Anggrek Hitam

Beberapa tahun yang lalu om dan tanteku sangat bersemangat memiliki tanaman anggrek. Biasanya mereka selalu membeli minimal satu pot anggrek pada tiap pameran tanaman hias yang mereka kunjungi. Pot-pot anggrek tersebut diletakkan di beberapa pojok rumah. Saat itu sih aku senang saja melihatnya, rumah memang jadi lebih indah saat dihiasi anggrek-anggrek yang indah. Jangan tanya aku jenis-jenis anggrek tersebut, karena aku sama sekali nggak paham jenis-jenisnya :)

Sebenarnya yang paling bersemangat terhadap anggrek adalah omku, aku dan tante sih hayu aja. Karena aku dan tanteku nggak bisa merawat tanaman dan omku juga jarang di rumah, beberapa jenis anggrek itu menjadi layu. Akhirnya omku memutuskan memindah pot-pot anggrek ke samping rumah dan diletakkan di bawah pohon mangga yang rimbun. Sesekali omku menambah lagi koleksi anggreknya, entah diperoleh dari mana, yang jelas bukan lagi dari pameran tanaman hias. Karena tidak pernah dirawat, anggrek-anggrek itu ada yang mati, hanya beberapa yang masih hidup (termasuk anggrek ungu yang jadi gravatarku :) )

Kemarin omku memberi tau bahwa ada anggrek yang berbunga, yaitu anggrek hitam. Baru tau aku, dari sekian pot-pot nggak jelas itu ternyata ada anggrek hitamnya. Wah, Anggrek hitam ada di samping rumah! Berasa amazing aja. Tanaman yang mulai langka itu ternyata tumbuh juga di samping rumah omku. Jadi punya kesempatan memandangnya sampe puas :)

Hmm… Ini nih tampang anggrek hitam (Coelogyne pandurata) yang tidak hitam ini :)

Anggrek hitam merupakan maskot Propinsi Kaltim. Untungnya anggrek ini dapat berbunga walaupun tanpa dirawat… hehe… Lupa nanya sama om dari beliau mendapatkan tanaman ini. Apakah beliau membeli sendiri, diberi temannya atau mengambil langsung dari habitat aslinya. Mudah-mudahan bukan yang terakhir ya, karena insya Allah omku paham tentang kelangkaan tanaman ini :)

*****

Selengkapnya tentang anggrek hitam dapat dibaca di Alamendah.

About these ads

54 thoughts on “Anggrek Hitam

  1. (maaf) izin mengamankan PERTAMA dulu. Boleh kan?!
    Saya suka postingan2 kayak begini. Anggrek hitam emang termasuk salah satu tanaman terlangka di Indonesia. Semoga ini hasil penangkaran dan bukan perburuan dari alam liar

  2. Ayo semangat lagi nge-blog, apalagi jalan jalan pagi udah ketemu konten berharga seperti konten sobat yang ini, sobat… saya undang untuk follow-followan, semoga undangan ini bersambut baik

  3. kmrin minggu liad2 anggrek di taman Kb hehehhe harganya mantap gk punya uang heheh

    berkunjung n ditunggu kunjungan baliknya makasih :D

    • Awalnya juga bingung sih… kok nggak hitam ya…
      Mungkin sama seperti kotak hitamnya pesawat yang ternyata warnanya nggak hitam :)

  4. Bagus sekali ya namanya, penampilannya juga bagus… Anggrek hitam…wuih… Tapi kalau memang jadi maskot Kaltim berarti benar-benar langka dan amazing – spesial gitu!
    Salut deh.

  5. anggrek memang tanaman yang langka yah.. ternyata hitamnya cuma sedikit yah.. jadi avatarnya itu anggrek ungu yah..
    Terima kasih berbaginya.. :)

    Ka.. sudah 4 kali komentar Kaka di blogku masuk spam terus, kenapa yah? Alhamdu lillaah, udah kubenerin, tapi gimana caranya biar tak terulang lagi ya?

    Semoga ALLAH merahmati kita. Amin.

    • Gravatarku itu aku nggak tau anggrek apa namanya, karena warnanya ungu jadinya kusebut aja anggrek ungu :)
      Masalah spam ini aku nggak ngerti juga… :( Padahal waktu komen aku udah rileks, koneksi bagus, tidak sedang meloading apapun di tab yang lain, dan komen lain juga sedang tidak ada yang masuk di blog yang dituju. Jadi apa penyebabnya???

    • Yah… palingan tetap terabaikan :mrgreen:
      Hanya menunggunya berbunga dengan sendirinya…
      Aku benar2 nggak berbakat dan berminat merawat tanaman, setidaknya tuk saat ini :D

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s