Maklum, bpkp yg asli punya sy lagi digadaikan. Padahal Mei 2013 ini akan segera berakhir. Trims

  6. mau nanya ni mbak, apa kalau ngurus perpanjangan STNK 5 tahuan dan ganti plat kendaraan harus di bawa serta, soalnya gini saya ni kebetulan lagi di Malang dan beserta kendaraaan bermotor saya dan bulan depan plat nomor kendaraan saya sudah harus ganti ni. apa ada solusi lain ni dalam artian ngak masa saya harus bawa kendaraan saya lagi ke Samarinda dan kembali lagi bawa ke malang….

  7. kaka mau tanya nich,,,,kan bulan desember ini saya mau byr pajak 5 tahunan dan ganti plat,,,,yang saya bingung kan mobil corolla 1978 yg saya beli dari orangx ga ada fotocopy KTP pemilik yg asli,,,,gmn tuch,,,apa mungkin bisa bayar pajak?
    kan saya warga yang mungkin taat byr pajak,,,
    apa kalau tidak ada fotocopy KTP pemilik pertama bisa di persulit?

Leave a Reply

