Belajar Membuat Kimbab

It’s time for Korean Cuisine :D

Setelah sekian lama aku mencari lembaran rumput laut (‘kim’) atau yang dalam bahasa Jepang disebut ‘nori’, alhamdulillah akhirnya ketemu juga di salah satu supermarket di Samarinda. *horeeee*

Sudah lama banget aku ingin membuat ‘kimbab’. Kim= rumput laut, bab= nasi. Kimbab adalah jenis masakan Korea yang terbuat dari nasi yang digulung dengan kim/nori dan diberi beraneka macam isian, baik berupa sayuran maupun daging-dagingan. Kimbab ini boleh juga disebut ‘nasi gulung’ :)

Bagi Sahabat yang sering nonton drama Korea, pasti sudah kenal dengan makanan yang satu ini. Bikin ngiler kan…? :)

Dari penampakannya, kimbab ini memang mirip sushi-nya Jepang. Namun ada perbedaan pada penggunaan vinegar. Kimbab tidak menggunakan vinegar dan irisannya cenderung lebih tipis dibanding sushi.

Baiklah!! Kita mulai pelajaran memasak hari ini… Mari kita lakukan dengan cara yang paling sederhana, yaitu caraku… :D

KIMBAB

Bahan-bahan membuat Kimbab :

  • kim/nori beberapa lembar
  • Nasi pulen (yang masih panas)
  • Wortel, timun diiris tipis memanjang. Tumis sebentar hingga layu.
  • Telur dadar, diiris memanjang. Waktu membuat telur dadar, jangan lupa dibumbui garam dan merica ya…
  • Crab stick, sejenis daging kepiting sintesis. Boleh diganti daging-dagingan yang lain :)
  • Garam
  • Minyak wijen, bila suka
  • Merica bubuk

Cara membuat kimbab :

1. Ambil nasi panas secukupnya, tambahkan garam, merica bubuk dan minyak wijen (bila suka). Aduk hingga rata.

2. Letakkan selembar kim/nori diatas sushi roll. Bila tidak ada sushi roll, bisa menggunakan kertas pembungkus nasi (karena aku nggak punya keduanya, jadi aku pakai plastik saja :D ). Letakkan nasi diatas kim, jangan sampai penuh agar nasi tidak berhamburan saat digulung.

3. Letakkan telur dadar, wortel, timun, crab stick diatas nasi. Susun memanjang.

4. Gulung secara perlahan-lahan dan sambil ditekan, agar hasilnya rapi :)

Letakkan nasi di ujung kim, agar dapat melekat dengan rapi :)

Begini nih hasil gulunganku. Lumayan lah, untuk pemula. Kurang rapi karena tidak menggunakan sushi roll :D

5. Potong-potong kimbab, jangan terlalu tebal.

Subhanallah… Inilah kimbab pertamaku :D Untunglah susunannya lumayan cantik, hehe…

Lalu rasanya bagaimana?? Hmm… Ya enaklah… *muji diri sendiri* :lol:

*****

Gampang kan cara bikinnya…? :D

Untuk pilihan isi, bisa ditambahkan jenis sayuran kesukaan, misalnya bayam. Keju parut juga dapat memberi cita rasa yang unik.

Selamat mencoba!! :D

Sumber inspirasi dari sini.
Maklum banget, kualitas gambar yang kurang bagus adalah hasil jepretan hape jadulku :D
About these ads

70 thoughts on “Belajar Membuat Kimbab

  1. wah, oishiisou…
    pasti enak tuh. kalau saya sih keseringan makan sushi karena kebetulan sebagai guru bahasa jepang, kelas jepang sering bikin masakan jepang.

  2. aih cantiknyaaa..

    bundo beneran gak ngerti ttg sushi dan teman2nya
    trus klo kimbab ini makannya lgsg gitu aja ya Kin?
    gak pake saos? sambel?

    hihi, dasar lidah minang kudu ada sambel.

    • Biasanya dimakan langsung aja, Bundo… Setiap potong langsung dimakan sekali hap :D
      Waktu saya bawa ke puskesmas, ada teman yang memakannya dengan sambal botol :D
      Suka2nya aja, Bundo :)

  3. wah … kalau saya gak ngerti sama makanan yang kaya gini, bikin nasi liwet aja masih suka gosong, apalagi bikin makanan yg anaeh begini, pasti lebih amburadul lagi :lol: :lol:

  4. Pingback: Update Daftar Link Teman yang Cool n Smart « Try 2B cool 'n smart…

  5. Pingback: Mungkin Inilah Saatnya « Try 2B cool 'n smart…

  6. Pingback: Kursus Singkat Membuat Kimbab « Try 2B cool 'n smart…

  7. Terlihat lebih simpel daripada sushi yaakss…
    Untuk nasinya, apa pake nasi ketan gitu atau nasi pulen aja cukup?

    Sipp deh nanti kalo udah beneran terealisasi nyobain resepnya, daku posting deh yaa….. :)

  8. Pingback: Cara Membuat Nasi Nori « Try 2B cool 'n smart…

  9. Pingback: Masak Yuk !!! | odd district

  10. Pingback: Japan Houseware

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s