Bayi Baru Lahir dengan Kehamilan Lewat Bulan

Tulisan ini dimasudkan untuk berbagi :D

________________________________

Sore itu seorang bapak tergopoh-gopoh berlari memasuki UGD. Bapak itu menggendong sesosok bayi mungil yang berwarna kebiruan yang terbungkus kain sarung. Tampak bayi itu baru saja dilahirkan.

“Suster, tolong anak saya. Baru lahir, nggak mau nangis” kata bapak itu panik.

Aku dan rekanku langsung beraksi sesuai dengan instruksi dokter dan fasilitas terbatas yang kami miliki. Beberapa suntikan diberikan. Rekanku mulai memberikan rangsangan agar bayi dapat menangis.

“Ibunya melahirkan dimana, Pak?” Tanyaku sambil membantu rekanku merawat bayi itu.

“Di rumah ibu bidan X,” jawab bapak itu. Bidan X adalah salah satu bidan yang bekerja di puskesmas tempatku bekerja. Beliau membuka praktek di rumahnya yang berjarak beberapa puluh meter dari puskesmas. Sementara bayinya dibawa ke puskesmas, ibu si bayi dirawat oleh Bidan X di rumahnya, karena kondisinya baik.

Alhamdulillah, setelah usaha yang kami lakukan sekitar 5-10 menit, bayi itu menangis meskipun masih lemah. Warna kulitnya sudah mulai memerah. Bila melihat tampilan bayi itu, wajar saja bila ia mengalami gangguan saat dilahirkan. Wajahnya tampak ‘tua’, yang merupakan salah satu ciri bayi yang lahir dengan usia kehamilan yang lewat dari usia kehamilan normal. Kemungkinan besar ia terhirup air ketuban yang jelek, sehingga mengganggu pernapasannya.

Bayi berjenis kelamin laki-laki dengan mata belo’ dan rambut yang tebal. Ganteng ya… :D

Usia kehamilan normal adalah sekitar 37-42 minggu. Kehamilan yang lebih dari 42 minggu, bila dihitung dari tanggal hari pertama haid terakhir (HPHT), dikatakan kehamilan postterm atau kehamilan lewat waktu.

Penyebab kehamilan lewat waktu ini tidak diketahui. Biasanya akan berulang pada ibu yang sebelumnya melahirkan dengan postterm. Seperti halnya ibu bayi ini. Saat kutanya-tanya anggota keluarga yang lain, ternyata ibu itu memang selalu mengandung dengan usia kehamilan yang lewat bulan. Persalinan kali ini adalah yang keempat baginya.

Beberapa resiko kehamilan lewat waktu ini antara lain  :

  1. Janin yang tumbuh besar, sehingga bisa saja menyulitkan saat proses persalinan.
  2. Fungsi plasenta yang menurun bisa menimbulkan gangguan suplai makanan dan oksigen ke janin, sehingga saat dilahirkan bayi tampak ‘tua’ dan keriput.
  3. Air ketuban yang jelek akibat tercampur dengan mekonium (kotoran janin). Bila terhirup oleh janin, maka akan menimbulkan gangguan pernapasan saat dilahirkan.

Penampilan yang khas dari bayi  dari kehamilan lewat bulan ini antara lain :

  1. Lengan dan kaki panjang dengan kulit yang tipis
  2. Kulit tampak kering dan mengelupas dan kadang-kadang terjadi pewarnaan pada kulit (kuning kehijauan)
  3. Kulit tampak longgar terutama daerah paha dan bokong, rambut lebih panjang atau tebal dan kuku yang panjang
  4. Bayi terlihat waspada (mata terbuka, terbelalak) dan terlihat ‘tua’.

Penampilan yang terlihat pada bayi yang kami temui sore itu adalah yang poin 3 dan 4.

Apakah ada perbedaan pada pertumbuhan dan perkembangan bayi yang lahir dengan kehamilan lewat bulan ini dibandingkan dengan bayi lahir dengan kehamilan cukup bulan? Menurut hasil dari beberapa penelitian mengatakan tidak berbeda. :D

Supaya hangat, bayi diletakkan dalam box :)

*******

Aku teringat sebuah film jadul yang diperankan oleh Alm. H. Benyamin S, yang berjudul Samson. Ceritanya Mak Wok hamil lebih dari setahun saat mengandung Samson. Karena itulah dia tumbuh menjadi anak yang memiliki kekuatan/tenaga super. Bagi Sahabat yang pernah menyaksikan film tersebut, tentu masih ingat bagaimana lanjutannya kaann?? :D

Sumber :
1. http://www.drdidispog.com/2008/07/kehamilan-lewat-waktu.html
2. http://bidanku.com/index.php?/Kehamilan-Lewat-Bulan

About these ads

35 thoughts on “Bayi Baru Lahir dengan Kehamilan Lewat Bulan

    • Biasanya (setauku) kalau di rumah sakit atau di tempat pelayanan kesehatan, bayi baru lahir itu diberi nama “By. Ny. [nama ibu]” gitu…
      Kan belum punya nama sendiri :D

  1. Bayinya seperti sudah berumur beberapa bulan, kalau melihat matanya,
    tapi benar ya, kulit sama kukunya panjang, tapi kalau dirawat, baik lagi ya Sust ;)

  2. Iya jg ya Ka, biasanya bayi yg baru lahir msh kriyep2 gitu kan matanya, ini udh melotot heuheu…baru tau jg… tengkyu ilmunya Ka ;)

  3. Bayinya lucu…

    Anak sulungku lahir umur delapan bulan..sedang adiknya..sepuluh bulan. Sudah diinduksi, diberi pil, diinfus…kemudian pas mau dipecah ketubannya sudah lengket dengan kepala bayi, jadi dokter kandungan tak berani meneruskan mengkorek-koreknya.

    Akhirnya diputuskan akan dioperasi caesar besok paginya…
    Suster mendekati suami…”Pak, mungkin bayinya perempuan, bapak pulang dulu..mandi,, ganti baju yang bersih..” Suami menerima sarannya, malah sempat cukur rambut juga…begitu ayahnya sampai rumah sakit, saya mulai kontraksi..dan si bungsu lahir pas barengan dengan azan Magrib. Wajahnya merah hitam, bengep (kayak bengkak..mungkin karena susah lahir ya)….tapi matanya bulat dan langsung melebar saat ayahnya membaca ayat suci.

    Perkembangannya malah lebih baik dibanding kakaknya, jarang sakit, ulet dan semakin kena tekanan, idenya makin muncul….
    (sekedar sharing…adik kandungku ternyata juga lahir usia 10 bulan dalam kandungan)

  4. saya kira ada bayi ajaib yang lahir turun dari bulan, karena judulnya lewat bulan. hahaha…kayak sailormoon aja ya? hihihi…
    smoga kita nanti terhindar dari segala keburukan seperti itu..
    *jadi was-was nih :(
    —————————
    bayi yang lahir tidak nangis itu malah bahaya ya? anaknya sepupuku (mbak uci) yang pernah saya posting juga gak pernah nangis mbak. apakah itu kelainan? bahkan sampai gede, dia jarang nangis. entah kenapa, kami juga heran.

    salam

  5. Karena alasan inilah barangkali sang dokter yang menangani persalinan salah satu keponakan saya menyarankan untuk dilakukan caesar. Saat itu memang sempat sang dokter mnyebut-nyebut placenta dan air ketuban. Alhamdulillah,meski melalui proses caesar, sang bayi maupun ibunya sehat hingga sekarang.

  6. Baru tahu kalau ternyata ada juga yang lahir kelebihan bulan.
    Kasus yang pernah ada kira-kira paling lama sampi berapa minggu ya?

  7. hi kakakakin… lama gak mampir sini.. :)
    eh, Osar lewat bulan kak, tapi Alhamdulillah semua baik2 saja, doain aja ya kak, mudah2an jadi anak yg pinter n selalu sehat… :)

    *bayinya ganteng deh,, heheh

  8. mamahku pernah ngalamin seperti itu mbak, pas lahiran adik bungsu lahir kelewat bulan adikku keracunan ketuban badanya udah kebiruan lahirnya dibidan jadi harus dibawa ke rumah sakit yang jaraknya agak jauh karena gak ada ambulance jadi pake mobil biasa dan dijalan terkena lampu merah jadi sebelum nyampe RS adikku keburu meninggal dijalan gak tertolong, kalau ada adikku sekarang udah berumur 19 tahun, wajahnya cantik papahku kasih nama Natalia ….

  9. Ternyata ada banyak perbedaan antara bayi lahir normal dan lewat bulan ya, mbak…berhubung waktu melahirkan dulu saya hanya telat sehari dari perkiraan dokter, mungkin itu masih termasuk kejadian normal :)

    Trima kasih informasinya, bermanfaat banget! :D

  10. Q lahir lebih dari 10 bulan,,:)
    Tapi syukur deh bisa lahir dengan selamat walaupun cesar krn lahirnya susah n mempertaruhkan nyawa ma”,,,terima kasih Tuhan atas kuasamu krn hamba diberikan bnyak kelebihan..:)

  11. siang mba,,,,,
    Mbaca cerita mba aku jd merinding, soalnya aku jg lg hamil dah 40 minggu 2hari. Kt dokter HPL’ku tggl 28oktbr, pi mpe sekarang aku blm ada tanda2 melahirkan. Kira2 bhaya ga ya mba? Trus klo mundur biasa berp mggu? Kebetulan hsl USG anaku cwe, apa memang klo anak cwe biasane mundur?
    Trimakasih,,,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s