Belajar Membuat Keju

Beberapa pekan yang lalu aku pernah menyaksikan Asian Food Channel (Indovision), salah seorang chef-nya memperagakan cara membuat keju rumahan. Saat itu yang kulihat adalah susu segar dipanaskan, kemudian ditambah air perasan jeruk lemon. Kemudian terbentuk gumpalan-gumpalan putih yang terpisah dengan larutan yang bening. Gumpalan yang memadat itu dibungkus kain tipis hingga airnya tiris. Jadi deh kejunya. Gampang banget ya… Jadi pengen bikin :)

Kuintip kulkas, susu masih ada, jeruk lemonnya nggak ada. Jeruk yang ada cuma jeruk sambal yang hampir kisut. Siiplah… Kumulailah eksperimenku, tentu saja nggak pake takaran ini itu. Namanya juga masih coba-coba, susu kupakai cukup segelas (takut gagal sih :) ).

Setelah susu direbus, kutambahkan air jeruk, lalu terbentuklah gumpalan putih itu. Kemudian kusaring pakai kain yang bersih( aku pakai kain lap bersih aja), lalu ditiriskan.

Setelah beberapa jam (ehm… sebenarnya nggak sampai 2 jam sih), aku nggak sabar lihat jadinya gimana :)

Wah… itu keju loh :mrgreen:

Dari segelas susu, jadinya cuma segitu :(

Hmm… kok penampilannya beda dengan yang kulihat kemaren?? Kucoba mencicipinya, kok rasanya nggak asin ya… So, nanya-nanyalah diriku sama om gugel. Eh ternyata mesti ditambahin garam, hehehe… (ya iyalah… plis deh) :mrgreen:

Cara pembuatan keju rumahan ini ternyata ada 2 macam, yaitu yang memakai tambahan susu yang telah difermentasi (cultured buttermilk) dan ada yang tidak. Dari pada ribet nyari yang namanya cultured buttermilk dan nggak tau mesti beli dimana, mendingan pake cara yang sederhana aja, tanpa cultured buttermilk :)

Jika Sahabat pengen nyoba bikin keju (bagi yang belum pernah bikin), disini nih ada resep step by stepnya yang lebih komplit (tentu saja pakai garam :) ), dari pada ngikutin caraku yang asal-asalan diatas… hehe… :lol: Misalnya saja teknik perebusan susu yang harus diperhatikan, dll.

Dibawah ini adalah salah satu video yang kutemukan, lumayan jelas memaparkan cara pembuatan keju sederhana atau Farmer cheese/natural farmer cheese.

Video dari davidbrucehughes.

About these ads

80 thoughts on “Belajar Membuat Keju

    • kalau yang original keju……..
      susunya musti di jadiin yogourt dulu………
      baru pas jadii yogourt di buat keju………..
      dah air sisa rebusan keju jangan di buang………
      di dinginin buat yang hipertensi ” di minum ” airnya dah asin jngan di tambah garam……….

      keju strong…pas jd yogurt semuanya di pake ” creamnya jngan di ambil buat sour cream
      gtu lho………………….
      dan yang muantap susu segar baru meres yang di pake,,,

  1. keju kesukaan si adek, jagoan kecil saya Kak
    ini baru tau kalau bisa bikin keju segitu mudahnya
    saya pernah liat juga film ttg pembuatan keju Belanda yang terkenal itu
    waah kayaknya susah banget..

  2. wow…hebat nih.. :)
    mau donk.. :D
    saya sangat suka keju….
    apalagi klo bolu diberi taburan keju..mantaf…
    tapi ga keju aja.ntar asin kuenya…
    dicampur mentega putih+gula halus…
    jadinya manis manis asin gitu deh..enak.. :)

    rumah kamu dimana??aku segera meluncur untuk mencicipinya… :lol:
    hihihihi

  3. hehehe.. ribet bikinnya mending beli ajah… tapi dengan bikin sendiri jadi nambah pengalaman baru tuk mencuba bereksperimen…. aq jadi penasaran pingin nyuba euy… thx infonya ya kin…^^

  4. Hmm…tampaknya aku mulai tertarik untuk membuat keju seperti yang kamu paparkan dalam penjelasan diatas. Tapi, kayanya malas cari jeruknya yang nggak tersedia di kulkas. Lain kali aja kali ya….

    Oh ya, boleh tanya nggak? Kalender hijriah itu gimana cara mengaplikasikannya. Didalam penjelasan, tinggal copy dan paste aja. Trus, pastenya dimana?

    • Baru kuintip, kalender hijriyahku ternyata lagi eror :)
      Wah, aku lupa kmaren gmana caranya :)
      Antara Blogspot dan WordPress spertinya beda.
      Coba cari cara pasang kalender hijriyah untuk blogspot ya…

      • Trims ya infonya. Oh ya, sekali-kali kunjungi blogku dan tlg kasih sedikit komentar. Soalnya aku baru belajar cara menulis di blog dan masih terbilang amatiran. Spy kedepannya aku bisa memperbaiki bagian2 yg kurang tsb.Kalau melihat blogmu, aku jadi iri. Soalnya artikel2 yang kamu posting menggugah inspirasi seseorang untuk belajar menulis, termasuk aku salah 1 nya. Dan yang paling aku suka, kalimat2 yang kamu gunakan simpel serta mudah dimengerti dan alurnya tidak berbelit-belit. Bravo ya, dan aku akan terus menunggu tulisan2 kamu. Satu lagi, kalau memfollow blog anda, gimana ya caranya? Soalnya antara blogspot dan wordpress agak berbeda. Terima kasih.

  5. Yippieee… mau cubaaa….
    Hmm membayangkan bikin cheese cake dengan keju buatan sendiri (mata lihat keatas dan mulai berangan-angan :roll: )

  6. Jika berhsil dengan baik pasti senang, jika gagal agar tetap tenang, ulangi lagi sambil megkaji dimana penyebab kegagalan. Dengan cara itu kita akan mendapatkan hasil yang baik.
    Siapa tahu disini dibukakan pintu rejeki lagi. Amin
    salam hangat dari Andhok-pusat resto dan makanan

  7. huwidii..kirain asinnya keju emang dari prosesnya, ga perlu ditambah garam, hehehe

    itu yg dipake susu full cream ya? hmm..jadi tertantang untuk mencoba, tp masih males :D

  8. wah…aku suka bgt sama keju, semua yg terbuat dr keju aku pasti suka, tp kl bikin sendiri kejunya blm pernah…kira2 rasanye setelah diksh garam sm gak sm yg beli jadi?

    • Memang sih, cara diatas hanyalah cara sederhana saja.
      Trus videonya ada kok, mungkin koneksi internet rizkia yang kurang bagus sehingga videonya nggak muncul :D
      Makasih atas kunjungannya ya :D

  9. thank‘s infonya..aq yanti.peternak sapi perah.slama ini harga susu kami selalu ditekan Industri Pengolahan Susu.mimpi ke dpn pengen deh punya usaha yg berbhn baku susu.biar peternak bs meningkatkan harga jual susu,dan pastinya kami tdk slalu ditekan oleh IPS…doakan kami y teman”..

  10. Di Sumatra umumnya di rumah makan bisasa kita bisa pesan lauk susu/dadih. Pembuatannya persis srperti yg di paparkan itu, cuma namanya ya seperti diatas, bukan keju dan dalam memanaskannya api tidak boleh keras, harus dg api kecil , kalau tidak ya jadinya susu encer panas. Yg perlu kita tau adalah bahan fermentasinya supaya jadi keju. Trims

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s