Ada Apa dengan Huruf X?

Sahabat pasti sering berkirim atau menerima pesan singkat kan? Apakah Sahabat memperhatikan di antara pesan-pesan singkat itu yang (menurutku) agak aneh?

Pesan singkat yang lumrah :

Slmt mlm. Mau nanya nih, bsk km jd k rmhku? Soalnya bsk ortuku gak d rmh.

Pesan singkat yang (menurutku) aneh :

Slmt mlm. Mau nax nih, bsk km jd k rmhku? Soalx bsk ortuku gak d rmh.

Ada beberapa orang yang suka mengganti akhiran -nya dengan menggunakan huruf x. Contoh : saatnya menjadi saatx. Aku tidak mengerti mengapa muncul kebiasaan seperti ini. Apakah ini hanya bermaksud untuk menghemat tenaga dengan menyingkat-nyingkat tulisan, ataukah memang bagian dari gaya alay yang suka mengetikkan kata dengan singkatan-singkatan yang aneh? Entahlah.

Saat membaca tulisan dengan akhiran -x itu, aku jadi teringat dengan Alm. Monoks, seorang komedian Indonesia yang kerap menambahkan huruf x pada setiap kata yang diucapkannya. :D

Gambar dari sini.

Akhiran -nya digantikan dengan huruf x mungkin sudah cukup. Asalkan tidak setiap suku kata -nya- digantikan dengan huruf x. Tulisan di bawah ini tentu sangat membuat pusing saat membacanya. :D

Tax : Apkh nm pexkit yg disbbkan olh xmuk?

Apakah Sahabat mengetahui asal usul digunakannya huruf x sebagai pengganti akhiran -nya?

Peluk cium buat sahabat yang menulis pesan dengan menggunakan akhiran -x. Aku menyayangi kalian. Terus mengirimiku pesan singkat ya… ;) *kedip-kedip.

About these ads

24 thoughts on “Ada Apa dengan Huruf X?

  1. hihihi. .
    jadi keki deh ekex. . . :P

    itu berarti gaul tidak pada tempatnya ya mba. .. :)
    sepertinya gak ada asal usulnya deh mba, hanya saja ada usilnya. . .

    usil banget mengganti x jadi nya. . . :lol:
    PERTAMAX=PETAMANYA. :P

  2. Aku jg bingung kak, klo ada yg sms dg akhiran -nya di ganti -x
    di mana persamaanya gitu? ngebacanya aja bingung.

    anak2 jaman sekarang seenaknya main ganti akhiran.

  3. Kalau yang “nya” diganti x malah saya nggak tau Mbak…
    Yang aneh lagi adalah S diganti X. Yang sering pakai adalah anak STM…
    Mereka mengganti STM jadi XTM :D

    Kalau di Semarang, X dipakai untuk mengganti kata “Kali” dan banyak dijumpai di trayek angkot.
    Kalisari ditulis X Sari

  4. kalu yang di sms ngerti dan sudah biasa sih ndk apa2, nah bagaimana kalu kita yang samasekali asing dengan bahasa macam itu, kan sangat terganggu :(

  5. heheee…..
    baru kemarin saya ngantar isteri ke mall. putar2 antar toko dan ada karyawan toko(masih abg) manggil isteriku kakak….senyum sumringah muncul di wajahnya karena biasanya dipanggil ibu hahahahahaaa…..
    tapi ternyata beda toko, beda karyawan, beda umur semuanya manggil isteriku kakak……tren baru juga ya kayaknya….

    • wahhh …. Btul tu , d foot mart dn j.co sya jg d pnggil kakak … Trnyata tidk di balikpapan aja yaa yg ada tren baru bgitu , xixiiii …

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s