Berburu Ikan Asin di Pasar Segiri

Tadi sore aku diajak ibuku menemani beliau membeli ikan asin yang rencananya akan dikirimkan untuk saudara nenek yang tinggal di Mekkah. Tentu saja ngirimnya nggak lewat pos, tapi dititipin ke tante yang mau berangkat haji beberapa hari lagi. So, tujuan kami adalah Pasar Segiri yang merupakan pasar induk di Samarinda. Posisi pasar ikan asinnya sendiri ada di bagian belakang Pasar Segiri. Jreengng…

Pasar Ikan Asin

Begitu masuk wilayah ikan asin ini, bau semerbak telah menyambut… khas banget :) . Sejauh mata memandang (nggak jauh-jauh amat sih…) yang tampak adalah tumpukan ikan asin yang menggunung disana sini. Namanya juga pasar induk, di Pasar Segiri ini menjadi pusat distribusi ikan asin untuk wilayah Kaltim. Ini menurut salah satu penjual ikan asin yang kutanya-tanyain loh.

Penjual Ikan Asin-1Kata bapak ini (hadoh, lupa nanya namanya siapa…) ikan asin yang ada di pasar ini didatangkan dari berbagai daerah di Kaltim seperti Bontang, Balikpapan dll. Bahkan ada juga yang didatangkan dari Sulawesi. Kemudian kutanyakan, akan dikemanain ikan sebanyak ini…(emangnya bakalan habis???). Trus kata bapak ini, ternyata ikan-ikan yang ada di sini juga disebarkan alias menyuplai daerah-daerah lain di Kaltim, misalnya dikirim ke perusahaan kayu, tambang batubara dll. Bukan untuk diolah di pabrik… tapi untuk makanan karyawannya dong… :mrgreen: . Selain itu ikan asin ini juga ada yang dikirim ke Sulawesi…heh?? kunjungan balasan ya… Oo…mungkin jenis ikan asin yang tidak ada disana dikirim dari sini. Dan katanya lagi, baru saja bapak ini mengirim udang rebon ke Jawa sekitar 1,5 ton. Deu… sekilo aja udah bau, apalagi 1 ton…mmph… :)

Ini nih beberapa koleksi yang kulihat dipajang di pasar ikan asin ini… :mrgreen:

Ikan Asin Tenggiri Full BodyIkan asin tenggiri nih, enak… dagingnya tebal. Harganya sekitar Rp 80 rb/kg

Ikan Asin GabusIkan asin gabus, dagingnya cukup tebal juga. Jadi ingat, kemaren aku ngirim ikan asin ini ke temenku di Gresik. Harganya Rp 50 rb/kg.

Ikan PedaNah lo… ikan pedda nih… hayo, siapa yang berminat???

Udang rebonUdang rebon kering, kalo bahasa lokal menyebutnya udang papay (bukan popeye loh… :) )

Ikan Asin bulu ayamIkan asin bulu ayam…kalo gak salah itu deh namanya ikan ini. Aku senangnya digoreng kering, jadinya seperti kerupuk karena ikannya tipis. Ada yang sudah berbumbu ada yang plain… (cuma asin doang maksudnya… :) ) Di daerah lain ada gak ya? Soalnya biasanya keluargaku ngasih oleh-oleh ke Jawa pake ikan ini nih…

Akhirnya ibuku  membeli ikan tenggiri yang sudah dipotong-potong, setengah kilo cukuplah. Ikan ini jadi favoritku, karena ibuku sering memasak ikan asin asam manis dengan menggunakan ikan ini, daging yang tebal, gak pake tulang…mmm… :)

Ikan Asin Tenggiri yang dipotong2

ikan asin asam manis

Ayo… Ikan asin apa yang menjadi favoritmu??

About these ads

61 thoughts on “Berburu Ikan Asin di Pasar Segiri

  1. hwuuaaa.. emang bener banyak banget ikannya..jadi lapar neeh…kalo aq suka semua jenis ikan asin…secara seneng ma ikan seh…^^

  2. ikan asin sapat yg 75rb sekilo. Adanya di banjar masin aja punk. ada aja punk di pasar malam, tapi ngalih nyarinya.. hehehe
    sekali-kali koment bahasa kaltim heheh

  3. aku suka ikan asin yg gak terlalu asin…kyk ikan asin bulu ayam, juga ada tuh yg kecil2 tipis apa namanya? rasanya gak terlalu asin. kl di jakarta mahal. Akin Ssi kirim donk ke sini…

  4. wah…sudah beberapa bulan di Samarinda, saya belum menyempatkan diri berbelanja di Pasar Segiri…
    sepertinya lebih menyenangkan ya daripada harus berkutat dengan debu di Plaza Mulia…

    • Plaza Mulia emang (masih) berdebu banget, apalagi kalau naik motor dan harus parkir di lantai atas, udah mutar2, ditambah awan debu lagi… :(
      Kalau memang pengen belanja banyak, coba deh ke pasar Segiri. Barang2nya cenderung lebih murah dibanding pasar laen. Ikan segar, daging dan ayam ada di bagian kiri belakang, ikan asin di kanan belakang. Yang agak depan bagian sayur mayur buah2an dll… Tapi jangan bandingin harga Samarinda dengan harga Jawa ya… :)

    • Iya… tapi kalo punya stok rada banyakan, kudu dijemur sampe kering bener, kalo nggak… muncul deh tuh ulet2 imut2… Hiiii…
      Pernah nyobain gini ga? ikannya diiris kecil-kecil, trus dicampur di nasi goreng… Hmmm… Jadilah nasi goreng ikan asin… :)

    • mungkin ada kali’ ya… mengingat banyak juga orang Indonesia yang berdagang disana… :)
      Sekalian oleh2 aja sih untuk kakek disana, untuk mengingatkan cita rasa kampung halaman… dan mudah2an kakek nggak hipertensi ya… :)

  5. wahh ikan asin, ditempat ku mahal loh? kalo di bangka ikan asin itu partnernya lempah darat (sayur dari pohon keladi),orang bangka asli sejauh apapun dia merantau kalo pulang ke bangka pasti nggk akan ngelupain yg namanya lempah darat,nah itu tadi enaknya di makan bareng sama ikan asin. tp semenjak aku jerawatn jadi alergi makan ikan asin,pdhal suka banget loh?

    • Hehe…nambah dikit gapapa…*provokasi*
      Biasanya di rumah saya selalu ada stok sedikit ikan asin, buat jaga2. Pas kalo lagi gak ada lauk, jadi ingat deh..”oh iya, masih ada ikan asin…” :)

  6. asik juga nih ngebacanya, kebayang enaknya….
    mau dong dikirimin ikan gabusnya, sekilo aja…
    beberapa waktu lalu pernah dibawain teman dari samarinda, rasanya enak bgt (beda dengan yang di surabaya)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s