Wisata Belanja Kaltim

Tanggal 27 Mei lalu diluncurkan sebuah acara Wisata Belanja Kaltim yang bertempat di halaman Stadion Sempaja Samarinda. Wisata belanja ini tidak dibuka setiap hari, melainkan hanya di hari Sabtu dan Minggu, saat warga Kota Samarinda beramai-ramai mengunjungi stadion untuk berolah raga.

Acara yang disponsori oleh Bankaltim ini menarik minat warga, karena yang dijual pada areal belanja ini adalah berbagai macam kebutuhan. Yang terbanyak adalah stan makanan, kemudian pakaian dan pernak-pernik. Usai mengikuti Senam Kesegaran Jasmani, atau bersepeda di lingkungan stadion, atau hanya berjalan mengelilingi stadion, biasanya warga langsung menyerbu areal belanja. Apalagi kalau bukan untuk mengisi perut dengan berbagai pilihan menu yang tersedia.

Baru hari Minggu kemarin (17/6) aku berkesempatan menyaksikan sendiri keriuhan acara Wisata Belanja Kaltim, padahal rumah tante yang kudiami hanya berjarak beberapa menit berjalan kaki ke arah stadion Sempaja. Dari rumah aku memang tidak berniat untuk berolah raga. Tujuanku adalah langsung ke areal wisata belanja. Aku yakin bukan hanya diriku yang memiliki niat demikian saat memasuki halaman stadion. Terbukti dengan banyaknya warga yang berpakaian rapi di tempat belanja tersebut.

Rombonganku pagi itu adalah aku bersama 2 orang tante, seorang sepupu dan seorang keponakan. Saat memasuki areal belanja, kami langsung tertarik dengan semacam camilan dari kentang yang digoreng berbentuk pegas. Lalu untuk sarapan, kami menuju penjual soto banjar yang sudah ramai pengunjung. Rasanya pas sekali di perut yang seolah-olah meminta makanan hangat di pagi hari. Usai makan kami lalu melanjutkan perjalanan menyusuri setiap stand yang ada. Keponakanku membeli sebuah jilbab yang sedang tren. Di tangan kami pun telah terselipi bungkusan soto, mantou goreng dan sisa kentang pegas yang belum habis dimakan.

Wisata Belanja Kaltim hadir dengan maksud meningkatkan UKM. Aku optimis wisata belanja ini bisa bertahan, asalkan setiap stan menjaga atau meningkatkan kualitasnya. Dengan demikian, warga takkan segan-segan untuk merogoh kantong lebih dalam di setiap akhir pekan.

About these ads

23 thoughts on “Wisata Belanja Kaltim

  1. walah itu segala jajanan tolong lempar sini Kin :P
    kantong pegas kayak apa ya..? #gugling dulu.

    di Bukittinggi acara seperti itu hanya sekali setahun,
    tiap bulan desember, di hari jadi kota.. acaranya disebut Pedati.

  2. Kalau di Kaltim ada Wisata belanja kalau di Surabaya ada Car Free Day, acaranya sama diadakan minggu pagi dan sama-sama mengundang orang untuk datang beramai-ramai.. semoga acara seperti ini bertahan lama ya Kaka akin :)

  3. bagus itu untuk menggiatkan ekonomi kecil,
    seperti yg di daerah Senayan …., olahraga abis itu jajan segala macam,
    dulu Minggu pagi di sekitar pasar Tanah Abang Ada gelaran seperti ini, tapi nggak pake olahraga, julukannya sogo jongkok merujuk Nama dept store ngetop itu

  4. Akin,
    Saya dua minggu berturut-turut ke Samarinda, yaitu tanggal 10-14 Juni dan 17-21 Juni 2012. Tapi karena acara padat sekali, tak berani telepon Akin…
    Saya sempat melewati daerah stadion, dan pak sopir mengatakan kalau ada pasar ini..juga ada pasar handphone ya.

  5. Pingback: Ada Perang Diskon di Festival Passer Baroe! | makanenak.info

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s