Seperti di Drama Korea

Korea Selatan memang pandai dalam membuat drama. Bukan hanya kekuatan cerita yang ditonjolkan, namun mereka juga dengan bangganya mengiklankan negara mereka, baik dalam hal budaya maupun teknologi.

Lokasi syuting drama Korea tak jarang yang menjadi obyek wisata yang sangat terkenal. Terlebih lagi kulinernya, banyak sekali drama yang mempromosikan makanan khas Korea, sehingga kuliner Korea semakin terkenal saja ke seluruh dunia. Kemudian yang paling menonjol adalah Korea sebagai salah satu raksasa teknologi, tak ketinggalan mengiklankan produk-produk andalan mereka melalui drama.

Bertahun-tahun memperhatikan drama Korea, membuatku ngiler saja. Yang paling membuat ‘ngiler’ adalah produk ponsel. Seperti kita ketahui, ada 2 vendor besar ponsel yang berasal dari negeri ginseng ini, yaitu LG dan Samsung. Biasanya setiap drama Korea modern selalu disponsori juga oleh produsen ponsel. Ponsel keluaran terbaru biasanya digunakan oleh tokoh-tokoh dalam drama tersebut. Apa nggak bikin ngiler tuh… :D Untunglah aku bisa menahan diri sambil ngintip dompet juga sih :)

Sebenarnya, alasan mengapa aku sangat menginginkan sebuah ponsel yang dibuat oleh produsen Korea adalah karena ingin huruf Korea muncul di ponselku. Misalnya saat ada telpon masuk, maka nama kontak yang muncul adalah menggunakan huruf Korea, seperti di drama itu loh. Keinginanku cuma sesederhana itu :mrgreen:

Akhirnya tahun lalu aku memutuskan membeli ponsel Korea yang layarnya hampir selebar body ponselnya, karena kupikir sudah saatnya tuk mengganti ponselku yang telah berusia 5 tahun. Saat melihat daftar pilihan bahasa pada ponsel baruku, ternyata tidak ada bahasa Korea. Artinya aku takkan bisa menulis daftar nama kontak dalam bahasa Korea :(

Untunglah aku dapat pencerahan :)

SIM card-ku kucoba pasangkan ke modem GSM. Kemudian modem kucolok ke laptop. Laptopku bisa digunakan untuk mengetik hangeul (huruf Korea). Daftar kontak yang ada pada SIM card kemudian kuedit. Hanya beberapa nama kontak yang pendek saja yang kuganti ke huruf Korea, karena jumlah karakter untuk kontak dibatasi.

Jadi saat ibuku menelpon, maka tulisan yang muncul bukan “mama”, tetapi…

엄마

0852XXXXXXXX

(huruf Korea diatas dibaca : ‘eomma’ yang artinya ibu)

Hehehe… So happy :lol:

Oiya, cara yang kulakukan diatas bisa juga dipakai untuk huruf lain, misalnya huruf Arab atau Jepang. Tentu saja bila di laptop atau komputer Sahabat telah terinstal huruf tersebut :)

Selamat mencoba…

Semoga bermanfaat :)

30 thoughts on “Seperti di Drama Korea

  1. kalau diinstall huruf korea, china, jepang, dsb nanti saya malah ga bisa baca T_T

    di Indonesia ada grup penyanyi yang kaya penyanyi korea…

    Cuma keyboardnya doang kok, buat nulis… :)

  2. hmmm jadi hp nya bisa jadi modem gitu kak???
    apa ga sayang tuh hapenya dijadikan modem???
    hehehe

    Bukan hp yang jadi modem atuh. Modemnya pake huawei… :)
    Cuma sim card hp yang dimasukin ke modem GSM buat ngedit nama2 kontak :)

  3. saya juga suka drama korea, tapi cuti nonton segala macam nih sejak punya anak 2 :) semua informasi cuma lewat dunia maya saja

    Sama kayak teman saya yang sudah insyaf… :D

  4. Huwahhh.. Hape bututq yang berusia 5tahun bisa nampilkan semua unicode termasuk korea, tapi hape baru malah cuma bisa input sama read japan, padahal ingin keduanya.. Huhu..

    Hwa… kweren… :)

  5. Namaku munculnya gimana Kin?

    Pengennya sih : 몬타 선생님 (Monda Seonsaengnim)
    Seonsaengnim artinya guru, tapi orang Korea biasa memanggil dokter dengan sebutan itu :D
    Tapi karena terbatas, pake huruf biasa aja :D

  6. wuih,,, kakaakin kerennnnn,…. :)
    betapa cintanya kau pada korea kak.. :)
    tapi, kalo bisa buat huruf Jawa Honocoroko keren juga kali ya kak, hehehe

    Hwahaha… mirip huruf thailand ya… :)

  7. bisa kayak pakai ponsel di Korea ya, hurufnya dibikin seperti itu :)…
    saking gencarnya promo korea dari budaya, drama sampai kuliner saya aja bisa ketularan virusnya :)

    Hehe, bener banget, Mah…
    Mereka itu sangat ‘menjual’ banget ya… :mrgreen:

  8. Alhamdulillah tercapai juga ya mimpi-mimpinya. Saya sendiri belum sampai sejauh itu untuk sebuah ponsel. Dapet yang produk cina pun udah seneng banget. Yang penting bisa nelepon dan sms. Jadul banget ya pemikirannya? ^_^

    Ternyata di tempat kerja saya, hp china justru paling kencang dapat sinyalnya :(

  9. Huruf korea, Jepang ma Cina tuw unik y Kakaakin.
    Tapi ponsel Korea jadul saya g’ bisa munculin huruf Korea, paling banter yg muncul huruf Thai.
    Hoho.

    Iya, huruf thai kan udah bawaan dari sananya :)

  10. Dulu saya beli HP LG Viewty waktu harganya masih 5jt. Keren bener memang itu HP, sayangnya saya kurang suka touch screen, jadi akhirnya gak dipakai. Saat itulah baru masuk Blackberry, langsung deh harga HP-2 lain anjlok. Tp LG lah yang pertama kali pakai kamera 5Mp.

    Eh tapi kalau pakai huruf korea, bacanya gimana. Kalo ada sms masuk, tetap huruf biasa kah?

    Yang saya ganti cuma beberapa nama kontak saja kok, Mbak… :)

  11. pernah se kost an sama mbak yang suka banget sama korea. dari bahasa, budaya, drama, artis nya,
    sampe – sampe dia sering banget ngobrol pake bahasa korea dengan was wes woss..

    dari 3tahun ngekost bareng,yang aku tangkep cuman ‘sarange’
    (ntah itu bener atau gak Kak nulisnya)

    btw, keren juga yah bisa kek berubah jadi urup korea begitu

    Hehe, memang korea mania ya… Hebat banget ya, sampai2 bisa lancar berbahasa Korea… :)

  12. hmmm, nggak begitu mengerti maksud cara utak atik handphone nya :???:

    Hehe, handphone-nya nggak diutak-atik. Cuma simcard-nya aja yang dipasang ke modem gsm, kemudian beberapa nama kontak di simcard itu kuedit… :)

  13. Aku pernah nyoba settingan bahasa ke bahasa yg pakai huruf seperti huruf china di hp nokiaku, alhasil aku mumet liat layar handphone, mau balikin lg ke bhasa inggris, makin bingung, sudah kuhitung dan ku ingat2 sebelumnya, jika aku pencet ini akan ke option pilihan bahasa, tp kok gak nemu2 yah pilihan bahasanya..haha
    akhirnya aku pinjem hp temenku yg sama dan kumulai lg mencet2 sampe ketemu menu pengaturan :D

    Hehe, kalau yang begitu, aku juga sering, Mel. Jadi bingung sendiri gara2 setting bahasanya diganti… :)
    Tapi kalo yang ini aku cuma mengganti beberapa nama dalam daftar kontakku aja kok :)

  14. annyeonghaseyo :)
    wah keren mba.
    kalo pngen tulisannya d laptop pake tulisan korea nginstalnya d mana ya mba ? cz aq pernah mau nginstal tapi susah bgt , ga bisa terus :(

  15. wah, penggemar berat korea ya….aku juga seneng nonton drama korea, bener tuh, korea selalu memasukkan teknologi canggih sampai tempat yang keren2, jadi mau ke korea…

  16. kak belinya dimana sih hp kayak di drama2 korea??
    pengen hp yg di pake Ohany yg di Naughty Kiss nih
    ada bahasa indonesianya kan ??

Leave a Reply

