Efek Positif dari Gempa

Gempa yang meluluhlantakkan Sebagian wilayah Sumatra pekan lalu masih menyisakan duka yang begitu mendalam bagi bangsa Indonesia. Evakuasi korban terus dilakukan, walaupun kecil harapan masih dapat menemukan korban yang selamat dibalik reruntuhan gedung atau longsoran tanah itu. Air mataku tetap saja akan mengalir tatkala menyaksikan tayangan tv tentang bencana ini, apalagi semakin banyak ditayangkan rekaman CCTV dari gedung-gedung penting di Padang yang menggambarkan “seconds to disaster”.

Memikirkan bagaimana seandainya aku yang mengalami bencana ini, semakin membuat air mata mengalir deras. Ingin rasanya kuterbang kesana tuk membantu para korban, sedikit meringankan rasa sakit yang ada, atau sedikit membalut luka di tubuh mereka. Akhirnya yang dapat kulakukan hanyalah mengucapkan do’a, ohiya… dan juga mengetik SUMBANG dari ponsel dan mengirimnya ke 5000 :)

Indonesia sebenarnya tidak asing lagi dengan bencana gempa, baik yang berasal dari adanya pergerakan lempeng dalam bumi maupun akibat aktifitas gunung berapi. Selain menimbulkan korban jiwa dan harta, bencana gempa baik tektonik maupun vulkanik, pada umumnya memiliki makna positif dari segi keilmuan.

  • Gempa bumi,  sangat berguna bagi manusia karena mereka memberikan gambaran tentang apa yang terjadi di bawah tanah. Hal ini dapat membuat ekstraksi minyak dan gas lebih efisien, dan memungkinkan para ilmuwan untuk memantau perkembangan air selama ekstraksi energi panas bumi.
  • Gempa juga memberi tahu kita apa yang terjadi dalam struktur bumi, misalnya, ruang magma, dan memungkinkan para ilmuwan untuk memonitor gunung berapi dan ancaman letusan.
  • Gempa bumi juga dapat memberitahu kita tentang struktur internal Bumi. Dengan mengukur waktu yang diperlukan gelombang seismik untuk melintasi bumi kita bisa memetakan struktur bumi ke inti.
  • Pada skala global, gempa bumi hanyalah gejala pergerakan lempeng yang terjadi sepanjang waktu, dan mereka terjadi karena material di permukaan di bumi berubah karena konveksi di dalam mantel bumi – gunung-gunung yang sedang dibuat, mineral dari bawah sedang dinaikkan ke atas dan dasar laut baru sedang dibuat.
  • Aktivitas tektonik sangat penting untuk mempertahankan kehidupan di bumi. Materi yang ada terus-menerus didaur ulang antara permukaan dan kerak bumi. Kita memiliki beberapa daratan karena adanya aktivitas tektonik. Dataran yang muncul di tengah laut mendukung sejumlah besar kehidupan, dan mungkin memiliki peranan penting pada asal-usul kehidupan, dan permukaan bumi juga sangat dipengaruhi oleh letusan gunung berapi untuk membentuk komposisinya.

Mmm… Sepertinya di Kalimantan akan aman dari jenis bencana ini, karena menurut peta tidak ada lempengan yang melalui bagian bawah pulau Kalimantan. Hayo… tertarik pindah ke Kalimantan???  Tapi, nggak usah rek… karena di tempatku sini sering banjir… hehehe… :lol:

Kalau begitu, marilah kita fokus hidup di tempat tinggal kita, di pulau manapun itu. Jangan lupa sertakan do’a di setiap langkah, memohon ampun yang sebesar-besarnya kepada Allah, mudah-mudahan kita dan orang-orang disekitar kita terhindar dari segala jenis bencana… Amiin…

credit :

About these ads

14 thoughts on “Efek Positif dari Gempa

  1. pertamaxx kayaknya deh..
    gempa gejala alam yang tidak bisa diprediksikan oleh lat canggih sekalipun pada masa ini, tinggal kitanya yang harus bisa ramah dan sigap menghadapinya

  2. Terlepas dari sudah takdir Allah Swt… Negeri ini memang negeri rawan bencana di Sumatera, Jawa, NTT, NTB, Maluku, Sulawesi, Kalimantan.. dll yang bedah hanya jenisnya saja… bisa gempa bumi, gunung meletus, kekeringan, kebanjiran, kebakaran hutan, longsor, konflik sosial …dlll… Jadi sebaiknya kita sudah SIAGA BENCANA.
    Untuk sdr-sdri di Sumatera Barat… turut berbelasungkawa,, semoga tetap tabah dan tawaka..l
    Salam Hangat

  3. Maaf baru sempat bloghicking. 2 hari kemarin dipaksa ikutan penelantaran dan peletihan sehingga gak punya kesempatan bloghicking. Komennya gak sesuai tema postingan, he.. he..

  4. hhhmmmm… masih juga ada efek positifnya ya… semua udah hancur, tapi masih ada efek positifnya… sangat indonesia, masih juga bisa ngomong “untung masih hidup” sementara badan patah-patah semua, rumah hancur, keluarga pada ilang,,,, hehehehe.. salam efek positif…

    sedj
    http://sedjatee.wordpress.com

    • Iya nih… Indonesia banget… :)
      Namanya juga dari segi keilmuannya… Sepertinya bumi lagi penat, jadi mengeliat dikit…
      Kalo dari segi kemanusiaan mah totally sad… T_T

  5. Mungkin karena memang negara ini sering disinggahi oleh gempa. Ada baiknya kita mulai memikirkan kedepannya membangun rumah yang tahan gempa, sehingga kerugian baik manusia maupun materi dapat diminimalisir.

    Tawaran tukeran link..boleh tuh

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s