Lambang Garuda Pancasila Pada Desain Kaos Armani

Pertama-tama … mau ngakak dulu :lol: :lol: :lol:

Baru aja kemaren aku membahas tentang barang bajakan, hari ini malah muncul berita yang menghebohkan tentang lambang yang ‘mirip’ lambang Garuda Pancasila yang digunakan desainer Armani pada kaos rancangannya. Ehm… pada tau Armani ‘kan??? Itu loh… sodaraan sama Arman Maulana…heheh :mrgreen: *ngaco abisss*.

Bagi pemerhati brand-brand manca atau desainer terkenal, pasti tau atau setidaknya pernah mendengar nama ARMANI. Giorgio Armani adalah perancang internasional yang berasal dari Itali. Jangan ditanya soal harga rancangannya… so pasti muahhhaall… :mrgreen:

Ini nih gambar kaosnya…

Gambar diambil dari sini.

Gambarnya sih memang agak disamarkan dengan bintik-bintik, namun bagi kita orang Indonesia pasti tau banget gambar itu mirip apa. Apa lagi perisai di dada lambang yang mirip garuda itu juga lumayan jelas dan pada bagian kaki garuda juga mencengkeram sesuatu yang seperti pita.

Hmm… diriku jadi bertanya-tanya, bagaimana sampai terbentuknya rancangan seperti itu ya??? Proses kreatifnya bagaimana?? Apa perancangnya nggak sengaja nemu badge atau simbol ‘mirip’ burung garuda itu setelah jalan-jalan ke Indonesia atau jalan-jalan ke KBRI… :lol:

Menurut anggota DPR sih, hal ini sah-sah saja. Beritanya bisa dibaca disini. Desain ini bertajuk “elang militer Armani”, namun menurut berita ini, gambar kaos tersebut sudah tidak tampak lagi di situs resmi Armani Exchange.

Kalau menurutku pribadi, aku kurang setuju bila gambar tersebut benar-benar merupakan lambang Garuda Pancasila. Penggunaan yang sangat tidak tepat, menurutku. Garuda Pancasila memiliki arti khusus bagi bangsa Indonesia, akan sangat tidak bijaksana jika digunakan untuk tujuan komersil… No way…!!! You must be kidding, Man… (Armani, maksudnya :mrgreen: )

Aku kurang tau ya, apakah pernah ada lambang negara lain yang dijadikan motif rancangan desainer terkenal. Namun sekali lagi, aku sangat bangga pada Indonesia dan menghormati hal-hal yang telah kita junjung bersama sejak kita duduk di bangku sekolahan. Ini mengenai LAMBANG NEGARA INDONESIA loh….

About these ads

43 thoughts on “Lambang Garuda Pancasila Pada Desain Kaos Armani

  1. (maaf) izin mengamankan PERTAMA dulu. Boleh kan?!
    Sepertinayn saya pernah membaca undang-undang tentang simbol-simbol kebangsaan Indonesia (Lagu kebangsaan, bendera kebangsaan dan lambang kebangsaan) yang tidak boleh dipergunakan dalam kegiatan bisnis. Sayang lupa tepatnya.
    Kemudian yang bikin rada kurang sreg adalah penambahan karaktek “silang” dalam perisai burung garuda pancasila.

  2. sepakat dengan bung Alamendah, mbak. sudah ada peraturannya tentang penggunaan lambang negara tersebut.
    hem, apakah Pak Armani nggak sengaja ya nemu ide kreatif ini ? Jangan-jangan bener kata Mbak, nemu idenya pas ke KBRI.

    • Mungkin lambang garuda ini dianggap artistik dan gagah kali’ ya… sehingga pas banget sama edisi “army”-nya armani :)

      • ternyata kaos seharga 29 dolar ini ada keterangannya…
        yaitu: memiliki logo desain burung elang yang terinspirasi dari militer dengan sentuhan cahaya yang halus…
        Dikira lambang militer sepertinya :)

  3. Pertama Salam Kenal Mbak / Mas….
    Gini… Saya juga baru tahu tadi waktu iseng2 di Net denger suara Berita dari statsiun Kereta Api (Eh Televisi)

    Wah… Menurut saya, sangat tidak arif jika kita mengkonotasikan mentah2 itu adalah garuda. Hm…. Semakin banyak di bahas semakin laku. Sebagai contoh kaya buku gurita cikeas aja, Sekarang ga dibahas pada ga ada yang mau beli tuh ampe di obral di perempatan Pasar Baru….

    So, kalo itu Garuda kita warganya jangan langsung bilang Garuda Indonesia, Bilang Aja Garuda Armani….

    Dibajak dan membajak….
    Membajak bikin untung, Giliran Dibajak Kalang Kabut….!!!

    • Salam kenal juga :)
      Udah ada komentar dari pihak armani-nya belum Mas, tentang Benar apa enggaknya itu Garuda Pancasila? Pengen banget dengar penjelasan mereka… :)
      Mirip banget sih sama garuda Pancasila lengkap dengan perisai di dada…
      Apakah Mas tau ada lambang lain yang mirip desain armani itu?

  4. Selamat pagi sahabatku.
    Saya berkunjung untuk berkenalan dan silaturahmi serta menyerap ilmu disini.
    Saya juga ingin memperkenalkan blog yang baru soft opening yaitu Pensioner.
    Sebagai newbie mohon masukan,kritik dan saran dari para senior agar blog saya ini menarik dan bermanfaat
    Terima kasih, salam hangat dari Surabaya.

  5. oh..ada desain yang sperti itu ya mbak?
    sil juga baru tahu yang namanya ARMANI..
    makasih infonya nya mbak akin..

    kalau sil sendri setuju dengan mbak akin, ga sudi lambang negara kita dibuat desain itu…

  6. Ehmmm… baru sadar bahwa ternyata dalam negri juga banyak diproduksi kaos berlambang Garuda Pancasila ya… mungkin tuk mendukung tag “garuda di dadaku”…

  7. kalau sudah yg kontroversi kayak gini, pasti asik utk dibicarakan ya….. :)
    Kakaakin, theme baru ya, keren, sejuk mata bunda jadinya, makanya pinginnya bolak balik terus kesini……………
    asal Kakaakin gak bosen saja ya .:)
    salam.

  8. Kalau aku setuju aja, asal mas Armani bilang dulu sama mbak bumi Pertiwi ini :D
    Sebenarnya malah keren lagi, kayak bendera Amerika atau Inggris yang menjadi mode buat anak mudanya. Jadi anak-anak muda kita juga bisa bangga karena lambang negaranya (yang tentu saja tidak dengan maksud merendahkan) dipakai dengan penuh bangga.

    Psstt… lagian model kaos ini gagah dan ganteng kayaknya, hiks… *blushing*

  9. Salam Takzim
    Baru saja saya mampir di rumah Babesajabu nemuin garuda karya Armani, eh kaka juga memposting hal yang sama, semoga saja garuda tidak disalah gunakan ya ituka simbol negara kita
    Salam Takzim Batavusqu

  10. Salam Gowes
    Armani itu mungkin mendapat inspirasi dari Negeri kita ya, atau mungkin ada lagi garuda yang dijadikan simbol bagi bangsa lain sebagai simbol negara, sayang ya lambang garuda dijadikan pola imajinasi seorang designer, semoga tidak disalah gunakan
    Salam Gowes Humberqu

  11. Burung Garuda itu LAMBANG NEGARA Indonesia yang khas dengan jumlah helai bulu sayap, bulu leher dan ekor. Semuanya berisi simbol yang menCERMINkan SEJARAH perjuangan. Tetapi setahu saya ada beebrapa negara lain juga yang punya simbol agak mirip, seperti Falcon-nya USA atau Eagle-nya NAZI.

    Saya pikir perlu diteliti setiap detil gambarnya. Berapa persen kemiripannya dengan Lambang Negara RI.

    Kakaakin, kalau punya contoh kausnya bisa dikirim ke saya, saya tidak akan menolak kok. Insya Allah nanti saya bandingkan dengan teliti.

    Trims.

  12. diam-diam orang luar kagum sama lambang negara kita loh Kin, buktinya armani aja merasa perlu merancang desaion kaos pakai gambar itu, btw kurang sreg aja lambang burung garuda jadi komoditi perdagangan.

  13. emang lagi seru Kin, tadi ada talkshow TV bukan hanya Indonesia aja yg lambangnya pernah dijadiin fashion, dan banyak pula negara yg lambangnya burung dengan sayap mengarah ke bawah, yg mengarah ke atas spt kita aja ada 5 negara

  14. masih dikaji oleh menhunkam.. walau sepi dari pemberitaan.. kita lihat saja nanti apa keputusannya. lain halnya kalo Armani kasih tulisan di bawahnya GARUDA PANCASILA ya? pasti didukung banget :D

  15. aku si gak ta kalo ada UU yang melarang lambang negara atau lambag2 sakral lainnya apa bolh atau gak buat dikomersilin

    tapi aku si gak masalah, menurutku malah membuta Indo jadi lebih dikenal masyarakat dunia, hihi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s