Cerita Anak SMA : Cerdas Cermat Al-Qur’an

Banyak pengalaman berkesan yang menghias masa-masa menjadi anak SMA. Aku teringat dulu aku sama sekali bukan siswa yang pandai menonjol di SMA N 1 Samarinda, namun aku pernah mewakili kelasku dalam sebuah event antar kelas. Biasanya sekolahku rutin mengadakan lomba-lomba dalam rangka tahun baru Islam. Salah satu jenis lomba adalah cerdas cermat Al-Qur’an. Aku bersama salah seorang temanku terpilih untuk mewakili kelas kami dalam lomba itu.

Dengan pasrah aku menerima amanat yang diberikan, meskipun sebenarnya aku tak pandai dalam setiap lomba yang kuikuti. Demam panggung adalah masalah utama yang paling menggangguku. Tangan dan kaki yang terasa dingin, bahkan perut juga terasa mules. Biar bagaimanapun, aku tetap harus bersiap-siap menghadapi lomba itu. Yang kulakukan antara lain menambah bacaan dan membuka-buka tafsir Al-Qur’an.

Saat pelaksanaan, demam panggungpun menyerang. Aku bersyukur karena rekanku tampak lebih tenang. Yang menjadi juri dan pembaca pertanyaan adalah guru kami. Salah satu pertanyaan yang kuingat kurang lebih berbunyi “Sebutkan nama surah ke-36 dalam Al-Qur’an dan berapa ayat.” Aku hanya teringat bahwa surah ke-36 adalah surah Yaasiin dan rekanku ingat ada 83 ayat dalam surah itu. Pada pertanyaan lainnya kami lumayan mengalami kesulitan. Terlebih lagi bila pertanyaannya seperti “surah ini diturunkan dimana, makkiyyah atau madiniyyah” atau tentang hukum-hukum tajwid yang sering terlupakan olehku.

Meskipun tidak berjaya dalam lomba cerdas cermat Al-Qur’an, namun aku cukup senang karena bertambah lagi sebuah warna dalam hidupku saat menjalani peran sebagai anak SMA. Bagaimana dengan Sahabat? Apakah pernah turut dalam lomba cerdas cermat Al-Qur’an?

Once upon a time in SMAN 1 Samarinda

About these ads

21 thoughts on “Cerita Anak SMA : Cerdas Cermat Al-Qur’an

  1. Asyik juga ya punya pengalaman loba-lomba masa sma… Kalau saya dulu seringnya ikut lomba paduan suara… Sungguh sangat menikmati dari sejak latihan-latihannya sampai lombanya…

  2. Saya belum pernah ikut lomba cerdas cermat Al Qur’an kak …
    yang saya ikuti itu Cerdas Cermat biasa … jaman SMP

    salam saya Kak

  3. Pingback: Kuis Lebaran Bersama Akin « Try 2B cool 'n smart…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s