Tumpeng Ngetril61~Nasi Kuning Samarinda

Nasi kuning adalah makanan yang khas Samarinda yang biasanya dimakan saat sarapan. Banyak warung nasi kuning bertebaran di Kota Samarinda. Hampir di setiap ruas jalan bisa ditemukan penjual nasi kuning. Meskipun di kota lain juga ada yang menjual nasi kuning, namun menurutku nasi kuning di Samarinda jauh lebih enak. Penjual nasi kuning favoritku adalah yang di dekat puskesmasku. Pas banget dimakan saat perut lapar habis jaga malam. Harganyapun murah, hanya Rp 6.000, bila dibandingkan di tengah kota yang harganya bisa mencapai Rp 10.000 per porsinya.

Gambar pinjam dari sini.

Beberapa bulan terakhir, penjual nasi kuning juga marak di malam hari. Terutama di sekitar Jl. Lambung Mangkurat, Samarinda. Awalnya aku merasa aneh, karena nasi kuning kan biasanya untuk sarapan. Mengapa dimakan di malam hari? Rupanya warung nasi kuning yang beroperasi di malam hari ini mulai buka sekitar bakda Isya, hingga dini hari. Beberapa orang menjadikannya sebagai makan malam, atau sarapan yang kepagian bagi pekerja dunia malam yang baru pulang kerja.

Komponen hidangan nasi kuning biasanya terdiri dari nasi (yang berwarna) kuning, lauk yang dimasak merah dan serundeng. Biasanya terdapat beberapa pilihan lauk, yaitu ikan haruan/gabus, ayam, daging, telur dan hati/aampela. Menurutku yang paling pas padanannya adalah ikan haruan. Sekarang semakin banyak penjual nasi kuning yang juga menambahkan komponen lain, antara lain mihun, kering tempe atau mi telur. Lumayan menambah meriah penampilan si nasi kuning :D

Karena ada tantangan membuat tumpeng, aku mencoba untuk membuat tumpeng dari komponen penyusun hidangan nasi kuning Samarinda. Kemarin adalah pertama kalinya aku membuat nasi kuning sendiri. Mari kita lihat bahan-bahan pembuatan nasi kuning ini. (Semuanya dengan resep yang meraba-raba :mrgreen: )

NASI KUNING

Bahan-bahan:

  • Beras ± 250 gr, cuci hingga bersih
  • Santan dari 1/2 butir kelapa, takarannya sesuaikan dengan beras
  • Daun jeruk 3 lembar
  • daun salam 1 lembar
  • serai 1 batang, dimemarkan
  • daun pandan 2 lembar
  • kunyit 1 ruas  jari dihaluskan
  • garam secukupnya

Cara Membuat :

  • Campur semua bahan jadi satu, rebus diatas api sedang hingga santan mengering
  • Masukkan ke dalam dandang, kukus hingga nasi matang

Heh? ternyata jadinya dikit doang. Jadi bingung, bakalan cukup nggak kalau dibuat tumpeng, hehe…

IKAN/TELUR BUMBU MERAH

Bahan-bahan:

  • Ikan haruan/gabus, beberapa potong. Goreng jangan terlalu kering
  • Bawang merah 8 butir
  • Bawang putih 5 siung
  • Cabe kering 4 buah, bersihkan dan rendam air panas hingga lunak
  • Garam, gula secukupnya
  • Lengkuas secukupnya, dimemarkan
  • air asam jawa secukupnya

Cara membuat :

  • Haluskan bawang merah, bawang putih dan cabe kering
  • Tumis bumbu hingga harum, masukkan lengkuas, air asam jawa, garam dan gula
  • Tambahkan air secukupnya, didihkan. Kecilkan api
  • Masukkan ikan haruan. Aduk hingga rata.

Catatan: untuk telur, lebih baik lagi bila telur dipindang (direbus hingga berwarna kecoklatan). Baru kemudian dicampurkan dengan bumbu merah.

KERING TEMPE

bahan-bahan:

  • Tempe, potong kecil-kecil, goreng sebentar
  • Bawang merah, dirajang
  • Bawang putih, dirajang
  • gula merah, disisir
  • garam secukupnya
  • cabe merah 2 buah

Cara membuat:

  • Tumis bawang merah, bawang putih dan cabe merah
  • Masukkan tempe, gula merah dan garam, aduk rata

MI GORENG

Bahan-bahan:

  • Mi telur, rebus hingga lunak
  • bawang merah
  • bawang putih
  • merica
  • kecap manis
  • garam secukupnya
  • cabe hijau, iris serong

Cara membuat:

  • Haluskan bawang merah, bawang putih dan merica
  • Tumis bumbu hingga harum, masukkan cabe hijau
  • masukkan mi, garam dan kecap manis
  • Aduk hingga rata

SERUNDENG

Bahan-bahan:

  • Kelapa yang diparut memanjang
  • bawang merah
  • bawang putih
  • kunyit
  • Cabe merah
  • Garam dan gula secukupnya

Cara membuat:

  • Haluskan bawang merah, bawang putih, kunyit dan cabe merah
  • Tumis bumbu hingga harum, tambahkan garam dan gula. Masukkan kelapa parut
  • Aduk rata, hingga kelapa mengering.

Dan bagaimana penampakan kreasi tumpeng yang kubuat??

Hehe… Karena diriku tak pandai berkreasi, ya jadinya cuma segitu. :mrgreen: Eits? apaan tuh yang ada di puncak tumpeng?

Umumnya ada sesuatu yang menjadi penghias puncak tumpeng. Aku jadi teringat, cerita Pak Joko saat mengekplorasi pedalaman Kaltim. Beliau melihat burung enggang yang bertengger di puncak (atap) rumah. Jadinya, menurutku bakalan pas banget bila burung enggang yang bertengger di puncak tumpeng kreasiku. Untuk melengkapi, kubuat beberapa ornamen ukiran dayak dari daun pisang dan menempelkannya pada tumpeng.

Bagaimana dengan rasanya?? Entahlah… haha… :lol:

Kata Pakdhe, tancapkan saja mandau pada tumpengnya. Hedeh, kalau pake mandau entar saya dikira jagoan, Pakdhe… :mrgreen: Padahal kan saya ini kemayu:D

_____________________________

Kreasi tumpeng ini diikutsertakan pada Kontes Tumpeng Ngetril 61 yang diadakan di BlogCamp.

53 thoughts on “Tumpeng Ngetril61~Nasi Kuning Samarinda

  1. Luaar biasa, jadi pengen makan neh …. eeeh lagi shaum ga boleh makan sekarang ya ? hehehehe
    Apa Kabar Kakaakin?, dah lama ya ga berkunjung
    salam hangat slalu dari kota hujan

  2. eh ada burung Enggang, sudah lama ga dengar nama burung ini, terakhir waktu masih di Medan dulu :D

    keren euy … nasinya bisa kuning juga, manteb tuh …. semoga menang ya mba :)

  3. di Palembang kok gk banyak yaa kak penjual nasi kuning, sepertinya harus mutasi ke Samarinda dulu kalau mo puas makan nasi kuning.. hehe

    sukses kontesnya kak, salam untuk burung enggangnya yaaa.. :D

  4. Semua ramai-ramai masak nasi kuning, aku sendiri cuma bisa melihat saja karena masakan yang saya kuasai dengan lihai cuma masak air :lol:

    Salam hangat serta jabat erat selalu dari Tabanan

  5. Pingback: Batikkan Harimu! – Batik Kaltim « Try 2B cool 'n smart…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s